Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Beternak Puyuh

Pernah makan telor puyuh? Telur mungil denga protein tinggi ini adalah salah satu makanan yang sangat di sukai oleh sebagian orang. Telur mungil ini dihasil kan oleh unggas yang bernama puyuh. Puyuh merupakan salah satu hewan yang mudah sekali di ternak. Burung kecil ini selain menghasilkan telur konsumsi, juga menghasilkan daging yang di gemari banyak orang terutama para pecinta kuliner. Lalu bagaimana Langkah-langkah Beternak Puyuh yang benar? Karena tanpa ilmu yang benar usaha apapun tidak akan bisa berkembang bahkan mengalami kerugian. Pada postingan ini kami akan share panduan lengkap beternak puyuh bagi pemula, semoga bermanfaat.
 
Langkah-langkah Beternak Puyuh untuk pertama kali yang harus dilakukan seorang peternak pemula adalah sebagai berikut :
 


A. Cari peternak puyuh di tempat anda tinggal.

Bagi anda yang benar benar baru awal ingin beternak puyuh, maka langkah pertama sebelum anda beternak adalah cari lah teman peternak lain yang ada di lingkungan atau tempat anda tinggal. Hal ini adalah penting. Mengapa? Dengan mengunjungi peternak lain yang sudah duluan beternak di lingkungan anda, maka akan banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Misal nya :

  • Dimana saja bisa order pakan nya
  • Bagaimana harga penjualan telur tiap hari nya
  • Kendala apa saja yang terjadi
  • Bibit nya buat sendiri atau beli, kalau beli di mana
  • Obat obatan dan vaksinasi dimana bisa order
  • dll

Semua contoh pertanyaan di atas bisa anda tanyakan atau sharing kan dengan peternak yang sudah duluan beternak di lingkungan anda, dan ini adalah penting. Ingat jangan buru buru dalam memutuskan suatu bisnis atau usaha, anda harus benar benar jeli membaca setiap keuntungan dan resiko yang akan anda hadapi di kemudian hari.

Ingat, sesama peternak adalah mitra pada hakekat nya. Anda bisa membuat group WA atau sejenis nya, dimana anda bisa bermitra dalam order pakan misal nya. Karena pakan yang dibeli sama sama dalam jumlah banyak biasanya akan lebih murah daripada anda mengecer sendiri.

Intinya Mencari mitra peternak lain itu adalah sangat sangat penting sekali dan ini WAJIB anda lakukan pertama kali jika ingin beternak atau usaha apapun. Dari peternak lain lah maka akan banyak manfaat yang anda dapatkan, tapi ingat jangan percaya 100% kepada peternak lain karena tidak semua peternak itu jujur 100%. Percaya dan bersikap baik wajib namun keputusan tetap harus anda pikirkan dan pertimbangkan. Paham?

Lalu bagaimana jika di daerah anda belum ada peternak lain nya? Tentu anda bisa belajar online atau chat chat para peternak yang di luar tempat anda. Intinya adalah belajar, baik offline maupun online.

Oke, saya anggap anda sudah paham yang kami maksud pada point A ini.


B. Tahap persiapan tempat dan bibit

Setelah anda paham point A maka Langkah-langkah Beternak Puyuh selanjutnya adalah Tahap persiapan tempat dan bibit. Tempat atau kandang puyuh adalah hal mendasar yang wajib anda pahami.

Tempat atau kandang ini harus sesuai kriteria puyuh. Ingat puyuh tidak suka tempat yang sirkulasi udaranya kurang lancar. Artinya kandang puyuh harus banyak angin yang keluar masuk. Maka kandang puyuh jangan full rapat dengan papan atau seng. Tapi buka lah sebagian dan tutup saja dengan jaring atau anyaman bambu. Intinya buat lah sirkulasi udara lancar bagaimanapun cara nya. Paham?


Selanjutnya Bibit. Untuk tahap awal kami sarankan beternak puyuh lah dari nol. Artinya jangan membeli bibit. Tapi buatlah bibit sendiri. Percayalah menetaskan puyuh itu sangat mudah sekali. Anda tinggal beli saja telur tetas nya untuk awalan. Silahkan cari puyuh dalam pencarian web ini, sudah banyak artikel kami tentang penetasan puyuh dan cara pemeliharaan puyuh sejak kecil.


Dengan membuat sendiri bibit puyuh nya maka waktu anda sambil membesarkan si kecil maka anda bisa mulai mengurus kandang pembesaran, kandang petelur dan kebutuhan kandang yang lain nya. intinya dengan membuat sendiri bibit nya maka anda bisa guyur guyur dan pelan pelan sembari berbenah di sana sini.


Baca Juga :

C. Pemasaran. 
Pemasaran adalah hal mutlak yang mesti anda pikirkan. Anda harus tau siapa pangsa pasar telur anda. Cek ke toko terdekat berapa dia belanja telur selama ini? Cek juga siapa saja kompetitor telur anda. Terkadang banyak peternak dari luar provinsi anda yang memasok telur ke tempat anda. Bagi anda yang masih merintis bisnis puyuh sekala kecil mungkin sangat mudah, tapi ketika sudah besar maka pemasarn harus anda perhatikan. Menerima pesanan online saat acara atau hajatan merupakan salah satu yang kami rekomentasikan. Anda bisa tawarkan di Facebook di lingkungan anda. Siap antar jika ada acara atau yang lain nya, tinggal kasih aja minimal order berapa. Paham?
 

D. Limbah

Limbah dalam hal ini adalah kotoran. Kotoran puyuh adalah yang terbaik untuk pupuk. Maka anda harus pintar promosi pupuk kotoran puyuh ini. Ingat pupuk adalah sumber uang yang lain selain telur dan daging. Hampir semua orang mau membeli pupuk kotoran puyuh. Sangat cocok sekali untuk media tanam dan pupuk perkebunan.

 

Kotoran puyuh bisa anda masuk kan dalam karung dan anda keringkan / diamkan dulu di gudang limbah. Setelah itu bisa anda tawarkan di facebook dan lingkungan anda. Kalau harga saat ini adalah 25 ribu per karung 50 Kg (murni kotoran tanpa yang lain). 


E. Pengembangan dan rencana ke depan.

Ingat bisnis itu harus direncanakan pengembangan kedepan. Misal nya anda saat ini beternak puyuh cuman 500 ekor, anda harus ada rencana membesarkan ke 1000 dan lebih. Anda juga harus merencanakan mencari mitra. Dengan adanya mitra anda bisa banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Misalnya menjual bibit, menjual telur tetas, suplay pakan, dan lain lain. Intinya selain beternak maka usaha yang masih ada kaitan nya dengan ternak harus mulai anda pikirkan. Bahkan membuka toko pakan kalau perlu anda siapkan. Agar anda mudah dapat pakan, dapat harga grosir dan bisa untung karena juga anda jual lagi. Paham?  


Demikian sharing kita hari ini soal Langkah-langkah Beternak Puyuh semoga anda paham dan ingat, jangan takut ternak. Karena ternak adalah salah satu usaha yang menjanjikan.