Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Praktikum Genotip Seksual

 


Laporan praktikum Gen Seksual (genotif) ini kami posting sebagai simpanan kami juga berbagi siapa tau ada dari pembaca yang membutuhkan tambahan referensi tentang genotip seksual ini. Praktikum gen sesksual ini kami laksanakan di Universitas Jambi, pada lantai dasar LAP MIPA Biologi.

I. Pendahuluan

Tujuan Praktikum :Mencoba menetapkan genotip dirinya sendiri berdasarkan ukuran jari telunjuknya.

Landasan Teori

Dalam dunia genetika, atau istilah nya dunia gen, terutama dalam pewarisan sifat kita mengenal istilah homozigot dan heterozigot. Suatu individu dalam melanggengkan kehidupan nya akan cenderung untuk berkembang biak dan melahirkan keturunan sebagai penerus individu baru. 

Sedangkan Sifat yang dimiliki individu baru itu sangat bergantung dari kombinasi sifat yang dimiliki oleh induknya.

Dalam pewarisan sifat ini kita juga mengenal istilah fenotip dan genotip. Pengertian fenotip adalah sifat yang tampak dari suatu individu (fenotip) dan pengertian genotip adalah sifat yang tidak tampak dari suatu individu (genotipe). 

Homozigot dan heterozigot ini berkaitan dengan susunan gen yang nantinya akan menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dari genotipe. 

Apa perbedaan gen homozigot dan heterozigot?

Gen homozigot adalah Genotip yang memiliki pasangan gen sama, seperti pada alel DD atau dd. Jadi Individu dengan genotip DD disebut dengan homozigot dominan, sedangkan individu dengan genotip dd disebut homozigot resesif.

Jadi Homozigot resesif yaitu sepasang gen (alel) pada lokus yang bersesuaian yang sifatnya resesif.

Gen heterozigot adalah genotipe yang memiliki pasangan gen yang berbeda seperti pada alel Dd. 

Setelah kita paham pengertian gen homozigot dan heterozigot serta gen dominan, maka kita akan tau bahwa Gen dominan biasanya memperlihatkan pengaruhnya pada individu laki-laki/jantan maupun perempuan/betina. Baru dalam keadaan homozigotik resesif, pengaruh dominan itu tidak akan menempatkan diri dalam fenotip.

Adapun gen-gen yang dominansinya bergantung dari jenis kelamin individu, Salah satunya adalah panjang jari telunjuk. Apabila kita meletakkan tangan kanan atau kiri kita pada suatu alas dimana terdapat sebuah garis mendatar demikian rupa sehingga ujung jari manis menyentuh garis tersebut, maka dapat kita ketahui, apakah jari telunjuk kita akan lebih panjang atau lebih pendek dari pada jari manis. Jari telunjuk pendek disebabkan oleh gen yang dominan pada laki-laki, tetapi resesif pada perempuan.

Kegiatan gen ini menjadi sebagai berikut:

Genotip Laki-laki Perempuan

  • TT Telunjuk pendek Telunjuk pendek
  • Tt Telunjuk pendek Telunjuk panjang
  • Tt Telunjuk panjang Telunjuk panjang

Cara penurunan gen ini sama dengan cara penurunan gen kepala botak. ( Suwiryo,1998)

Menuru Suryo (1996) Apabila kita meletakkan tangan kanan atau tangan kiri kita pada suatu alas dengan garis mendatar Maka dapat kita lihat apakah jari telunjuk akan lebih panjang atau lebih pendek dibandingkan dengan jari manis. Kebanyakan orang ujung jari telunjuk tidak akan mencapai garis itu, berarti bahwa jari telunjuk lebih pendek dari pada jari manis. Jari telunjuk pendek disebabkan oleh gen yang dominan pada orang laki-laki, tetapi resesif bila pada perempuan.

Apakah sebenarnya yang diberikan pada anak-anak itu sehingga merekapun mempunyai beberapa sifat seperti orang tuanya? Yang diwariskan adalah berupa gen, gen lah yang bertanggung jawab atas turunnnya sifat-sifat tersebut. Gen-gen yang berhubungan langsung dengan kromosom ini bisa diturunkan melalui gen autosom maupun gen gonosom. (Nio,1990)

Pada pasangan yang menyumbangkan kromoson Y diam kepada keturunannya yang laki-laki, jadi fenotif anak laki-lakinya akan secara langsung mencerminkan konstitusi genetik salah satu dari dua kromosom X nya. Penelitian mengenai pewarisan pautan seks pada manusia telah menunjukkan dengan melimpah bahwa pola transmisi gen pada manusia mengikuti pola-pola yang pertama kali dikenal dengan lalat. (Goodenough,1984)

Selain gen-gen yang terangkai kromosom kelamin, juga dikenal gen-gen yang dipengaruhi seks dan gen-gen yang dibatasi seks.

ALAT DAN BAHAN:

  1. Jari telunjuk dan jari tengah milik mahasiswa sendiri
  2. Penggaris
  3. Kertas
  4. Pena/Pensil

CARA KERJA:

  1. Dibuat sebuah garis horizontal yang jelas pada kertas
  2. Diletakkan tangan kanan atau kiri diatas helaian kertas tersebut sedemikian rupa, sehingga ujung jari telunjuk tepat menyinggung gasir horizontal
  3. Dibubuhkan tanda dimana letak ujung jari telunjuk. Dengan menggunakan pensil atau pena
  4. Ditentukan kemungkinan genotipnya, jika digunakan pasangan gen T dan t

 Hasil dan pembahasan 

Hasil dan pembahasn pada Laporan Praktikum Genotip Seksual ini silahkan di diskusikan sesuai dengan kelompok yang telah terbantuk. Masing masing kelompok harus menggunakan minimal 2 buku pendukung argument nya.

DAFTAR PUSTAKA

Goodenough,ursula..1988. Genetika. Erlangga:Jakarta

Nio,Tjan kwiauw.1990. Genetika Dasar. ITB Press: Bandung

Suryo.1984. Genetika. UGM Press: Yogyakarta

Suwiryo,hadi.1998. Genetika untuk strata 1. UGM Press:Yogyakarta

Terimakasih telah membaca Laporan Praktikum Genotip Seksual, semoga makalah tentang genotip seks ini bisa menjadi tambahan referensi bagi anda. Salam hormat dari kami pintu dunia.