Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skripsi Experiential Marketing dan Loyalitas Pelanggan

Contoh skripsi jurusan ekonomi syariah fakultas Ekonomi dan bisnis islam dengan judul Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap  Loyalitas Pelanggan ini kami buat untuk mengajukan proposal skripsi tentang kepuasan pelanggan dalam hal ini kami mengambil sampel rumah bakan basuo.

A. Latar Belakang Masalah

Persaingan bidang usaha yang terjadi di era globalisasi adalah salah satu alasan utama terciptanya ragam produk dan ragam fasilitas dan pelayanan yang disuguhkan para pengusaha bisnis kepada konsumen. Dalam melakukan persaingan itu, sebuah perusahaan ataupun seorang pemasar harus memiliki keunggulan bersaing untuk dapat terus bertahan pada produk yang mereka tawarkan pada konsumen. 

Salah satu hal utama yang harus dilakukan untuk meraih keunggulan bersaing tersebut adalah dengan focus terhadap konsumen. Focus terhadap konsumen dapat dilakukan dengan memonitor pengalaman atau experiential yang dirasakan dari kontak tersebut.

Menurut schmiit  Dalam pendekatan ini, pemasaran menciptakan produk atau jasa dengan menyentuh panca indera konsumen, menyentuh hati dan merangsang pikiran konsumen. Jika produk dapat menyentuh nilai emosional pelanggan secara positif maka dapat menjadi  experiential antara perusahaan dengan pelanggan. Hal ini berpengaruh sangat baik bagi perusahaan karena pelanggan yang puas biasanya menceritakan pengalamannya menggunakan jasa suatu perusahaan kepada orang lain.

Dalam mencapai tujuan dari perusahaan, dibutuhkan salah satu strategi untuk menarik minat para konsumen. Dalam pendekatan experiential marketing produk dan layanan harus mampu membangkitkan sensasi dan pengalaman yang akan menjadi basis loyalitas pelanggan. Selain produk dan layanan yang ditawarkan, salah satu media yang berperan aktif dalam keberhasilan suatu produk adalah pemasaran dari produk tersebut. Tujuan tersebut akan tercapai jika setiap perusahaan berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan memberikan pelayanan yang menyenangkan, fasilitas-fasilitas dan harga yang menunjang, yang mana dalam hal tersebut akan membentuk kepuasan konsumen. “kepuasan secara keseluruhan berdasarkan pada pembelian dan pengalaman mengkonsumsi barang atau jasa”.

Konsep experiential marketing ini merupakan salah satu perkembangan konsep pemasaran yang di sesuaikan dengan keadaan yang berkembang secara dinamis dimana konsumen lebih pintar dan selektif dalam memilih produk.

Menurut  Schmiit experiential marketing menyatakan bahwa pemasaran menawarkan produk dan jasanya yang merangsang unsur – unsur emosi konsumen yang menghasilkan berbagai pengalaman bagi konsumen. 

kartajaya juga menyatakan bahwa, experiential marketing adalah suatu konsep pemasaran yang bertujuan membentuk pelanggan yang loyal dengan cara menyentuh emosi pelanggan dengan menciptakan pengalaman-pengalaman positif dan memberikan suatu feeling yang positif terhadap produk dan jasa.

Mowen dan Minor menyatakan loyalitas sebagai kondisi di mana pelanggan mempunyai sikap positif terhadap suatu merek mempunyai komitmen pada merek tersebut dan bermaksud meneruskan pembelianya dimasa mendatang.

Menurut schmiit dalam memilih produknya, bukan hanya dipengaruhi oleh faktor–faktor rasional saja, tetapi juga faktor- faktor emosional. Faktor emosional ini yang ingin diekplorasi lebih jauh dengan konsep experiential marketing. Pada tahapan experiential marketing ini produsen memandang pelanggan sebagai sosok yang mempunyai nilai emosional yaitu satu pandangan yang menekankan adanya hubungan antara produsen dengan pelanggan sampai pada tahap diterimanya pengalaman tak terlupakan oleh pelanggan.

Menurut Kotler dan Keller kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapanya.

Pelanggan merupakan pusat dari seluruh usaha pemasaran dimana para pemasaran berusaha memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran mereka. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat hubungan antar perusahaan dan pelanggan menjadi harmonis memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan bagi penyedia layanan.

Menurut kotler dan amnsterong produk jasa berkualitas mempunyai peranan penting untuk membentuk kepuasan pelanggan. Semakin berkualitas produk jasa yang diberikan, maka kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan semakin tinggi, maka dapat menimbulkan keuntungan bagi perusahaan tersebut.pelanggan yang puas akan terus melakukan pembelian pada badan usaha tersebut. Demikian sebaliknya jika tanpa kepuasan, dapat mengakibatkan pelanggan pindah pada produk lain.

Menurut Marknesis Fokus kepuasan dan loyalitas telah bergeser selama beberapa dekade terakhir kepuasan dapat meningkatkan loyalitas dan niat membeli. Konsep pemasaran berpandangan bahwa tujuan perusahaan hanya bisa tercapai dengan efektif apabila konsumen cukup puas, konsumen yang puas cenderung berpotensi akan loyal atau setia terhadap penyedia layanan. Strategi yang diterapkan tidak hanya berada disekitar kualitas makanan dan minuman,pelayanan dan kenyamanan suasana.

Kota jambi merupakan kota yang dekat dengan kota bisnis yang terlihat dari sektor berupa utama pertumbuhan ekonomi yaitu sektor rental dan service. Hal ini tampak dengan berdirinya berbagai rumah makan lain yang berada di kota jambi. Pihak pengelola usaha harus benar-benar memikirkan strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan agar perusahaannya tetap bertahan meskipun banyak ancaman dari kompetitor dengan bidang usaha sejenis.Semakin banyak rumah makan membuat pelanggan memiliki berbagai macam pilihan sesuai dengan keinginan mereka.Setiap rumah makan memiliki ciri khas yang berbeda-beda dari segi pelayanannya, penataan interior dan fasilitas-fasilitas yang digunakan. Pemilik harus mengetahui dengan seksama apa yang menjadi keinginan pelanggan agar pelanggan tidak berpaling pada yang lain.

Dengan begitu penulis berasumsi dengan adanya experiential marketing, pelanggan akan mampu membedakan produk dan jasa yang satu dengan yang lainya karena  mereka  dapat merasakan dan memperoleh pengalaman langsung melalui lima pendekatan yaitu sense, feel, think, act, relate.

Ketika pelanggan memperoleh pengalaman yang positif dan unik serta berkesan, dan pelanggan senang atas produk dan jasa yang di perolehnya menunjukkan bahwa kinerja atas produk dan jasa yang di berikan sesuai bahkan melebihi harapan pelanggan yang artinya pelanggan puas atas produk dan jasa tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan kepuasan pelanggan dan melalui kepuasan pelanggan tersebut akan membangun suatu hubungan atau relasi dengan pelanggan sehingga terciptanya loyalitas pelanggan.

Rumah makan basuo memiliki pelanggan yang cukup loyal meskipun dari bulan ke bulan mengalami fluktuatif . hal tersebut bisa di lihat dari data penjualan rumah makan basuo tahun 2017 sebagai berikut :

 Berdasarkan data di atas terlihat jelas bahwa pengunjung rumah makan basuo mengalami fluktasi. sempat terjadi penurunan pengunjung pada bulan april hingga juli, mengalami penurunan jumlah pelanggan karena pada bulan mei bertepatan pada bulan ramadahan sampai pada bulan juni dan pada bulan juni memasuki lebaran idul fitri di karenakan banyak pelanggan rumah makan basuo adalah para pekerja dan pada idul fitri banyak para pekerja yang libur sehingga terjadi penurunan jumlah pelanggan dan mengalami kenaikan pengunjung terjadi pada bulan agustus dan september. 

Dapat di katakan bahwa pesaing – pesaing dari rumah makan basuo yang memiliki bangsa pasar ada banyak sekali, namun hal yang menarik di sini di mana rumah makan basuo memiliki pelanggan yang loyal yang gemar mengkonsumsi produk (makanan dan minuman) dari rumah makan tersebut. padahal di kota jambi banyak rumah makan yang menjajakan masakan masakan sejenis dengan harga yang hampir sama atau bahkan lebih murah dari pada rumah makan basuo. dalam hal ini rumah makan basuo di tuntut untuk tetap bertahan dan meningkatkan jumlah pendapatan, strateginya melalui experiential marketing dan kepuasan pelanggan.

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN  KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN BASUO)

B. Rumusan masalah

Berdasarkan  latar  belakang  masalah di  atas, maka  dapat  dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut:

  1. Bagaimana pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan rumah makan basuo secara parsial
  2. bagaimana pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara simultan

C. Tujuan penelitian

Berdasarkan identifikasi masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk:

  1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan rumah makan basuo secara parsial
  2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara simultan

D. Manfaat penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat ganda, yaitu manfaat teoritis/akademis maupun manfaat praktis.

1. Manfaat teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi pengembangan ilmu ekonomi sebagai sumber referensi yang dapat memberikan informasi teoritis dan empiris pada pihak-pihak yang akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai permasalahan ini dan menambah sumber pustaka yang telah ada.

2. Manfaat praktis

  • Bagi Rumah makan basuo dapat dijadikan sebagai referensi akan pentingnya experiential marketing dan kepuasan pelanggan demi terciptanya loyalitas pelanggan dalam kaitannya merancang tindakan inovatif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Bagi para akademisi penelitian ini sebagai pengetahuan dan informasi guna menciptakan kemampuan pemahaman mengenai experiential marketing, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Untuk Proposal Skripsi Experiential Marketing dan Loyalitas Pelanggan secara lengkap dan full silahkan hubungi admin...salam hormat