Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Cacing Tanah

Cara Beternak Cacing Tanah yg paling mudah akan kami bahas pada postingan kali ini. Perlu anda ketahui bahwa cara beternak cacing tanah yang paling mudah ini sangat cocok anda terapkan pada masa pandemi covid 19 ini.

Kenapa?

Karena selain mudah dikerjakan juga merupakan peluang usaha yg bisa anda manfaatkan untuk dijual hasil nya juga untuk pakan hewan ternak seperi ikan, ayam dan lain nya. Baik lah silahkan simak ulasan kami tentang cara mudah beternak cacing di rumah di bawah ini.

Cara paling mudah ternak cacing tanah

Sebelum anda memulai ternak cacing tanah, terlebih dahulu anda harus bertanya pada teman teman di lingkungan anda tentang bisnis ini. Anda bisa bertanya pada teman secara langsung atau lewat sosial media juga tidak masalah. 

Kenapa ini penting?

Karena dengan bertanya pada lingkungan sekitar tempat tinggal anda, atau kota tempat tinggal anda, maka anda bisa menentukan jenis cacing apa yang sebaik nya anda ternak? Pahami dulu kondisi kebutuhan cacing di kota anda, sehingga saat panen nanti anda tidak bingung dalam hal penjualan atau pemasaran. Jangan sampai ketika panen anda bingung mau dijual kemana ini? 

 

Setiap kota atau daerah terkadang membutuhkan jenis cacing yang berbeda, apalagi buat anda yang baru pertama ingin budidaya cacing tanah maka menggali informasi dari masyarakat sekitar sangat lah penting. 


Jenis jenis cacing tanah yang di budidaya oleh para peternak di antaranya adalah :

1. Cacing Tanah Lumbricus rubillus

gambar Cacing Tanah Lumbricus rubillus

 Cacing ini dikenal selain bisa untuk pakan ikan dan umpan pancing adalah sebagai bahan kosmetik dan untuk obat obatan obatan, biasa di produksi secara pabrik dan ada juga yang tradisional

ciri-ciri cacing Lumbricus ini panjang badannya dari 7,5 sampai 9 cm, warna tubuh yang merah kecoklatan, bergerak lebih lambat dari cacing biasanya, berbentuk pipih, dan punya ekor tumpul berwarna agak kuning. 


2. Cacing Tanah ANC (African Night Crawler)

gambar cacing anc

Sekilas cacing ANC ini mirip dengan Lumbricus Rubellus, akan tetapi cacing ANC punya ukuran panjang tubuh hingga 35cm, warna tubuh yang merah kecoklatan, berbentuk pipih, ekor runcing berwarna pucat, dan bergeraknya juga cenderung lamban.

Cacing jenis ANC ini sangat banyak di budidayakan karena sangat menguntungkan dari segi berat, karena bisa sangat panjang


3. Cacing  Tanah tiger atau bahasa latinya EISENIA FOETIDA

gambar cacing tiger
Cacing Tiger ini sangat mudah dikenali karena Sekujur tubuhnya ada garis hitam menyerupai gelang, sehingga disebut cacing tiger, cacing belang atau cacing harimau. Warna tubuhnya kemerahan,    Panjang tubuhnya sekitar 10 sampai 15 cm, bergerakannya lamban.
 
 
Tiga jenis cacing di atas adalah yang sangat banyak sekali di budidayakan oleh para peternak. Masing masing peternak ada yang memilih ANC atau tiger dan ada yang rubellus, masing masing memiliki kelebihan masing masing, bahkan ada yang ke tiga tiga di budidayakan sekaligus.

Setelah anda paham jenis cacing tanah yang banyak dibudidayakan maka anda tinggal pilih mau ternak yang jenis apa? Bertanyalah pada lingkungan anda permintaan cacing yang paling banyak di daerah anda.

Setelah anda pahami semua hal di atas mari kita bahas langkah langkah beternak cacing tanah, di bawah ini:

1. Tentukan media yang akan digunakan, jika anda bingung media apa yang akan anda gunakan, silahkan baca artikel kami yang berjudul Media Terbaik Ternak Cacing Tanah

2. Pilih bibit yang bagus dan berkwalitas

Bibit cacing tanah yang berkwalitas bisa anda dapatkan dengan cara membeli atau mencari, tergantung dari jenis cacing tanah yang akan anda pelihara

3. Bentuk komunitas sesama peternak dalam kabupaten anda

Komunitas ini penting. Dengan ada nya komunitas cacing dalam wilayah anda maka permasalahan apapun terkait dengan cara mudah beternak cacing tanah bisa anda hadapi. Kunci nya adalah pada komunitas. Komunitas cacing juga penting untuk sama sama dalam penjualan, pembelian bibit dan sama sama kumpul guna membahas permasalahan seputar ternak cacing tanah ini. 

4. Mulai dari kecil

Beternak cacing itu mudah bila di anggap mudah, sulit bila tak paham. Jadi mulai lah dari kecil dulu, misal nya dari 2 tempat dulu. Atau mulai dulu dari jenis cacing fospor....kan bisa gratis bibit nya. Cari saja di pekarangan rumah tau pinggir pinggir tempat pembuangan sampah.

Nah dari kecil itu pelajari segala perawatan nya, kendala nya dan bagaimana cara percepatan pembesaran nya. Kalau sekira dah paham dan bisa di analisis baru lah mulai dengan skala yang agak besar.

Kesimpulan :

Ternak cacing itu mudah, kuncinya adalah sering sering lah maen ke tempat sama sama peternak. Bentuk komunitas dan buat group WA atau FB sesama komunitas itu. Jadi bila ada kendala atau ada yang tidak di pahami bisa sama sama di cari solusi.

Media terbaik ternak cacing tanah adalah media yang paling mudah di dapat di daerah tersebut karena tiap daerah terkadang berbeda.

Pemasaran nya bertanya lah pada komunitas yang telah terbentuk, dan jika belum ada komunitas maka pasarkan secara online dan coba lah bergabung dengan toko pakan pancing, siapa tau ada solusi.

Ingat....mulai lah dari tahap kecil dulu....

Terimakasih telah mampir di web pintu dunia dan membaca Cara Beternak Cacing Tanah, semoga bisnis anda semakin sukses selalu.