Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Terbaik Cacing Tanah

Hari ini banyak sekali yang bertanya pada admin pintu dunia seputar cara beternak cacing tanah. maka pada postingan kali ini, akan kami bahas beberapa pertanyaan yang kami anggap penting yang berkaitan dengan media cacing tanah paling simpel. Hal hal lain nya bisa anda cari di web pintu dunia.

Media Terbaik Cacing

 

Berikut list pertanyaan yang sering muncul pada pembahasan soal cara simpel beternak cacing tanah.

  1. Jenis cacing tanah apa saja yang bisa di ternak
  2. Pangsa pasar bisnis cacing tanah
  3. Umur berapa cacing tanah bisa dipanen
  4. Kendala dan hambatan bisnis cacing tanah
  5. Media Terbaik cacing tanah

 

Baik lah pada kesempatan ini akan kami bahas semua permasalahan di atas satu persatu, akan tetapi mungkin adakala nya apa yang kami paparkan ini berbeda dengan beberapa peternak lain, tapi intinya kami memberikan apa yang telah kami praktek kan dan kami jalan kan termasuk pengalaman dari beberapa teman peternak cacing anggota kami. Untuk lebih lengkap nya bisa anda cari di kolom pencarian web ini karena kami fokus menjabarkan sesuai judul di atas yaitu tentang media apa yang paling baik untuk cacing tanah.

 

1. Jenis cacing tanah apa saja yang bisa di ternak

Jenis-jenis cacing tanah yang di ternak di indonesia pada umum nya ada 3 yaitu :

  1. Cacing Tanah Lumbricus rubillus
  2. Cacing Tanah ANC (African Night Crawler)
  3. Cacing Tanah tiger atau bahasa latinya EISENIA FOETIDA 

Ketiga jenis cacing tanah di atas selain mudah dalam budidaya nya juga memiliki nilai jual yang tinggi. Hampir se indonesia jika ada peternak cacing tanah pasti beternak salah satu dari ke tiga cacing di atas, bahkan ada sebagian peternak yang ke tiga tiga nya di ternak semua.

2. Pangsa pasar bisnis cacing tanah

Kalau kita berbicara pangsa pasar cacing, tentu peluang pangsa pasar nya masih sangat luas sekali. Pangsa pasar yang luas ini dikarenakan masih banyak nya masyarakat yang belum


3. Umur berapa cacing tanah bisa dipanen

Pada usia berapa cacing tanah bisa di panen? Jawaban dari pertanyaan ini sebenar nya bisa beraneka ragam karena peternak biasanya membuat siklus yang menjadikan cacing tanah bisa di jadwalkan panen tiap 1 minggu sekali. Jadi konsep nya tebar benih nya kita sesuaikan jadwal panen nanti.

Namun secara teori Cacing Tanah Lumbricus rubillus dan cacing tiger biasa di panen setiap bulan, sedangkan cacing Tanah ANC bisa mulai panen pada usia 2,5 sampai 4 bulan untuk awal mula panen, lalu berikut nya bisa 1 bulan sekali panen. 

Intinya cacing di panen sesuai keinginan dari pada peternak itu sendiri. Semakin lama semakin besar dan berat.

Setelah cacing dipanen, dan yang dewasa dan masih kecil kita pisahkan, maka kokon (telur cacing) masing-masing dimasukkan ke dalam media hidup yang baru secara terpisah. 

Mengapa?

Karena Telur-telur cacing tanah ini akan segera menetas dalam tempo 14-21 hari. 1 telur atau istilah kokom bisa mencapai 20 an anak cacing pada kondisi bagus.  Setelah itu, pemeliharaan dilakukan seperti awal budidaya. Dengan demikian proses hidup cacing akan terus berjalan dan budidaya cacing dapat dilakukan terus menerus sampai kapanpun karena siklus yang sudah tepat.


4. Kendala dan hambatan bisnis cacing tanah

Kendala yang terjadi pada bisnis cacing tanah ini biasanya karena kurang nya wawasan dan jam terbang dari peternak itu sendiri.

5. Media Terbaik cacing tanah 

Oke sesuai judul di atas kita fokus membahas media apa yang terbaik untuk ternak cacing tanah ini? 

Jika kita membahas media terbaik untuk ternak cacing tanah, mungkin antara peternak satu dengan yang lain nya akan memiliki sedikit berbedaan walaupun pada konsep garis besar nya adalah sama.

Ada sebagian peternak cacing yang menggunakan media hanya dari kotoran sapi saja, ada juga yang menggunakan media jerami di campur pupuk kandang dan kompos kering.

Intinya adalah media apapun tidak masalah asal sesuai dengan kebutuhan cacing. Asal pakan dan kondisi tempat nyaman, maka media apapun asal sesuai tetap menjadi media ternak cacing tanah yang terbaik.

Kunci dari media ternak cacing tanah yang paling penting adalah bahan media itu mudah anda dapatkan. Mengapa ini penting? Karena nanti jika pas ganti media anda tidak perlu repot dan susah lagi.

Demikian postingan kami tentang Media Terbaik Cacing Tanah semoga ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi media paling mudah ternak cacing. salam sukses selalu