Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Katarak Pada Ikan Arwana

 


Cara Mengobati Katarak Pada Mata Ikan Arwana - Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias yang banyak dibudidayakan oleh para pecinta ikan hias. Ikan arwana selain memiliki bentuk tubuh yang cantik juga merupakan ikan yang sudah langka saat ini, sehingga wajar jika ikan arwana ini memiliki harga yang cukup mahal di Indonesia. Apakah anda merupakan salah satu pecinta ikan arwana ini? Jika iya maka artikel ini penting sekali anda baca.

Yang sering ditanyakan adalah Ada berapakah jenis ikan arwana yang sering dipelihara di akuarium yang ada di Indonesia ini? Untuk menjawab ini anda bisa membaca artikel kami pada postingan beberapa waktu yang lalu yang berjudul Jenis ikan arwana di Indonesia

Mengingat harga ikan arwana yang mahal tentu anda khawatir jika ada sebuah penyakit yang ada pada ikan kesayangan Anda ini. Lalu apa penyakit yang sering terjadi pada ikan arwana ini?

Penyakit yang sering muncul atau penyakit yang sering terjadi pada ikan arwana adalah penyakit mata katarak. Penyakit mata katarak pada ikan arwana atau sering juga di sebut dengan penyakit mata berkabut ini sebenarnya adalah jamur sehingga pada dasarnya tidak hanya menyerang pada mata ikan namun juga bisa menyerang pada sirip, pada pada ekor dan juga pada permukaan tubuh. 

Penyakit mata katarak pada ikan arwana atau orang biasa menyebut dengan penyakit mata berkabut atau penyakit mata salju adalah suatu penyakit dimana pada mata ikan arwana ada lapisan putih yang terlihat seperti jamur. Penyakit mata berkabut pada arwana ini jika tidak segera Anda atasi maka lama-kelamaan ini akan menyebabkan sebuah penyakit yang parah sehingga menyebabkan mata ikan arwana bisa menjadi buta.

Apa obat paling ampuh untuk mata katarak pada ikan arwana ini? Sebenarnya, obat paling ampuh mengobati mata katarak pada ikan arwana ini ada banyak sekali namun pada postingan kali ini saya akan memberikan tips cara mengobati mata katarak pada ikan arwana versi saya. Cara yang saya gunakan ini adalah hal yang paling mudah dan sudah 2x saya buktikan.

Oke sedikit saya cerita, Jadi beberapa minggu yang lalu ikan arwana kesayangan saya terkena penyakit mata katarak ini. Hal Ini terjadi karena saya sedang bepergian ke jawa sehingga air menjadi sedikit kotor karena istri saya tidak membersihkan nya. Begitu saya pulang dari jawa saya lihat mata ikan arwana saya ada lapisan kabut putih, ini lah yang di sebut dengan mata katarak pada ikan arwana. Kemudian saya searching di google dan mencari cara menghilangkan kabut katarak pada mata ikan arwana. Nah dari beberapa ulasan tentang tips ampuh mengatasi mata kabut pada mata ikan arwana versi google itu, kemudian saya saring dan saya ambil beberapa perlakuan dan saya terapkan. Tahapan atau langkah langkah mengobati mata katarak pada ikan arwana tersebut saya post sebagai berikut:

Tahapan Cara Mengobati Katarak Pada Ikan Arwana

Pertama : Cek dulu apa faktor penyebab utama mata ikan arwana kita sakit katarak ini? apakah mungkin menabrak dinding? atau hal lain? Pada banyak kasus, termasuk yang saya alami sendiri, untuk faktor penyebab mata katarak pada ikan arwana ini karena kurang bersih nya kwalitas air. Bisa jadi sudah lebih dari 15 hari air belum di bersihkan, atau filter/penyaring yang tidak berfungsi

Kedua : Setelah saya amati ternyata memang air yang kotor dan sedikit berjamur di dinding kaca nya, ini adalah penyebab utama mata ikan arwana saya berkabut

Ketiga : Air saya kuras sambil saya bersihkan setiap sisi kaca nya....posisi ikan arwana masih di dalam sehingga saya tidak kuras full....hanya smapai batas kira kira ikan masih bisa nyaman saja...air masih tetinggal sekira badan ikan masih full tertutup air....

Ke empat : Setelah semua sisi samping, atas, bawah dan semua bersih (termasuk pompa dan selang juga kita bersihkan) maka langkah selanjut nya adalah isi kembali dengan air bersih dan bening. isi seperti biasanya saja, tidak perlu ada perlakuan khusus. Banyak nya air juga seperti biasanya.

ke lima : Setelah air di isi, maka masuk kan garam. Bisa garam ikan, tapi bisa juga garam dapur yang kasar (saya pakai garam dapur kasar ini). Berapa banyak? kira kira saja....saya aquarium ukuran 100x50x50 dengan air sekitar 1 jengkal lagi full atas, saya kasih 3 sendok full garam dapur kasar.

Ke enam : Selain pompa yang biasanya hidup, tambahkan lagi dengan aerator juga...sehingga ada 2 sumber oksigen. Pompa dan filter jalan, aerator juga jalan. Saya pakai aerator yang 1 lubang. Jika pakai aerator yang 2 lubang  lebih bagus lagi.

Ke tuju : Setelah selesai semua, artinya aquarium dah bersih, dah di kasih garam, pompa dah jalan, aerator dah jalan maka langkah selanjut nya adalah setiap hari selama 3 hari berturut wajib kuras air dan bersihkan sampai air tinggal 1 jengkal.....cukup 3 hari saja ini ya....jadi selama 3 hari tiap hari air di kuras sampai sisa 1 jengkal.....setelah itu sama seperti di atas, artinya isi air baru lagi, kasih garam lagi, pompa hidup dan aerator hidup. Yang paling penting....selama 3 hari ikan tidak perlu di kasih makan...atau jika ingin di kasih makan cukup kasih biasa saja jangan sampai kenyang (kalau saya hanya 3 ekor ulat jerman per hari selama 3 hari ini)

Apakah perlu pakai heater/pemanas untuk mengobati Katarak Pada Ikan Arwana? Jika ada lebih bagus lagi...set pada suhu 30 sampai 32 saja gpp....tapi misal gak ada gak usah pakai juga gak masalah (saya sampai hari ini tidak pernah pakai heater)

Apakah perlu obat laen untuk mengatasi Katarak Pada Ikan Arwana ini? Tidak perlu...cukup lakukan hal hal di atas tersebut.

Oke setelah 3 hari di kasih perlakukan tersebut cek ikan nya. Ada perubahan tidak? sembuh tidak? jika masih belum sembuh total maka setiap 1 minggu 1 x wajib kuras sampai sisa air 1 jengkal dan kasih perlakuan yang sama. Paham?

Jika sudah sembuh maka jaga kwalitas air dan wajib kuras air sampai 1 jengkal setiap 15 hari sekali...ingat ini wajib ya...agar terhindar dari katarak dan penyakit lain nya.

Kesimpulan dari cara mengobati Katarak Pada Ikan Arwana

  1. Pengobatan mata katarak pada ikan itu hanyalah karena air kurang bersih jadi kuras air nya sesuai perlakuan di atas
  2. Setiap kuras air aquarium maka garam wajib masuk....jika tak punya garam ikan kasih saja garam dapur yang kasar.
  3. Waktu paling lama kita harus ganti air aquarium/ kuras adalah 15 hari...lebih dari itu tidak rekomendasi kecuali filter sangat bagus sekali.
  4. Selama perlakuan puasa kan ikan....atau kasih makan sedikit saja. Jangan sampai ada sisa makanan


Demikian lah Cara Mengobati Katarak Pada Ikan Arwana semoga bermanfaat