Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Ngorok dan CRD Paling Ampuh Untuk Ayam

Obat ngorok atau cekrek paling ampuh untuk ayam akan saya sharingkan pada postingan kali ini, walaupun sudah pernah kita bahas pada postingan obat pilek dan snot pada puyuh. Cara mengobati penyakit pilek, cekreh, CRD juga snot pada unggas itu pada dasarnya semua hampir sama, baik obat pilek ngorok untuk ayam, atau puyuh juga obat pilek dan ngorok untuk bebek. Intinya semua jenis unggas kurang dan lebih nya pengobatan nya hampir sama, yang membedakan nya adalah dosis nya karena ada sebagian obat yang kita berikan sesuai dengan berat bobot per Kg nya.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit pada unggas yang sering sekali menyerang adalah penyakit jenis pilek atau ngorok ini, yang sebagian peternak mengatakan penyakit cekrek (karena suara batuk nya saat sakit cekreh /cekrek). Pilek atau cekrek ini adalah momok yang kerap menghantui para peternak unggas baik ayam pedaging, ayam petelur, puyuh maupun jenis unggas lain nya.

Pengertian ngorok dan crd pada unggas

Sebenar nya apa  penyakit ngorok atau pilek pada unggas ini? Secara sederhana ngorok atau pilek adalah penyakit infeksi saluran pernafasan yang mana bisa terjadi karena banyak faktor. Penyakit ngorok dan pilek pada unggas ini jika tidak segera diobati akan bertambah parah dan bisa menjadi SNOT dan CRD komplek dan pada beberapa kasus bisa sampai bengkak dan berair bahkan menyebabkan kematian.

Akibat yang timbul karena penyakit CRD pada unggas

Untuk ayam petelur penyakit ngorok dan CRD ini jelas menyebabkan turun nya produksi bahkan bisa sampai drop produksi sekitar 40 hingga 60% tergantung kondisi nya. Jika tidak segera di tangani maka ayam menjadi lemas, nafsu makan menghilang bahkan bisa mengakibat kan kematian.

Untuk ayam pedaging ngorok, pilek, atau snot dan crd ini bisa menyebabkan pertumbuhan bobot badan yang lambat dan ayam menjadi malas makan dan lesu yang akibat nya adalah ketidak seragaman bobot pada saat panen yang tentunya akan mengakibatkan kerugian.

Ciri ciri ayam terkena CRD

Mengapa CRD ini sangat mengganggu perkembangan unggas? Karena dengan adanya gangguan pada sistem pernapasan akibat infeksi CRD komplek, akan menyebabkan asupan oksigen berkurang dan proses metabolisme tubuh akan terganggu sehingga pertumbuhan ayam pun terhambat dan efisiensi ransum menjadi jelek. Alhasil ayam terlihat murung, lesu, bahkan banyak yang berdiam diri, sayap turun dan ada leleran pada ingus. Dalam kasus parah akan bengkak bengkak bahkan akan timbul infeksi juga nanah.

Jadi secara khusus ciri-ciri unggas yang terserang penyakit CRD antara lain batuk, adanya suara “ngorok” saat berafas, atau cekrek dan adanya leleran  dari hidung, dan kebengkakan muka.

Penyebab penyakit ngorok dan CRD pada ayam dan unggas

Apa penyebab pilek dan CRD pada ayam dan unggas ini? Sebenar nya jika kita bertanya penyebab utama penyakit cekrek pada ayam dan unggas ini akan ada banyak faktor yang muncul.

Penyakit ngorok dan CRD bisa terjadi karena faktor lingkungan misalnya pergantian musim, perbedaan suhu yang ekstrim saat siang dan malam hari, terutama saat musim penghujan tiba. Kurang lebih sama lah seperti manusia yang terkadang pilek saat musim dingin tiba.

Penyakit pilek dan CRD ini juga muncul karena tingginya kadar amonia dalam kandang.Kotoran yang basah dan kurang bersih nya kandang sangat memicu muncul nya penyakit ngorok ini, terlebih bagi kandang yang sirkulasi udara nya kurang baik dan pengap. Maka nya Pada Jenis ayam pedaging biasa nya penyakit ini menyerang pada usia 15 sampai 25 hari karena tinggi amoniax pada saat umur tersebut.

Bagaimana cara mencegah penyakit CRD pada ayam dan unggas

Pencegahan penyakit ngorok, cekrek dan juga CRD pada ayam dan unggas lain adalah dengan permbersihan kandang dan semua peralatan nya. Termasuk juga pembersihan kotoran sehingga amoniax tidak naik.

Pencegahan penyakit CRD ini juga dapat dilakukan dengan memperkuat sistem kekebalan unggas. Salah satu cara yang mudah dan murah untuk menjaga sistem kekebalan unggas adalah dengan memberikan Jamu herbal pada unggas. Untuk cara membuat nya anda bisa baca cara meracik jamu herbal pada unggas

Obat Ngorok dan CRD Paling Ampuh Untuk Ayam

Setelah anda paham tentang apa itu penyakit CRD dan apa saja faktor yang bisa menyebabkan CRD ini maka sekarang mari kita bahas obat apa yang paling bagus untuk ngorok pada ayam dan unggas ini.

Yang perlu anda pahami apa yang saya sharingkan tentang obat paling ampuh untuk pilek pada ayam ini adalah apa yang telah kami praktek kan pada peternakan kami Tambang Unggas yang kami miliki. Bisa saja orang lain memiliki ilmu yang berbeda karena banyak sekali obat pilek CRD yang beredar di luaran sana. 

Secara umum dan yang sering di gunakan obat pilek dan ngorok pada unggas adalah sebagai berikut:

  1. Trimezyn , di kasih di air minum 3-5 hari (dosis 2x yang tertera di bungkus)
  2. Neo Meditril di kasih di air minum 3-5 hari (dosis 2x yang tertera di bungkus)
  3. TETRA CHLOR baik yang minum maupun yang kapsul
  4. Teraphy di kasih di air minum 3-5 hari (dosis 2x yang tertera di bungkus)

Sebenar nya obat di atas sudah cukup baik untuk mengobati ayam yang ngorok dan pilek serta CRD namun sesuai judul kami hanya sharing apa yang telah kami praktek kan dalam mengatasi CRD komplek ini.

Jadi obat pilek, CRD, SNOT untuk ayam paling ampuh versi kami adalah :

1. ANTI SNOT DAN CRD UNTUK UNGGAS KAPSUL


Adapun obat ini Komposisinya adalah Tiap Kapsul mengandung Enrofloxacine 50 mg

Indikasi dari obat anti snot dan CRD adalah:

  • Korisa (Snot, pilek , muka bengkak)
  • CRD (Batuk , ngorok)
  • Kolera (Berak hijau)
  • Pullorum (Berak putih)
  • Salmonellosis (Berak kapur)
  • Infeksi bakteri gram positif dan gram negatif
  • CRD kompleks (Colibacilliosis , streptococosis , staphylococcosis)
  • Anti infeksi Mycoplasma pada unggas

Dosis & Cara Pemakaian nya : 2x sehari 1 kapsul dicekokkan langsung melalui mulut/paruh dan Berikan selama 4-5 hari berturut-turut.

Jadi misal ayam atau unggas anda memiliki gejala di atas obat ini bisa anda berikan. Walaupun agak repot karena di cekok kan. Obat di atas biasanya kami pakai untuk ayam jago, dan ayam kampung yang kami miliki. Untuk ayam petelur dan broiler tidak rekomended. Bukan soal kwalitas obat tapi karena system cekok yang sangat merepotkan jika skala banyak. 


 2. Injeksi MEDOXY-LA

Bagi peternak ayam petelur dan broiler obat ini pasti sudah hapal. Yup MEDOXY-LA merupakan sediaan injeksi yang mengandung Oxytetracycline yang efektif terhadap sebagian besar bakteri Gram (-) dan Gram (+) dengan ketersediaan obat dalam darah tetap pada level pengobatan dalam jangka waktu yang lama. Obat Injeksi MEDOXY-LA ini sangat ampuh mengobati berbagai penyakit seperti :

  • CRD (ngorok)
  • korisa (snot, pilek, muka bengkak)
  • kolera (berak hijau)
  • infeksi bakteri Gram (-) dan Gram (+) yang resisten terhadap Penicillin

MEDOXY-LA  ini disuntikkan secara intramuskuler (tembus daging/otot) pada hewan besar atau subkutan (bawah kulit) pada unggas dengan dosis Unggas: 0,25 ml tiap kg berat badan dan Penyuntikan cukup 1 kali. Pada kasus yang kronis, ulangi penyuntikan setelah 3 hari.

Bagi peternak ayam broiler dan petelur maka medoxy LA ini kami rekomendasikan. Kualitas nya bisa anda buktikan lah. Cara menyuntik nya silahkan tanya langsung pada penjual obat nya karena kalau kami jelaskan terlalu panjang, atau anda bisa cek di Youtube.

 

3. Injeksi Vet strep

Obat snot, pilek dan CRD no 3 rekomendasi kami ini mirip no 2 karena masih 1 produk. Jika disuruh memilih, kami lebih sering menggunakan Vet Srep ini tapi kami campur dengan pelarut nya yaitu Vitamin B komplek (masih 1 produk juga). Anda bisa cek youtube cara mencampur ini.

Perlu kami tegaskan bahwa injekB komplek campur vet strep ini sangat ampuh sekali untuk pengobatan CRD, korisa (gangguan saluran pernapasan, seperti: batuk, napas bunyi, muka bengkak, susah napas dan pilek). 

Vet strep adalah obat suntik dengan kandungan streptomycin untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri Gram (-) dan beberapa bakteri Gram (+) pada unggas, hewan besar, dan hewan kecil.

Dosisnya adalah 0,5-1 ml tiap kg berat badan diberikan sehari 1 x.

Sedangkan pelarut nya adalah Vitamin B komplek dimana B kompel ini berfungsi sebagai :

  • Menambah nafsu makan
  • Meningatkan daya tahan tubuh
  • Memperbaiki kekurangan vitamin

B komplek ini sangat bagus karena Tiap ml mengandung - vitamin B1, B2, B6, D-panthenol dan nicotinamida yang sangat penting untuk unggas.

Kesimpulan nya V Strep + B komplek ini sangat bagus untuk pengobatan karena lengkap, yaitu selain obat juga vitamin.

 

4. ENROMAS Obat CRD Oral

Bagi anda yang punya unggas sekala besar, misal nya peternak broiler dan peternak petelur jika mengalami masalah seperti pilek, ngorok, CRD dan malas untuk pengobatan melalui suntik maka salah satu obat pilek dan CRD pada ayam dan unggas yang ampuh versi kami adalah enromas ini.


Komposisi Enromas : Enrofloxacine 100 mg

Mengapa kami sangat merekomendasikan enromas ini untuk obat pilek dan CRD? karena hal hal di bawah ini yaitu:

  1. Mengandung antibiotik golongan fluroquinolone yang sangat bagus untuk membunuh kuman Mycoplasma Gallisrpticum (CRD/Ngorok)  dan kuman penyebab infeksi sekunder.
  2. Bersifat bactericidal yang aksinya merusak enzim DNA-gyrase bakteri
  3. Berbentuk cairan sehingga mudah dilarutkan dan cepat diabsorbsi tubuh hewan
  4. Aman dipakai dab tidak menyebabkan efek samping 
  5. Multifungsi sebagai obat CRD,  Colibacillosis,  Kolera ayam,  Snot (muka bengkak),  Salmonella
  6. Lendir lendir cepat keluar dan makan nya pun jadi lahap

Aturan pakai nya adalah Diberikan secara oral melalui air minun, untuk Unggas adalah 1 ml /2 liter air minum per hari atau setara dengan 0,1 ml/kg Bobot badan selama 3-5 hari berturut-turut. 

Jadi bagi anda yang mau simpel gak pakai ribet menyuntik maka Enromas wajib anda coba karena pemberian nya cukup mudah, cukup melalui air minum saja.

Kesimpulan Obat Ngorok, pilek Paling Ampuh Untuk Ayam

  1. Obat pilek, ngorok dan CRD pada ayam dan unggas lain nya ada banyak sekali di luar sana, maka silahkan memilih sesuai yang anda inginkan
  2. Jika setuju dengan pilihan dan rekomendasi dari kami silahkan pilih 4 obat CRD paling ampuh yang telah kami paparkan di atas
  3. Jika anda ingin pengobatan secara herbal yang juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan dan juga obat herbal pilek pada unggas bisa anda baca cara meracik jamu herbal pada unggas pada web ini
  4. Hal terpenting agar terhindar dari penyakit Pilek dan CRD adalah kebersihan kandang harus terjaga, amoniax harus terjaga, sirkulasi udara harus lancar. Jangan sampai kandang pengap dan berdebu.

Demikian lah sharing kami tentang Obat Ngorok dan CRD Paling Ampuh Untuk Ayam dan unggas lain nya versi kami semoga bermanfaat.