Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Ayam Petelur Agar Untung Besar

Cara Ternak Ayam Petelur Agar Untung

Cara Ternak Ayam Petelur Agar Untung ini perlu anda pahami mengingat beternak ayam petelur membutuhkan biaya yang sangat besar. Selain biaya besar ternak ayam petelur juga membutuhkan lokasi yang luas. Ingat tujuan ternak adalah suapaya memperoleh untung ya, bukan nya ternak malah merugi. Jadi jika anda tidak tau cara membuat untung besar tenak ayam petelur ini maka anda perlu mencoba ternak yang lebih kecil modal nya misal nya ternak puyuh, silahkan baca tips sukses beternak puyuh.

Cara ternak ayam petelur agar tidak rugi akan kita bahas pasa postingan ini dan langkah awal nya adalah anda perlu tau hal hal yang perlu anda lakukan dan terapkan dalam cara memelihara ayam petelur agar untung besar ini dan pastikan bisa anda pahami, jika ada yang masih belum paham silahkan tanyakan pada admin.

Hal hal yang harus anda lakukan supaya ayam petelur memperoleh untung besar dan bukan nya malah merugi adalah sebagai berikut :

Kondisi kandang yang ideal

Ingat, kandang adalah rumah utama bagi ayam. Jadi kandang harus ideal dan kondusif. Jadi cek apakah anda sendiri nyaman di kandang tersebut? 

Apakah panas? Bau? atau mungkin penuh dengan gangguan lalat? ini bisa anda rasakan ketika lama lama berada di kandang ayam petelur itu. Jadi jika anda saja tidak nyaman apalagi ayam, ini penting.

Ayam petelur butuh sirkulasi udara yang sangat lancar, jadi jangan sampai kandang ayam petelur anda pengap. Buka lah dinding nya dan pasang saja dengan kawat ram atau jaring agar sirkulasi udara nya lancar. Saya pastikan produksi telur anda tidak maksimal jika kandang ayam anda pengap dan panas.

Kotoran ayam tidak harus dibersihkan tiap hari, bahkan boleh 1 bulan, bahkan 1 tahun sekali baru dibersihkan, dengan catatan tidak pengap dan tidak bau. Banyak langkah atau cara mengatasi kotoran ayam petelur agar tidak bau ini, salah satu nya dengan cara menyiram dengan abu atau kapur dolomit tiap 1 minggu 1 kali. 

Jika anda dekat dengan pabrik tahu, minta lah abu bekas produksinya dan masuk kan karung. Tiap 1 minggu sekali taburkan abu bekas bakaran pabrik tahu itu pada kotoran ayam petelur. Cek apakah anda yang becek kotoran nya, jika ada taburi lagi dengan abu.

Penambahan abu pada kotoran ayam petelur ini juga sangat bagus buat pupuk. Nanti nya ketika kotoran ayam petelur itu sudah di bongkar maka kwalitas pupuk nya menjadi luar biasa karena sudah ada penambahan abu bakar nya.


Pahami semua perawatan nya 

Perawatan ayam petelur sebenar nya sangat mudah. Apalagi jika anda membeli bibit yang sudah besar, artinya tinggal perawatan rutin dan Jadwal vaksin saja yang perlu anda pahami. Jika bibit nya anda beli dari kecil maka anda perlu membaca cara perawatan ayam petelur mulai pertama. Cintai lah ayam selayak nya anak anda. Pahami apakah ada yang sakit atau lesu, apakah ada yang kurus, apakah ada yang kanibal sesama teman. Ini penting sekali


Belilah pakan yang berkwalitas

Pakan yang berkwalitas adalah hal pokok dan wajib yang harus anda perhatikan. Baik pakan adukan sendiri atau pakan jadi bukan masalah yang penting harus berkwalitas. Kwalitas dalam hal ini adalah pakan tersebut protein dan gizi nya tercukupi dan pakan dalam kondisi bagus alias tidak berjamur dan tidak berbau apek. Hindari menumpuk pakan dalam jumlah banyak apalagi masa penghujan, karena bisa berbau apek dan timbul nya jamur.


Sesuaikan dengan pas takaran pakannya

Ayam petelur makan sesuai dengan umur nya. Takaran yang pas sesuai dengan umur harus anda terapkan agar tidak rugi dalam ternak ayam petelur ini. Silahkan baca cara pemberian pakan ayam petelur agar anda menjadi paham dan tidak salah. 

 

Waktu makan yang terjadwal

Waktu pemberian pakan ayam petelur juga harus konstan agar ayam sudah terbiasa dengan jadwal ini. Ayam petelur diberikan makan 2 kali dalam sehari yaitu pagi sekitar pukul 6- 9 pagi dan sore mulai pukul 1- 4 sore. Kami menerapkan waktu terbaik ayam petelur makan adalah pukul 6 pagi dan makan sore ayam pada pukul 2 siang.

 

Tambahkan vitamin ayam petelur

Vitamin perlu anda tambahkan saat saat kondisi tertentu. Misal nya saat panas menyengat, atau saat musim penghujan. Anda bisa memberikan vitastress atau yang lain nya.

Buatkan Jamu herbal untuk kesehatan jangka panjang pada ayam petelur anda. Jamu herbal ini selain murah juga sangat manjur untuk menjaga kesehatan ayam jangka panjang dan untuk kekebalan tubuh ayam itu sendiri. Kami sudah buat kemaren cara meracik jamu herbal pada unggas

Vitamin selain lewat air minum juga bisa anda kocorkan pada pakan sisa pagi sebelum makan siang/sore. Misal nya ayam makan sore jam 2 siang. Maka jam 1 siang, cek apakah ada sisa pakan pagi? jika ada, maka pada kondisi hari yang panas kocor lah pakan tersebut dengan vitamin yang anda larukan dalam air dan masuk kan pada botol dan kasih lobang. Pasti ayam akan lahap menghabis kan sisa pakan ini.

Selain sebagai vitamin cara ini juga efektif dalam menghabiskan sisa makan pagi pada ayam itu. Tapi langkah ini jangan anda lakukan pada makan sore karena takut tidak habis dan ada timbul jamur. Lakukan hanya pada sisa makan pagi saja, artinya siang hari dan lakukan hanya pada musim panas. Jangan pada musim penghujan.


Gunakan pakan alternatif dan pakan tambahan 

Bila memungkin kan anda lakukan, pemberian pakan alternatif ini juga penting. Bukan soal hemat pakan, namun pakan alternatif bisa menjadi sumber kesenangan baru bagi ayam dan sebagai sumber mendapatkan vitamin dan gizi dari sumber laen. 

Azolla microphylla merupakan salah satu pakan alternatif ayam petelur yang kami rekomendasikan. Anda juga bisa menggunakan pakan pakan alternatif tambahan lain nya. Yang perlu anda perhatikan adalah pakan alternatif ini sifat nya hanya pakan tambahan ya, bukan pakan pengganti. Artinya pakan tetap sesuai dengan standar yang ada, nah pakan alternatif ini hanya pakan tambahan saja yang sifat nya sama seperti kita sudah makan kenyang namun masih beli jajan atau masih beli gorengan. Paham?


Cek ayam secara berkala

Pengecekan ayam petelur secara berkala ini wajib anda lakukan. Pengecekan ini meliputi cek kesehatan secara umum yang tampak dan cek juga kondisi tabel jumlah telur yang dihasilkan. Agar tidak rugi ternak ayam petelur yang penting adalah anda harus punya tabel penghasilan telur tiap hari nya.

Dari tabel yang ada cek, apakah ada hasil yang mencurigakan. Misal nya turun drastis secara terus menerus dan lain nya. Jika ada penurunan telur secara terus menerus maka cek apakah ayam tersebut sakit atau sehat. Jika sehat maka cek apakah aktif bertelur. Cara mengetahui ayam masih aktif bertelur atau tidak ini bisa anda terapkan dengan memberikan tanda pada kotak/sekat nya. 

Ayam petelur biasanya kan 1 sekat 1 ekor atau 2 ekor paling banyak. Jadi pada saat ambil telur cek, jika kosong maka kasih tanda pakai spidol pada kotak nya. Lakukan ini dalam 1 minggu. Jika masih kosong cek dan afkir saja secara bertahap. Intinya jangan memelihara ayam yang tidak menghasilkan telur. 


Buat pemasaran ring 1 dan 2

Pemasaran ini meliputi pemasan telur dan ayam afkir. Kita sama sama tau ketika kita sudah memutuskan untuk beternak ayam petelur pasti kita memiliki link penjualan ring 1, alias sudah ada penampung telur nya. Bahkan untuk sekala besar sudah ada DO telur nya.

Nah selain sudah ada langganan maka anda perlu juga menjual langsung telur nya pada konsument dengan membuka toko baik offline maupun online. Ini anda lakukan agar dapat harga yang lebih baik. Ini juga bisa untuk menjual 1 atau 2 ekor ayam yang di afkir sebelum usia afkir. Yang tidak bertelur afkir lah secara bertahap dan jual langsung.

Nah jika semua langkah di atas anda lakukan saya pastikan Cara Ternak Ayam Petelur Agar Untung Besar ini sukses. Intinya anda harus pintar dan paham soal ayam dan jangan lupa terus belajar. Masuk lah pada forum forum ayam petelur di FB atau baca baca artikel tentang ilmu ayam petelur di internet agar semakin luas wawasan anda tentang ayam petelur ini.


Terimakasih telah berkunjung ke web pintu dunia dan membaca Cara Ternak Ayam Petelur Agar Untung Besar semoga ternak anda semakin maju dan besar. Salam suskes selalu