Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemberian Pakan Ayam Petelur

Jika Kemarin kita telah membahas Cara merawat telur mulai pertama sekarang mari kita bahas tentang Cara Pemberian Pakan Ayam Petelur yang pas karena jika kita salah dalam tehnik pemberian pakan ayam petelur tentu hasil nya tidak akan maksimal. Tehnik memberi makan ayam petelur adalah faktor yang penting dalam beternak ayam petelur

 Cara Pemberian Pakan Ayam Petelur

Berikut Cara pemberian pakan ayam petelur yang pas dan terbukti paling sukses yang kami ketahui, simak penjelasan kami di bawah ini : 


A. Pastikan anda memberi pakan pada ayam petelur sesuai dengan umur dan sesuai dengan takaran nya

Ingat ayam petelur beda usia beda pula cara pemberian pakan, maka nya ada istilah fase pada ayam petelur. Fase fase pada ayam petelur kurang lebih seperti ini:

  1. Fase Pre starter yaitu umur 0-5 minggu.
  2. Fase Starter yaitu umur 6-10 minggu.
  3. Fase Grower yaitu umur 11-15 minggu.
  4. Fase Pre Layer yaitu umur 16-18 minggu.
  5.  Fase Layer 1 yaitu umur 19-50 minggu (masa produktif)
  6. Fase Layer 2 yaitu umur 51 minggu hingga afkir.

 

Artikel yang mungkin anda sukai :

  1. cara merawat ayam petelur mulai pertama
  2. pakan alternatif ayam petelur
  3. pakan adukan sendiri atau pakan jadi?


Dari semua Fase di atas yang perlu anda ingat benar adalah fase Pre starter sampai grower

Cara pemberian pakan ayam petelur pada masa Pre starter sampai grower adalah dengan full stock. Ini adalah cara yang terbaik yang pernah kami lakukan. Bagi anda yang membeli pullet maka hal ini tidak perlu dilakukan karena biasanya pulet dibeli sudah masa pre layer. Bagi yang memelihara ayam petelur mulai menetas atau 0 hari maka masa Pre starter sampai grower adalah masa emas. Ibarat manusia adalah usia balita, maka asupan gizi penting sangat dibutuhkan di usia ini. Paham?

Maka pada usia Pre starter sampai grower pakan kan masih pakan pembesaran, atau sama seperti pakan ayam pedaging. Biasanya kami pakai BR1 nya dari japfa, atau bisa anda gunakan yang lain, asal pakan pedaging dan protein nya tinggi bisa anda gunakan, bebas. 

Jadi pada masa Pre starter sampai grower ini pakan kita berikan full, artinya stock pakan tidak pernah habis. Tiap mau habis kasih lagi. buat saja wadah pakan yang besar

Wah nanti boros? 

Justru makan yang di takar lah pada masa ini yang boros. Kenapa? Karena saat pakan habis, dan saat jam makan maka dia akan berebut makan karena takut kehabisan. Sedangkan jika pakan full ada maka dia akan santai, toh makan tetap ready, dan dia tidak akan pernah berebut pakan. lapar makan, kenyang tidur dan santai. Paham? Jadi tidak ada istilah nimbun pakan agar kenyang, karena pakan full stok bro.

Intinya pada masa emas ini kejarlah target bobot semaksimal mungkin dan jangan sampai ada istilah kekurangan pakan. Bila ini anda lakukan saya jamin kwalitas bibit atau calon petelur mu luar biasa.

Ingat cara di atas hanya pada masa EMAS ya....yaitu usia  Pre starter sampai grower

 

Setelah anda paham, sekarang kita bahas fase Pre Layer dan Fase Layer sampai ayam petelur afkir. 

Pada fase ini pakan sudah harus di takar yaitu 110 -120 gram per ekor per hari. Artinya maksimal anda kasih pakan per ekor adalah 120 gram, artinya untuk ayam 100 ekor maksimal pakan dalam 1 hari adalah 12 Kilo. Paham? Kalau sebelum usia Layer maka boleh kurang, tapi jika sudah Layer dan sudah mulai bertelur maka di usahakan harus 120 gram per ekor, kalau kurang boleh lah sedikit saja.

Tapi tetep kondisional ya...misal nya kondisi panas full dan cenderung makan dikit ya kurangi, artinya jangan sampai pakan menumpuk dan akhir nya basi.


 
 waktu pemberian pakan ayam petelur

B. Waktu pemberian pakan pada ayam petelur.

Setelah ayam petelur memasuki usia petelur atau layer, otomatis pakan sudah pakan layer. Nah yang jadi pertanyaan adalah kapan waktu terbaik memberi makan ayam petelur? Sebenar nya waktu terbaik ini relatif, artinya tiap peternak dan tiap daerah akan berbeda, akan tetapi dari pengalaman kami waktu terbaik pemberian pakan ayam petelur adalah pagi dan sore hari. 

Kenapa? 

Karena pagi pagi adalah kondisi ayam lapar dan sesuai kodrat hewan. Anda lihat ayam liar? Pagi hari pasti pergi mencari makan. Nah ayam petelur juga sama, pagi pagi harus anda kasih pakan. 

Ayam petelur kami selama ini makan jam pagi sekitar jam 5.30 sampai jam 7 wib, antara jam ini lah makan pagi nya. Jam makan sore ayam petelur antara jam 2 sampai jam 5 sore.

C. Cara memberi makan ayam petelur

cara pemberian pakan ayam petelur adalah dengan di timbang per hari di bagi 2. Misal nya anda punya ayam petelur 100 ekor, artinya pakan nya adalah sekitar 12 kg per hari. Maka timbang lah menjadi 6 kg saja semua pakan yang ada.

Pada pagi hari kasih 1 karung nya (6 kg) dan pada sore hari juga 6 kg...jadi pakan se hari di bagi 2 ya...agar rata pemberian pakan nya. 

Cara paling mudah adalah hitungan kilo yang sudah pas anda masuk kan dalam wadah ember, lalu jadi kan itu takaran. Jadi tidak perlu di timbang lagi. Misal 6 kg itu adalah 1 ember tempat cat..maka tiap kasih makan adalah 1 ember cat saja...tak perlu di timbang agar tidak buang buang tenaga. Paham?

Penting sekali dalam cara pemberian pakan ayam petelur ini adalah menjaga kwalitas pakan tetap baik. Yang sering jadi masalah ada ketika anda membuat pakan adukan sendiri, biasa nya kwalitas bekatul nya buruk dan terkadang ada jamur yang jamuran atau berbau tengik. Ini jangan sampai terjadi. 

catatan penting soal pakan ayam petelur

Cara membuat pakan senantiasa fresh adalah ketika stock pakan banyak maka jangan lupa kondisi ruangan pakan jangan lembab dan berilah alas dari papan dengan pola tingkat (tidak menyentuh tanah). Ingat jangan menumpuk pakan terlalu banyak, pastikan habis sebelum mulai berjamur, terutama jagung yang sering berjamur. cek secara berkala

Hal yang penting soal pakan lagi adalah, awasi dari serangan hama tikus. Biasanya tikus sering sekali menyerang gudang pakan petelur ini. Jadi pasang lah banyak jebakan tikus atau pelihara lah beberapa ekor kucing yang anda tempatkan di gudang pakan ayam petelur. Ingat....tikus adalah pembawa penyakit.


Demikian share kita tentang Cara Pemberian Pakan Ayam Petelur semoga bermanfaat, terimakasih atas kunjungan anda di web pintu dunia.