Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Konten Blog Yang Menarik

Cara Membuat Konten Blog Yang Menarik - Membuat konten blog memang susah-susah gampang, siapapun dapat membuatnya ketika sudah memahami apa yang akan menjadi isi kontennya. Tetapi sayangnya tidak semua orang bisa membuatnya menjadi menarik dan enak untuk di baca. Malah yang ada sangat sulit di pahami, terlaku kaku, dan membuat siapapun ingin mengolok-oloknya.

Tetapi tidak perlu resah lagi, karena di kesempatan kali ini saya membagikan tentang cara menentukan konten blog yang menarik untuk di baca dengan sangat lengkap, singkat, dan padat. Setelah ini, pasti Kamu akan mampu untuk membuat konten yang sering di bagikan banyak orang, di baca sampai habis, dan selalu di ingat. Oke langsung saja di simak, semoga bermanfaat! 

Ciptakan Judul Yang Bikin Orang Penasaran 

Yang pertama tentang cara membuat konten blog yang disukai banyak orang adalah Ciptakan judul yang bisa membuat orang kepo alias penasaran karena judul adalah sebuah elemen penting dalam setiap karya tulis, termasuk artikel blog. Orang-orang akan membaca konten Kamu setelah dia mengetahui judulnya, oleh karena itu Kamu perlu menetapkan judul yang terbaik. Usahakan untuk tidak menuliskan jawaban di judul, dengan kata lain judul yang Kamu buat baiknya adalah sebuah pertanyaan.

Salah satu contoh judul yang kurang tepat adalah "Obat ngorok atau pilek untuk ayam paling ampuh adalah medoxy LA". Ini merupakan cara membuat judul yang salah karena Jika begitu secara tidak langsung Kamu sudah memberikan jawaban, dan mereka tidak ingin mengetahui isi kontennya lebih lanjut, karena sudah tahu. Jadi akan lebih baik jika judulnya di ubah menjadi sebuah pertanyaan atau sesuatu yang membuat orang penasaran seperti "Obat ngorok dan CRD paling ampuh untuk ayam". Judul seperti itu akan menimbulkan rasa penasaran bagi orang yang membacanya, dan peluang agar mereka membaca isi kontennya juga akan semakin besar. Jadi misal ada orang yang browsing di google dan menemukan judul itu, pasti di klik karena dia butuh obat yang paling ampuh untuk penyakit ngorok pada ayam. paham?

Buat Thumbnail Yang Unik dan Heboh

Bukan hanya konten di Youtube saja yang perlu untuk membuat thumbnail yang unik dan heboh, tetapi konten di blog juga membutuhkan itu. Terserah thumbnail yang di gunakan mau bagaimana, tidak ada standar unik dan hebohnya seperti apa dalam hal ini. Jadi Kamu harus memikirkan sendiri dengan ide gila yang terbaru. Yang terpenting jangan sampai thumbnail yang di gunakan itu menipu / click-bait. Artinya semua yang kamu tulis harus jujur, juga gambar gambar cantik juga harus jujur dan sesuai dengan thema yang sedang kamu tulis.

Gunakan Kata Sambutan / Pembuka Artikel

Tentu dalam setiap karya tulis sebuah pembuka sangatlah penting. Ini adalah awal bagaimana Kamu dapat mempengaruhi pembaca agar dapat mengetahui seluruh isi konten sampai habis. Ada banyak cara dalam hal ini, beberapa di antaranya yaitu memberikan salam, memberi alasan mengapa mereka harus membaca, hingga membahas latar belakangan dari konten yang di buat. Coba anda baca paragraf pertama tulisan ini, itu adalah kata pembuka untuk Cara Membuat Konten Blog Yang Menarik

Tulis Konten Dengan Gaya Seperti Berbicara

Banyak orang telah menyarankan blogger untuk menulis dengan gaya bahasa sendiri. dengan kata lain ini juga berarti menulis layaknya seperti kita sedang berbicara. Karena itu kita dapat menuliskan konten dengan lebih bebas, tidak kaku, dan lumayan mudah untuk di pahami. Bahkan jika Kamu sudah terbiasa, Kamu akan mampu untuk membuat konten tanpa perlu membutuhkan banyak referensi, atau malah tidak butuh sama sekali. Selama materi kamu kuasai maka bahasa akan mengalir sendiri selayak nya anda ngobrol dengan teman. Jadi stop menggunakan bahasa super baku yang malah membuat pembaca gak nyaman.

Gunakan Ilustrasi Gambar Di Setiap Sub-Judul

Ilustrasi berupa gambar memang tidak begitu penting jika di gunakan pada tiap sub-judul konten opini, asumsi, ataupun gagasan. Pasalnya hanya akan membuat halaman menjadi semakin lebih berat, karena semakin banyak ilustrasi gambar juga berarti ukuran berkas halaman semakin besar dan lama untuk di muat. Tetapi jika konten Kamu adalah tentang tutorial yang teknis, dan butuh penjelasan lengkap seperti misal nya cara mengolah data raster pada pemetaan menggunakan satelit landsat , maka Kamu perlu untuk menggunakan ilustrasi dan gambar langsung karena jika tidak ini dapat berpotensi membuat pembaca Kamu bingung dan tersesat. Dengan menggunakan gambar tiap tutorial nya akan lebih mudah di pahami.

Hindari Timbulnya Pertanyaan Baru Di Dalam Konten

Usahakan selalu agar pengunjung puas dan mendapatkan jawaban tentang sesuatu yang sedang di pikirkan. Jadi setelah mereka membaca konten Kamu, pastikan mereka telah mendapatkan apa yang sedang di cari / pertanyakan dan tidak menanyakan hal lain. Utamakan tidak ada munculnya pertanyaan-pertanyaan baru yang di sebabkan konten Kamu. Mungkin dengan membahas lebih detail / lengkap serta menjelaskan istilah maupun singkatan yang Kamu tulis dan menyajikan fakta / bukti otentik adalah yang terbaik.

Cantumkan Link Eksternal Maupun Internal

Konten akan sangat hambar rasanya jika tidak ada link atau tautan di dalamnya, seperti seakan-akan terlalu sempit dan hampa. Jika Kamu membahas sesuatu, misalnya tentang SEO (search engine optimization). Pasti akan mengacu pada pedoman search engine seperti Google, Bing, dan Yandex. Ketika itu Kamu bisa menyisipkan tautan menuju halaman pedoman masing-masing search engine / link eksternal (url menuju situs lain). Ini dapat menjadikan konten Kamu terlihat lebih luas, terbuka, meyakinkan dan tidak seperti mengada-ada.

Jika Kamu mempunyai konten terkait, atau artikel yang juga berkaitan dengan suatu pembahasan lain yang sudah pernah blog Kamu bahas sebelumnya, cantumkan itu di dalamnya. Tidak hanya berguna agar pengunjung dapat mengetahui sesuatu yang mungkin belum di ketahuinya. Ini juga dapat meningkatkan page view untuk blog Kamu. Hal tersebut di kenal dengan sebutan internal link, berikan itu di dalamnya. Jangan terlalu banyak, alangkah lebih baik tidak lebih dari 3 tautan.

Tidak Mengulang Banyak Kata Yang Sama

Ini dia yang sering menjadi sebuah permasalahan penulis / blogger pemula. Terlalu banyak mengulang kata-kata yang sama di setiap konten yang di buat. Biasanya kata yang sering di ulang adalah judul dan nama. Mereka sulit mengungkapkannya dengan kata dia, mereka, tersebut, itu, ini, dan sebagiannya. Karena belum terbiasa menulis mereka cenderung sering melakukannya, padahal hal tersebut sangat tidak baik untuk SEO. Tetapi tidak apa-apa, itu adalah hal yang sangat wajar. Jika Kamu masih mengalaminya, Kamu harus sering berlatih sesering mungkin.

Jangan Bertele-Tele / Berbelit-Belit

Salah satu faktor konten Kamu tidak menarik dan tidak enak di baca adalah karena tidak to the point. Kamu lebih banyak mengungkapkan hal-hal yang tidak penting dan tidak seharusnya untuk di tulis. Dengan kata lain ini bisa di sebut juga kurang relevan. Pengunjung Kamu hanya ingin mengetahui inti dari konten yang di buat, bukan hal lain-lain. Jadi sebisa mungkin untuk tidak melebar dari pembahasan, langsung saja berikan pernyataan yang jelas.

Pastikan Konten Dapat Di Muat Dengan Cepat

Yang terakhir ini berkaitan dengan kualitas hosting, template, dan media-media yang di gunakan pada blog Kamu. Yang pertama yang harus Kamu perhatikan adalah ukuran berkas gambar yang di gunakan. Pastikan setiap gambar selalu di kompres sebelum di unggah. Usahakan juga untuk tidak menggunakan fitur-fitur yang kurang penting, Kamu bisa melepas widget yang tidak terlalu di butuhkan. Sebagai contoh, Kamu bisa melihat sangat sederhananya tampilan blog yang sedang Kamu baca ini. Sangat cepat, ringan dan tidak menggunakan banyak pernak pernik.

Oleh karena itu mungkin Kamu perlu memikirkan juga template blog yang akan di gunakan, pakai template terbaru, atau template yang selalu terupdate secara rutin mengikuti perkembangan. Jika Kamu menyewa hosting untuk blog, pastikan hosting sudah menggunakan teknologi terbaru. Memiliki kecepatan yang baik dan minim dari masalah teknis. Jika hal itu sudah benar-benar baik. Maka pengunjung akan senang ketika konten Kamu dapat di akses dengan sangat cepat. mereka juga akan nyaman ketika membacanya. 

Demikian lah cara membuat konten blog yang menarik dan banyak diminati banyak orang. Semoga bermanfaat.