Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Beternak Puyuh

Beternak puyuh merupakan salah satu sumber penghasilan yang juga menjanjikan. Beternak puyuh selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan modal yang besar seperti beternak ayam petelur atau ayam potong.Tips Sukses Beternak Puyuh ini mungkin akan sangat banyak sekali bila anda cari di google, namun pada postingan kali ini pintudunia.com akan berbagi tips sukses beternak puyuh berdasakan pengalaman dari  peternak itu sendiri
 


Apa saja Tips Sukses Beternak Puyuh?

Bila anda ingin sukses beternak puyuh maka anda harus benar benar mulai dari NOL, iya dari tahap dasar sekali.....apa saja itu?

A. Penetasan
 
Kunci pertama Agar sukses beternak puyuh adalah pada penetasan. Jangan mimpi anda bisa sukses di bisnis ini jika anda masih selalu membeli bibit. Ingat membeli bibit puyuh sekali dua kali wajar, namun sebisa mungkin kedepan anda harus menciptakan bibit sendiri.
 
Mengapa menciptakan bibit ini penting? Karena hampir setiap minggu anda perlu sortir puyuh, mungkin ada yg sakit, ada yang prolapsus, ada yang sudah mulai tua dll...jika anda membeli bibit nya maka hal hal seperti di atas tidak akan maksimal.

Juga dengan membuat sendiri bibit puyuh nya maka bisa secara bertahap, misal tetaskan 500 dulu, setelah mulai bertelur tetaskan lagi 1000 dan seterus nya sesui keinginan anda.

Ingat menetaskan atau membuat bibit puyuh sangat lah mudah, pernah kami post juga tentang :

Percayalah...orang orang / peternak yang tidak membuat sendiri bibit puyuh nya maka dia tidak akan pernah bisa sukses di bisnis ini, dan ini perlu anda garis bawahi.Mengapa? Karena dapam perjalanan nya akan banyak sekali kendala, misal nya ada penyakit dan sebagian mati. Jika anda masih membeli bibit maka ini akan sangat merepotkan, namun jika anda membuat bibit sendiri maka ini bukan lah hal yang sulit.


 B. Pembuatan box pembesaran
 
Setelah paham tentang penetasan langkah selanjut nya adalah membuat kandang box pembesaran pada puyuh. Pernah saya posting dengan judul Gambar Box Kandang Pembesaran Puyuh
 
Box pembesaran ini sangat penting karena box pembesaran alas nya datar dan tempat nya sangat hangat, sehingga si kecil akan sangat nyaman sekali berada di kandang ini. puyuh kecil berada di box pembesaran ini sampai usia 10-30 hari atau sesuai yg anda ingin kan, selama tempat belum terlalu padat bisa berada disini.
 
C. Pembuatan kandang lanjutan (grower)
 
Bila kandang anda luas anda bisa membuat kandang khusus grower ini, kandang ini adalah kandang sortir, sebelum masa produksi. Dimana puyuh yang sudah gemuk/siap produksi bisa anda sortir dan anda pindahkan ke kandang layer. Konsep kandang grower dan kandang layer sama. Bedanya kandang grower biasanya dibuat datar karena tidak di siapkan untuk petelur.
 
Namun bagi anda yang tidak memiliki kandang luas, cukup sediakan saja kandang layer. Artinya dari box pembesaran langsung ke kandang layer atau produksi.
 
 D. Pembuatan kandang produksi (layer)
 
Kandang layer atau kandang produksi adalah yang utama dalam bisnis ini. Kandang atau box tidak mesti dari kayu yang besar namun harus kuat. Anda bisa membaca artikel kami tentang desain minimalis kandang puyuh
 
 
 E. Pemasaran telur
 
Dalam peternakan puyuh pemasaran telur sangat penting, jangan sampai anda tidak memiliki ini. Kepada siapa, toko mana, diambil apa antar, semua harus terpetakan dengan jelas. Biasa masalah ini terlihat sulit bagi anda yang baru mau mengawali bisnis puyuh petelur ini. Namun se iring waktu hal ini bukan lah masalah karena nanti akan ada banyak orang dan toko yang siap bermitra dalam mengambil telur produksi anda. Di awal mungkin pemasaran offline dan membuat group WA atau fans page FB tentang dagangan anda adalah langkah yang tepat.
 
 
 F. Pemasaran puyuh afkir dan puyuh jantan hasil tetasan
 
 Pemasaran puyuh afkir dan puyuh jantan hasil tetasan sangat penting. Karena puyuh afkir bisanya serentak dalam setiap periodenya. Maka nya bagi anda yang menetaskan sendiri, harus buat step atau putaran yang pas sehingga pada saat afkir tidak serentak. Kemudian setiap 1 bulan sekali pasti akan banyak puyuh pejantan hasil tetas yang juga akan di jual daging nya. Ini perlu anda fikirkan.

 
G. Bagaimana mengatasi kotoran/dimana harus di jual atau di buang
 
Dimana kotoran nya akan dibuang ini sangat penting. Biasanya peternak yang sudah senior sudah mempunyai langganan pembeli pupuk kotoran puyuh. Bahkan ada yang rela mengambil atau membersihkan sendiri dikandang demi mendapat kan kotoran puyuh.
 
Mengapa? Karena memang kotoran puyuh adalah yang terbaik untuk pupuk tanaman di banding dengan hewan lain misal nya kambing dan sapi

Demikian Tips Sukses Beternak Puyuh yang bisa kami sharingkan, semoga bermanfaat.