Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Bengkel Mobil Ramai Pelanggan

Tips Agar Bengkel Mobil Ramai - Belakangan ini usaha-usaha baru bermunculan, mulai dari toko sampai dengan bengkel juga turut hadir di setiap pinggir jalan. Persaingan semakin ketat, keuntungan yang seharusnya meningkat malah menurun karena perginya pelanggan ke tempat-tempat lain, terutama yang lebih dekat.

Ketika perlu menerima kenyataan bahwa persaingan begitu keras, dan terus begitu setiap harinya. Jadi Kamu sebagai pemilik bengkel mobil perlu untuk membuat bengkel Kamu dapat bersaing dengan baik, bengkel mobil yang dapat bersaing adalah yang selalu ramai dan menjadi langganan banyak orang.

Namun untuk menjadi seperti itu tidaklah semua orang bisa, jangankan menjadi langganan orang-orang, untuk ramai saja rasanya seperti kurang mungkin. Jika begitu mari kita wujudkan membuat bengkel mobil Kamu ramai dan menjadi tempat langganan, di bawah ini caranya.

Berikan Harga yang Paling Murah

Tips agar bengkel mobil ramai, Secara logika orang-orang akan memilih apapun itu yang lebih murah, jadi jika bengkel Kamu memiliki harga yang terjangkau di seluruh layanan yang ada maka ini adalah alasan mengapa kini Kamu melihat bengkel memiliki pelanggan tetap, setiap bulan terdapat orang yang sama melakukan service di bengkel yang sama pula.

Bahkan ada beberapa bengkel mobil yang memberikan jasa gratis untuk menggantikan oli ketika pelanggan membeli oli. Meskipun pelanggan tetap perlu membayar olinya, jika bengkel membantu menggantikannya secara gratis ini benar-benar akan membuat pelanggan Kamu akan datang kembali ketika ingin mengganti oli lagi.

Perbanyak Metode Pembayaran

Saat ini kita sudah berada di era modern, segala teknologi telah membantu kita untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Oleh karena itu saya menyarankan bengkel Kamu untuk menyediakan metode pembayaran online, seperti e-wallet, m-banking, dan sebagiannya.

Mungkin seiring berjalannya waktu, Kamu akan mendapatkan pelanggan yang akan menanyakan metode pembayaran yang tidak ada di bengkel Kamu. Jadi usahakan selalu untuk menyiapkan metode pembayaran sebanyak mungkin dan ikuti tren metode pembayaran yang sedang berlangsung.

Pastikan Layanan Ramah dan Soluktif

Komunikasi dalam sebuah layanan sangatlah penting, jika Kamu ingin memiliki pelanggan tetap maka bengkel Kamu harus memberikan layanan yang ramah kepada pelanggan. Jika tidak ramah, pelanggan tidak akan pernah datang kembali. Selain itu bengkel juga harus selalu solukif, mampu menjadi penolong utama ketika pelanggan merasakan kesulitan tentang sesuatu.

Jika perlu berikan tips-tips yang perlu untuk mobil pelanggan Kamu, terutama ketika Kamu mengetahui bahwa pelanggan tidak cukup mahir dalam merawat mobil. Berikan sesuatu yang bermanfaat untuk pelanggan Kamu, mereka senang untuk menerimanya jika itu demi kebaikan mobil dan dirinya.

Percantik Interior dan Eksterior

Terkadang desain dari setiap bengkel juga akan memengaruhi sikap seseorang, semakin cantik desainnya maka semakin tinggi rasa ketertarikan seseorang. Ketika seseorang sudah tertarik maka ia akan mencobanya, jadi usahakan bengkel Kamu tampil menarik dan bersih sepanjang waktu.

Pastikan Bengkel Ada di Peta Digital

Ini menurut saya hal yang paling penting bagi anda yang membaca cara Agar Bengkel Mobil jadi Ramai Pelanggan karena saat ini ada banyak orang yang mencari bengkel mobil terdekat melalui ponsel setiap harinya, jangan sampai Kamu menyia-nyiakan hal tersebut. Sudah saatnya daftar ke Google Maps dan buat bengkel Kamu dapat dengan mudah ditemukan. Jangan lupa untuk unggah foto-foto menarik di dalam profilnya. Jika kamu tidak paham bagaimana cara agar tempat usaha mu muncul di google MAP silahkan baca cara agar tempat muncul di google map

Perlu di pahami jika bengkel mobil Kamu sudah ada di Google Maps, nantinya bengkel Kamu bisa mendapatkan sebuah review atau ulasan berupa tulisan yang akan sangat bermanfaat bagi bengkel mu. Semakin banyak ulasan maka tingkat kepercayaan orang-orang akan lebih tinggi, apa lagi jika ulasannya banyak yang positif. Jadi Pastikan Bengkel Ada di Peta Digital ya.....

Utamakan Kejujuran Dari Pada Keuntungan

Hal ini terkadang sering dilupakan oleh pelaku usaha, jika tidak rusak maka jangan dibilang rusak dan harus diganti demi sebuah keuntungan perdagangan. Kamu harus benar-benar transparan dalam hal apapun, jangan sampai pelanggan Kamu kecewa dan tidak pernah datang kembali.

Jika Kamu adalah pemilik bengkel, harap perhatikan bagaimana setiap karyawan Kamu bekerja. Jangan sampai ada kebohongan atas nama apapun. Ciptakan pembicaraan yang jujur dari mulut ke mulut, jangan sampai ketidakjujuran malah menjadi cap atau label bagi bengkel mobil Kamu.

Pastikan Mekanik Profesional dan Handal

Saat ini banyak sekali mekanik berpengalaman yang dapat Kamu percayakan untuk menjadi karyawan di bengkel Kamu, usahakan untuk selektif dalam hal yang cukup penting ini. Jika perlu pilih mereka yang tersertifikasi, mekanik yang profesional dan handal dapat menangani masalah dengan cepat dan mudah.

Apabila saat ini sudah memilikinya, perhatikan seperti apa keterampilannya. Jika buruk saya rekomendasikan untuk melakukan pelatihan. Kamu sebagai pemilik bengkel perlu untuk melatih semua karyawan agar dapat berkembang lebih baik, terutama untuk bengkel mobil Kamu.

Buat Ruang Tunggu yang Nyaman

Banyak orang yang tidak suka menunggu, begitulah umumnya manusia. Oleh karena itu Kamu harus membuat pelanggan tetap nyaman dan tidak resah ketika menunggu mobilnya yang sedang di service, akan sangat baik jika memberikan pendingin ruangan, koran, dan buku-buku otomotif.

Jika Kamu ingin benar-benar loyal terhadap pelanggan, maka Kamu bisa sediakan air minum dan makanan ringan gratis. Meskipun terlihat sepele, percayalah ini mampu membuat pelanggan Kamu senang, bahkan agar mereka menjadi langganan adalah hal yang sangat mungkin.

Lakukan Promosi Online dan Offline

Promosi adalah hal yang cukup penting bagi bisnis apapun, ini adalah cara untuk mengenalkan sesuatu pada banyak orang. Semakin baik promosinya maka semakin banyak orang mengetahui, bahkan bisa-bisa menjadi populer dan di rekomendasikan banyak orang. Kamu bisa melakukan promosi melalui internet maupun brosur yang dapat dibagikan pada warga sekitar.

Bangun Kedekatan Emosional Pelanggan

Jika bengkel Kamu tidak terlalu besar, ini merupakan hal yang bisa Kamu utamakan ketika bengkel sudah mulai berjalan. Biarkan pelanggan Kamu menjadi teman orang-orang yang ada di bengkel mobil Kamu saat ini, mereka akan merasa di spesialkan dan mempercayai bengkel Kamu sepenuhnya.

Bergabung Ke Komunitas Khusus

Komunitas mobil adalah tempat yang sangat tepat untuk mempromosikan bengkel mobil, Kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan di sana. Tetapi sebelum memulai mungkin Kamu harus aktif dan dikenal terlebih dahulu, sebaiknya ikuti kegiatan-kegiatan yang ada di komunitas tersebut seperti touring dan gathering.

Ketika orang-orang sudah mengenal Kamu dengan baik, dan Kamu juga sudah mengenal orang-orang yang ada di komunitas tersebut, kini sudah saatnya untuk mengenalkan bengkel Kamu lebih lanjut di sana. Selain itu, usahakan juga untuk menjadi bengkel gratis untuk beberapa saat di komunitas tersebut agar mereka dapat menjadi pelanggan di kemudian hari.

Lakukan Evaluasi Lebih Rutin

Pelaku usaha kadang-kadang melupakan evaluasi, padahal evaluasi adalah cara terbaik untuk dapat berkembang lebih maju. Perbaiki segala kesalahan yang ada sebelumnya dan cegah kesalahan itu jangan sampai terulang kembali. Coba buat jadwal evaluasi rutin untuk bengkel mobil Kamu, jangan lupa berdoa, itulah tips agar bengkel mobil ramai semoga sukses!