Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Fungsi Pupuk Kiserit Untuk Sawit

Pupuk adalah kebutuhan pokok bagi setiap tanaman, terlebih adalah tanaman keras seperti kelapa sawit. Manfaat Pupuk Kiserit Untuk Sawit sangat banyak sekali, mengingat bahwa pupuk keserit adalah salah satu pupuk yang wajib kita berikan pada tanaman sawit yang berkaitan dengan makanan atau unsur hara selain juga pupuk pupuk yang lain nya seperti pupuk borat.

Manfaat Dan Fungsi Pupuk Kieserite sangat banyak sekali. Pupuk Kieserite bisa digunakan pada semua tanaman. Pupuk kiserit juga disebut dengan pupuk Magnesium, karena kandungan terbanyak kieserite adalah Magnesium Sulfat atau MgSO4·H2O. Pupuk kiserit sangat dibutuhkan bagi perkebunan dan pertanian karena kiserit berhubungan dengan unsur hara pada tanah dan magnesium.

 

manfaat pupuk kisrit

Manfaat pupuk kiserit untuk kelapa sawit sangat banyak sekali. Akan kami bahas pada ulasan tentang  " Manfaat pupuk kiserit untuk kelapa sawit "di bawah ini.

Perlu anda ketahui bahwa Pupuk KIESERITE merupakan salah satu jenis pupuk majemuk, yang mana kaya akan sumber unsur hara makro esensial. Dimana unsur hara makro esensial merupakan unsur hara yang sangat diperlukan oleh tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan nya.
 
Maka daripada itu jika unsur hara makro esensial ini tidak tersedia, maka tanaman akan menunjukkan gejala kekurangan (defisiensi dan pertumbuhannya terganggu), yang mana secara kasar akan tampak daun mulai menguning dan kering serta tidak sedap di pandang.
 
unsur hara makro esensial banyak, dan dua diantara beberapa jenis unsur hara makro esensial tersebut  adalah Mg (Magnesium) dan S (Belerang/Sulfur) dimana dua unsur hara makro esensial ini terkandung dalam pupuk kiserit.
 
Pupuk Kieserite adalah nama lain dari pupuk magnesium sulfat. Kieserite bersifat mudah larut dan termasuk pupuk yang terurai dan bereaksi cepat sehingga lebih mudah diserap oleh tanaman.

Manfaat Pupuk KIESERITE sebenar nya umum pada semua tanaman, namun karena daerah kami adalah 95% daerah perkebunan kelapa sawit maka kami mengulas manfaat pupuk kiserit untuk kelapa sawit yang secara simpel kami rangkum di bawah ini :
  • Meningkatkan dan memaksimal kan kerja klorofil sehingga warna daun lebih hijau sempurna
  • Berperan penting dalam pembentukan karbohidrat, lemak dan minyak
  • Berperan penting dalam hal transportasi fosfat dalam tanaman
  • Berperan penting dalam pembentukan bintil akar sehingga penyerapan makanan semakin sempurna dan pencarian makananan bisa sempurna.
  • Membantu pertumbuhan anakan pada setiap tumbuhan.
  • Meningkatkan kadar minyak pada tanaman penghasil minyak, misalnya kelapa sawit dan kedelai dll.
  • Berperan penting dalam pembentukan jenis protein seperti asam amino
  • Meningkatkan pH tanah
  • Secara otomatis mengobati kuning daun pada tanaman kelapa sawit.
  • Meminimalisir racun akibat kandungan Al dan Fe yang tinggi pada tanah

Ciri Kelapa sawit yang kekurangan pupuk kiserit adalah daun yang menguning dan akhirnya gosong seperti terbakar mulai dari tepi anak daun dan akan meluas jika tidak segera ditangani.

Lalu berapa dosis pupuk kisrit untuk kelapa sawit? Oke untuk masalah dosis pupuk kiserit untuk kelapa sawit tergantung pada usia tanam. Pada usia produksi Dosis pupuk kiserit untuk kelapa sawit adalah 1,5 sampai 3 Kg / pokok sesuai dengan umur dan kondisi kelapa sawit. Biasanya per hektar kelapa sawit membutuhkan 4-5 sak kiserit (50kg). Untuk sawit lebih kecil bisa anda kurangi sesuai dengan kebutuhan nya. 

Terimakasih telah membaca Manfaat Dan Fungsi Pupuk Kiserit Untuk Sawit, semoga artikel ini bermanfaat.