Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal ujian Manajemen Portofolio Dan Investasi Syariah

Pembelajaran system online saat ini sangat di anjurkan. Hampir semua tugas dan pembelajaran saat ini di buat system online, tepat nya sejak wabah virus corona mulai masuk ke indonesia. Bahkan ujian pun saat ini online melalui beberapa aplikasi pembelajaran. Bagi anda yang akan menghadapi ujian di fakultas ekonomi, atau sejenis nya berikut kami berikan Contoh Soal ujian Manajemen Portofolio Dan Investasi Syariah, semoga contoh contoh soal ujian ekonomi ini bisa membantu belajar anda.

 Contoh Soal dan jawaban jurusan ekonomi manajemen

 Artikel lain nya yang terkait :

Contoh soal dan jawaban jurusan ekonomi syariah

Contoh soal mata kuliah ke uangan publik islam

Contoh soal ujian fakultas ekonomi syariah


1. Jelaskan perbedaan antara obligasi dan saham?

Jawab:

Perbedaan antara obligasi dan saham adalah jika Saham merupakan surat bukti kepemilikan individu atas aset sebuah perusahaan. Saham biasanya dihitung dengan satuan lot dan harga setiap lot bisa berubah setiap harinya. Setiap pemilik surat saham berhak atas keuntungan yang didapatkan perusahaan sesuai dengan jumlah lot saham yang mereka miliki. 

Sedangkan obligasi merupakan surat utang (disebut kupon) yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah, lengkap dengan bunga serta informasi jatuh tempo pembayarannya. Surat ini merupakan bukti perjanjian peminjaman dana sekaligus besaran bunga yang harus dibayarkan oleh pihak penerima obligasi.

 

2. PT Sentosa makmur sejahtera finance (singkatan perusahaan SMSF) pada tahun 2019 menerbitkan obligasi kelima di BES. Tipe dari securitas adalah Convertible Bonds, tipe dari suku bunga adalah tetap dan kode dari scriptless adalah TW. Buatlah kode dari obligasi ini?

Jawab: SMSF05XXCFTW

Keterangan adalah: 

SMSF adalah Singkatan nama perusahaan, 05 adalah Obligasi kelima di BES, XX adalah Kode tidak digunakan, C adalah Tipe securitas adalah convertible bonds, F adalah Suku bunga tetap dan TW adalah Kode dari scriptless.

 

3. Jelaskan apa dimaksud obligasi seri dan obligasi termin?

Jawab:

Obligasi seri ialah suatu kelompok obligasi yang obligasi-obligasinya akan jatuh tempo berurutan yaitu satu atau lebih obligasi akan jatuh tempo periode berikutnya setalah satu atau lebih obligasi lainnya jatuh tempo.

Dan Obligasi termin adalah obligasi-obligasi yang jatuh tempo bersamaan waktunya

 

4. Jelaskan perbedaan obligasi pemerintah dan obligasi perusahaan?

Jawab:

Obligasi perusahaan atau bisa disebut juga obligasi korporasi, yaitu obligasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh korporasi Indonesia baik BUMN maupun korporasi lainnya. Sama seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi terbagi atas obligasi dengan kupon tetap, obligasi dengan kupon variabel dan obligasi dengan prinsip syariah.

Sedangkan Obligasi pemerintah, yaitu obligasi dalam bentuk Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah RI. Pemerintah menerbitkan obligasi dengan kupon tetap (seri FR- Fixed Rate), obligasi dengan kupon variable (seri VR–Variable Rate) dan obligasi dengan prinsip syariah atau Sukuk Negara.


Contoh soal ujian Jurusan FEBI


1. Sebutkan jual beli yang dilarang (minimal 5). Dan berikan contoh dan penjelasannya.

Jawab

a. Jual beli barang haram.

Jual beli sangat dilarang dalam islam seperti menjual daging babi, khomr dan lain sebagainya.

b. Jual beli dengan Riba yakni seperti ‘bai’ al-inah’ 

seseorang menjual barang secara tidak tunai kepada seorang pembeli, kemudian ia membelinya lagi dari pembeli tadi secara tunai dengan harga lebih murah. Tujuan dari transaksi ini adalah untuk mengakal-akali supaya mendapat keuntungan dalam transaksi utang piutang.

c. Jual beli dengan maisir atau judi

seperti jual beli kupon togel dimana uang yang diperoleh dari untung-untungan, spekulasi, dan ramalan atau terkaan dan bukan diperoleh dari bekerja.

d. Jual beli Tadlis 

Tadlis dapat diartikan yaitu seorang pedagang yang tidak menjelaskan sesuatu, menutupinya, atau menipu pembeli. Seperti contoh pedagang buah-buahan yang hendak menjual kepada pembeli namun dalam buah yang dijual tersebut ada yang busuk tetapi pedagang menipu pembeli dengan mengatakan bahwa buah nya masih segar.

e. Jual beli gharar atau ketidakjelasan

Yaitu penjual yang menjual barang yang masih tidak jelas keutuhan barangnya. Seperti contoh menjual anak kambing yang masih didalam perut induknya.

 


2. Apa yang dimaksud dengan zero waste dalam aspek operasi?

Jawab : adalah suatu usaha dimana menghilangkan limbah atau sampah dalam kegiatan proses produksi barang sehingga dapat melestarikan alam dan tidak mencemari lingkungan dengan adanya kegiatan produksi tersebut.

 

3. Bagaimana mengidentifikasi aspek syariah pasar dari jual beli di marketplace?

Jawab : mengidentifikasinya dilihat dari kejujuran penjual, aspek barang yang dijual layak atau tidak dikatakan syariah, transparan antara penjual dan pembeli, tidak ada monopoli dan tidak ada yang dirugikan.

 

Terimakasih telah membaca Contoh Soal ujian Manajemen Portofolio Dan Investasi Syariah semoga postingan ini bermanfaat, mohon share ke yang lain agar kemanfaatan juga menyertai anda.