Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Followers Instagram Berkurang

Penyebab Followers Instagram Berkurang - Belakangan Ini Banyak Yang Bertanya Tentang Apa Penyebab Followers Instagram Berkurang? Jika Kamu Punya Banyak Pengikut instagram maka anda Perlu Tahu Hal Ini. Memang menjengkelkan apabila jumlah followers kita tiba-tiba berkurang drastis, ataupun secara perlahan. Pasti ini akan sangat berdampak terhadap popularitas dan kredibilitas akun, hal ini dapat menjadi masalah yang cukup serius untuk bisnis / profesional. 

Pada saat lalu kita telah membahas cara membuat pengikut istagram menjadi banyak, dengan cara yang telah kita bahas tersebut tentu membuat pengikut instagram anda naik drastis. Jadi alangkah sayang jika pengikut yang sudah banyak tersebut berkurang secara berlahan.

Nah Karena hal itu, saya mencoba untuk memberikan pandangan tentang apa yang menjadi penyebab terjadinya penurunan angka pengikut di Instagram. Langsung simak, semoga bermanfaat!

Menggunakan Auto Followers

Yang pertama harus di ketahui tentang penyebab followers instagram berkurang, Apakah Kamu adalah pengguna auto follower? Pernah menggunakan layanan penambah pengikut instan? Jika pernah maka alasan pertama mengapa pengikut Kamu berkurang adalah hal ini, menggunakan cara yang di larang oleh Instagram untuk mendapatkan popularitas dengan cepat.

Saat ini banyak platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter telah berupaya keras untuk memberantas akun bot / palsu yang di gunakan untuk menambah pengikut dan interaksi seperti like hingga komentar secara tidak wajar (bukan pengguna asli). Jadi jika begitu jangan heran apabila followers Kamu berkurang, mungkin saja Instagram telah menghapus akun bot / palsu yang mengikuti Kamu.

Bahkan tidak hanya followers yang berkurang, mungkin like dan komentar juga akan menghilang jika Kamu menggunakan cara yang curang. Solusi dari masalah ini tidak ada, Kamu hanya perlu untuk tidak menggunakan auto followers lagi. Bahkan saat ini akun yang menggunakan hal tersebut, juga berpotensi untuk di banned / suspend.

Tidak Memposting Dalam Waktu Yang Lama

Jujur saja, saya sering melakukan unfollow (membatalkan untuk mengikuti akun seseorang). Terutama akun yang sekiranya tidak aktif lagi, asumsi pertama dalam hal ini adalah akun yang tidak lagi memposting sesuatu dalam waktu yang lama. Tetapi ada pengecualian di sini, jika akun yang tidak aktif dalam waktu yang lama adalah akun teman atau orang di kenal (sering bertemu), maka saya tidak akan melakukan unfollow.

Instagram sangatlah luas, relasi kita bukan hanya pada orang yang di kenal. Di platfrom ini kita bisa saja mengenal lebih banyak orang, bahkan orang-orang yang belum pernah bertemu sebelumnya. Mereka yang belum pernah bertemu, sering kali tidak menoleransi dalam bentuk apapun untuk unfollow akun Kamu.

Karena mereka akan mengasumsikan bahwa akun Kamu tidak akan memberikan interaksi apapun lagi untuknya, misalnya like dan komentar. Oleh karena itu, jangan sampai akun Instagram Kamu kehilangan followers tak di kenal hanya karena akun Kamu terlihat seperti tidak aktif lagi.

Tidak Mengikuti Kembali Pengikut

Kamu harus menyadari bahwa beberapa pengguna di Instagram mengikuti Kamu hanya karena berharap Kamu mengikuti balik akun miliknya. Jadi ini seolah-olah adalah sebuah cara untuk menjadi teman, jika Kamu tidak mengikuti kembali mereka maka mereka akan berpikir bahwa Kamu tidak menerima mereka untuk menjadi teman Kamu.

Jadi karena hal itulah mereka berhenti untuk mengikuti Kamu, dan kini angka pengikut mengalami penurunan. Jika suatu saat nanti Kamu kembali kedatangan pengikut baru, berusahalah untuk mengikuti kembali. Dengan saling mengikuti ini akan menjalin sebuah keterikatan, jangan lupa untuk selalu memberikan like dan komentar positif untuknya, mereka akan menganggap bahwa Kamu berharga dan tidak pantas untuk di-unfollow.

Baru Saja Berhenti Mengikuti Banyak Akun

Yang berikutnya mirip dengan yang sebelumnya, jika membatalkan mengikuti banyak akun juga berarti tidak mengikuti kembali pengikut. Secara tidak langsung Kamu memberikan sinyal bahwa Kamu tidak lagi ingin berteman dengannya, atau setidaknya tidak lagi ingin melihat dan berinteraksi di postingannya. Jadi setelah Kamu berhenti mengikutinya, maka mereka juga akan berhenti mengikuti Kamu.

Jadi usahakan untuk tidak pernah unfollow akun yang sedang mengikuti Kamu, karena jika itu di lakukan maka Kamu akan di-unfollow juga. Apabila ingin berhenti mengikuti seseorang, pastikan orang tersebut adalah orang yang tidak mengikuti Kamu, sehingga profil Instagram Kamu tidak akan mengalami penurunan jumlah pengikut.

Pemilik / Tujuan Akun Sudah Berbeda

Salah satu yang bisa menjadi alasan selanjutnya adalah pemilik atau tujuan akun sudah berbeda, alias sudah bukan lagi sebagaimana seperti awal di-ikuti. Ini berlaku untuk akun Kamu maupun akun yang mengikuti Kamu, karena terkadang saat ini banyak akun pribadi yang di jual dan di gunakan untuk keperluan bisnis. Jadi karena akun bisnisnya tidak sejalan dengan pengikutnya, maka mereka akan berhenti mengikutinya.

Ini juga berlaku untuk akun Kamu sendiri, apakah Kamu baru saja mengganti akun bisnis menjadi akun pribadi? Atau baru saja membeli akun milik orang lain? Ketika pemilik dan tujuannya sudah berubah maka pengikut di akun Instagram tersebut akan berpaling. Mereka mengira ini tidak seharusnya untuk di-follow, karena ini bukan sesuatu yang penting lagi. Ini terlihat seperti spam untuknya, dan mereka memilih untuk tidak mengikutinya.

Kesalahan Sistem Atau Bug

Yang terakhir dari penyebab followers instagram berkurang. Tidak hanya aplikasi dan website yang baru di bangun saja yang dapat mengalami bug atau kesalahan yang tidak terduga. Aplikasi dan web sekelas Instagram juga masih memiliki potensi untuk mengalami hal tersebut. Baik itu dari kegagalan server, kesalahan penulisan kode, atau juga peretasan.

Bahkan dari perangkat yang Kamu gunakan juga bisa jadi penyebabnya, sampai dengan layanan internet yang sedang Kamu gunakan. Hal-hal teknis seperti ini memang sering menjadi kendala, perlu pengetahuan khusus untuk dapat menganalisisnya. Yang umumnya orang lakukan untuk mengatasi hal ini adalah membersihkan cache, install ulang, hingga memperbarui perangkat lunak.

Itu dia beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan followers Kamu berkurang dan tidak jelas. Kamu bisa melihatnya dari berbagai sudut pandang, baik itu dari developer Instagram, pengguna lain, maupun diri Kamu sendiri. Jika postingan saya tentang sosial media kali ini bermanfaat, jangan lupa untuk di bagikan.