Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar HP Xiaomi Awet dan Tahan Lama

Cara Agar HP Xiaomi Awet - Belakangan ini HP Xiaomi sangat di minati di Indonesia, karena Xiaomi adalah alternatif terbaik bagi kita yang ingin memiliki HP yang support banyak hal tapi tidak menguras banyak uang. Dengan kata lain ini adalah salah satu merek yang menawarkan HP berspesifikasi tinggi namun dengan harga tetap murah.

Oleh karena itu membuat saya menjadi tertarik untuk menulis artikel tentang bagaimana cara hp xiaomi awet dan tidak mudah rusak. Sebenarnya cara yang akan saya tuliskan ini adalah cara merawat HP agar tidak mudah rusak seperti HP lain pada umumnya. Namun masih tetap sangat relevan dengan semua tipe HP Xiaomi. Oke tanpa banyak basi lagi langsung saja kita masuk ke inti postingannya, yaitu cara supaya hp xiaomi awet dan tidak mudah rusak, semoga bermanfaat.

Gunakan Charger Original

Yang pertama cara agar hp xiaomi awet adalah tetap menggunakan charger original. Karena charger original adalah charger yang paling sesuai dengan spesifikasi HP-nya. Apabila charger yang di gunakan tidak sesuai dapat berpotensi merusak hardware, salah satunya adalah baterai. Dampak yang paling terasa jika tidak menggunakan charger original biasanya baterai menjadi lebih boros dan membutuhkan waktu yang sangat lama ketika mengisinya.

Rutin Membersihkan Kotoran Di HP

Dengan rutin membersihkan kotoran di HP seperti debu, kerak, dan noda tidak hanya membuat HP terasa nyaman saat di gunakan. Bahkan dengan rutin membersihkannya ini dapat mengurangi potensi masuknya kotoran ke dalam mesin yang dapat menimbulkan risiko kerusakan. Jadi Kamu perlu untuk membersihkan kotoran yang ada di seluruh bagian HP, seperti lubang speaker, port ear phone, hingga port charger.

Pakai Soft Case Atau Hard Case

Setelah membeli HP Xiaomi jangan lupa segera untuk menggunakan hard case maupun soft case, karena ini dapat melindungi bagian belakang HP Kamu dari goresan dan mengurangi tingkat kehancuran yang parah jika HP terjatuh. Bahkan dengan menggunakan hard case atau soft case dapat membuat HP kita terlihat lebih keren.

Jangan Letakkan HP Di Tempat Panas

Ingat HP adalah barang elektronik yang sangat rentan, HP sangat tidak tepat jika berada di tempat yang panas seperti di bawah matahari langsung, di atas kulkas, ataupun di sebelah rice cooker. Panas di sekitar tempat itu akan membuat HP juga ikut panas dan membuat kinerjanya menjadi menurun. Panas juga bisa membuat daya tahan batrai jadi cepat aus dan mudah drop. intinya semua HP jangan pernak letak kan di tempat panas.

Isi Daya Baterai Sesuai Kebutuhan

Jika baterainya sudah penuh, segeralah untuk mencabutnya dari charger. Jangan biarkan HP di cas terlalu lama, karena ini dapat mengganggu daya tahan baterai. Indikator baterai membantu Kamu untuk menentukan waktu mengisi daya yang tepat, jika hampir habis segera isi, dan cabut apabila sudah penuh.

Hapus Aplikasi Tidak Penting Jika Kinerja Menurun

Jika HP Xiaomi Kamu sudah mulai terasa lamban, tidak mampu menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan maka ini adalah waktu di mana Kamu perlu untuk menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak penting lagi. Saran saya hapuslah game dan aplikasi sosial media yang sudah tidak Kamu gunakan dalam beberapa bulan terakhir. Tidak perlu ragu, karena Kamu masih tetap bisa memasangnya lagi di kemudian hari jika suatu waktu membutuhkannya kembali. Walaupun pada postingan yang lalu telah kita bahas cara agar HP aesthetic dan enak dilihat namun tetep saja aplikasi yang berat hapus saja.

Jangan Main Game Saat Mengisi Daya

Memang banyak orang mengatakan bermain game itu sangat menyenangkan, bahkan terkadang kita rela untuk menunda aktivitas tertentu demi dapat bermain game. Namun sayangnya saat mengisi daya bukanlah waktu yang baik untuk Kamu bermain game, ini adalah waktunya HP beristirahat dan kembali mengisi daya. Jika memaksa bermain game sambil mengisi daya, bersiaplah dalam waktu dekat baterai HP Kamu akan bermasalah.

Pasang Screen Protector

Pelindung layar atau screen protector atau tempered glass ini benar-benar perlu di pasang untuk semua HP layar sentuh, karena ini dapat mencegah goresan pada layar dan meminimalisir kerusakan tingkat tinggi saat HP terjatuh maupun tertekan. Apabila HP Xiaomi Kamu saat ini tidak memilikinya, segeralah untuk membelinya, harganya tidak terlalu mahal.

Perbarui OS Dan Aplikasi Apa Bila Ada Versi Terbaru

OS atau operating system (sistem operasi) adalah bagian utama yang membantu Kamu mengoperasikan HP. Kamu perlu memperbaruinya jika versi terbaru telah hadir. Biasanya ini berisi kode atau script keamanan baru, perbaikan bug atau error, hingga penambahan fitur baru yang dapat membuat Kamu semakin lebih mudah untuk mengoperasikan HP-nya. Begitupun juga pada aplikasi, akan ada sesuatu yang lebih baik untuk Kamu dan HP Kamu di setiap versi terbaru dari masing-masing aplikasi.

Menggunakan Antivirus

Selain hacker, virus adalah musuh paling berbahaya dalam setiap perangkat elektronik seperti HP dan komputer. Jangan lupa untuk menggunakan antivirus agar HP Kamu tetap sehat dan selalu selamat. Jika perlu gunakan aplikasi yang bukan hanya sekedar melindungi dari virus, tetapi juga dapat menjaga Kamu serta HP Kamu dari spyware dan serangan hacker lainnya.

Matikan HP Saat Tidak Digunakan

Yang berikutnya adalah matikan HP Xioami saat tidak di gunakan, alih-alih mengimplementasikan kata-kata jika tidak di gunakan kenapa tidak di nonaktifkan? Ini akan menghemat sumber daya listrik dan masa pakai HP. Jika Kamu sepakat soal ini, maka mulai sekarang matikan HP Kamu ketika ia sudah tidak di gunakan. Resikonya memang orang lain akan sulit mengubungi Kamu, ini pilihan bebas, silakan tentukan.

Simpan HP Di Tempat Yang Aman

Beberapa orang sewaktu-waktu mungkin saja dapat teledor, tidak peka terhadap sesuatu yang dapat membahayakan HP-nya. Misalnya meletakkan HP di pinggir kolam renang atau menggunakannya di dalam toilet. Bisa saja HP akan tercebur ke dalam air saat ada senggolan tidak sengaja yang kemudian membuat HP-nya rusak karena kemasukkan air.

Tidak Menekan Keras Tombol Power dan Volume

Apakah Kamu mempunyai kebiasan buruk ini? Menekan tombol power maupun volume HP dengan sangat keras? Jika iya Kamu harus segera menghilangkan kebiasaan tersebut. Sampai kapanpun HP yang Kamu miliki akan selalu dapat rusak dengan mudah, tombol akan dol karena tekanan yang terlalu keras. Kamu harus mengerti bahwa yang Kamu tekan saat itu adalah sebuah komponen yang sangat kecil, rentan, ringkih, dan rapuh.

Jauhkan HP Dari Medan Magnet

Pernahkan Kamu mempunyai HP yang speaker-nya sember dan tidak nyaring? Jika iya salah satu penyebabnya adalah waktu itu HP Kamu pernah bersentuhan langsung dengan medan magnet yang sangat kuat. Karena medan tersebut dapat mempengaruhi komponen yang ada di speaker HP. Selain itu jangan setel volume hingga seratus persen apabila sedang memutar musik ataupun video. Sebisa mungkin setel paling tinggi hanya di sembilan puluhan persen saja agar speaker tidak mudah sember akibat pemakaian yang belebihan.

Jangan Biarkan Baterai Habis Hingga 0%

Entah teori dari mana asalnya, hampir semua sumber yang saya baca tentang merawat baterai HP. Mereka menyarankan agar kita tidak membiarkan baterai HP habis total (benar-benar kosong). Karena hal tersebut dapat merusak daya tahan baterai, lalu mereka menyarankan kita agar mengisi baterai saat baterai tersisa dua puluh hingga tiga puluh persen dan segera mencabutnya ketika terisi penuh.

Mainkan Game Sesuai Spesifikasi

Jika HP Xioami Kamu adalah model lama, jangan memaksakan untuk bermain game dengan kualitas grafik yang tinggi, karena hal tersebut dapat membuat HP menjadi mudah panas ataupun overheat. Bisanya setiap game dapat di atur kualitas grafiknya, jika HP Kamu tidak mempunyai spesifikasi begitu tinggi maka cobalah mengatur grafik dengan settingan yang rendah agar HP tidak bekerja secara berlebihan saat menjalankan game yang di mainkan.

Jangan Gunakan Saat HP Sangat Panas

HP Kamu juga tidak jauh berbeda dengan manusia, di mana ia juga memiliki waktu untuk beristirahat. Waktu yang tepat untuk HP beristirahat adalah di saat ia sedang sangat panas ataupun overheat. Di waktu tersebut cobalah untuk tidak menggunakannya sampai suhu HP kembali normal. Menggunakan HP saat panas juga tidak baik untuk kesehatan karena saat itu radiasi nya tinggi sekali.

Tidak Memasang Aplikasi Sembarangan

Tidak semua aplikasi aman untuk di gunakan. Ada banyak sekali orang-orang jahat yang mencoba memperoleh keuntungan pribadi melalui HP yang Kamu gunakan. Aplikasi yang mengandung virus dapat merusak kinerja ponsel Kamu. Bahkan aplikasi spyware dapat mengintai seluruh aktivitas yang Kamu lakukan hingga mencuri data-data yang ada di HP.

Jangan Terlalu Sering Multi-Tasking

Jika Kamu adalah tipe orang yang biasanya menggunakan aplikasi secara bersamaan dengan mode layar split. Jangan lakukan itu terlalu sering apabila spesifikasi HP Kamu masih sangat rendah. Hal tersebut dapat membuat HP bekerja secara berlebihan yang membuatnya jadi mudah panas. Selain itu ketika ingin beralih ke aplikasi lain. Usahakan jangan menakan langsung tombol home, tapi tekanlah tombol back atau keluar agar aplikasi yang sebelumnya di gunakan tertutup dan tidak membebani memori.

Bersihkan File Tidak Berguna

Memang file seperti video, foto, musik, dan lain sebagiannya tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja HP Xiaomi. Tetapi dengan mencoba menghapus file yang sudah tidak di gunakan lagi dapat membantu Kamu memiliki banyak ruang. Setidaknya Kamu perlu menghapus file cache secara rutin untuk menyimpan file atau aplikasi lain yang lebih penting.

Demikian lah Cara membuat HP Awet dan Tahan Lama versi kami, semoga bermanfaat.