Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skripsi Metode Belajar Aktif Tipe Student Recap

Contoh skripsi pendidikan fisika tentang Penerapan Model Active Learning Dengan Teknik One-To-One Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa ini kami susun sebagai tugas dari dosen untuk pembuatan contoh proposal skripsi pada mata kuliah metodologi penelitian. Semoga contoh proposal skripsi pendidikan fisika ini bermanfaat bagi anda.


 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Fisika sebagai bagian dari ilmu pengetahuan merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini dapat dilihat dari penerapan ilmu fisika pada disiplin ilmu lainnya dan aplikasinya pada perkembangan teknologi.

Mengingat akan pentingnya ilmu fisika sebagaimana ilmu pengetahuan lainnya, maka pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut banyak usaha yang dilakukan pemerintah antara lain yaitu: perbaikan dan pengembangan kurikulum, peningkatan mutu guru berupa penataran, pelatihan, serta peningkatan pengadaan sarana dan prasana. Melalui upaya ini diharapkan kepada tenaga pendidik mampu untuk menguasai materi yang lebih mendalam serta mampu menyajikan materi secara tepat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari semua usaha tersebut adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang terlihat dari hasil belajar siswa. Hasil yang baik menunjukan mutu pendidikan yang baik pula .

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMPN 17 Muaro Jambi terungkap bahwa hasil belajar fisika yang diperoleh belum seperti yang diharapkan.

Dalam belajar, siswa masih menjadi pihak yang pasif yang hanya menerima informasi yang diberikan oleh guru tanpa punya inisiatif untuk mengungkapkan pendapat, dan mengajukan pertanyaan pada guru tentang hal yang belum siswa pahami. Dalam hal ini siswa lebih banyak diam, berakibat munculnya komunikasi yang tidak baik diantara guru dan siswa, sehingga hasil belajar siswapun kurang optimal. 

Selain itu buku-buku cetak dan LKS sebagai sarana belajar yang dimiliki siswa juga tidak terfungsikan dengan baik oleh siswa.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa orang siswa SMP Negeri 17 Muaro Jambi, bahwa mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami. Hal ini dipengaruhi dengan banyak faktor salah satunya kurang termotivasinya siswa dalam belajar, aktivitas siswa sebagian besar adalah mendengar, mencatat, dan hanya sedikit yang bertanya, selain itu metode pembelajaran juga berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa, untuk mengatasi permasalahan di atas penulis menerapkan metode belajar aktif tipe student recap sebagai salah satu metode yang tepat.

Menurut Silberman (2009:253) Metode belajar aktif tipe student recap adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meringkas apa yang telah mereka pelajari dan menyampaikan ringkasnnya kepada yang lain. Ini adalah cara yang baik untuk mendorong peserta didik untuk meringkas apa yang telah mereka pelajari dengan caranya sendiri.

Berdasarkan uraian diatas, maka penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Student Recap Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Kalor Di Kelas VIIA SMPN 17 Muaro Jambi”.

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, penulis mengemukakan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan metode belajar aktif tipe student recap terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dikelas VIIA SMP Negeri 17 Muaro Jambi.

1.3 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode belajar aktif tipe student recap terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dikelas VIIA SMP Negeri 17 Muaro Jambi mampu meningaktkan hasil belajar siwa.

1.4 Kegunaan Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi semua pihak. Adapun kegunaan penelitian ini adalah :

  1. Secara teori penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan, terutama yang terkait dengan penerapan metode belajar aktif tipe student recap terhadap hasil belajar siswa
  2. Dengan menggunakan metode belajar aktif tipe student recap diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas belajar.
  3. Tambahan pengetahuan bagi peneliti dalam mengajar fisika di masa yang akan datang.

1.5 Hipotesis

Hipotesis penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh penggunaan metode belajar aktif tipe student recap terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dikelas VIIA SMP Negeri 17 Muaro Jambi.

1.6 Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian

Mengingat luasnya permasalahan dalam penelitian ini, maka penulis membatasi permasalahan pada :

  1. Materi dalam penelitian ini tentang kalor, pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud zat, perpindahan pada kalor.
  2. Hasil belajar yang dinilai dalam penelitian ini berupa penilaian aspek kognitif yaitu diperoleh dari hasil tes tertulis pada setiap akhir siklus.
  3. Aktivitas yang diamati adalah :
  • a. Aktivitas siswa pada saat proses belajar-mengajar
  • b. Aktivitas guru pada saat proses belajar-mengajar
4. Buku pelajaran fisika yang digunakan adalah IPA SMP Kelas VII Erlangga, IPA SMP Kelas VII Yudistira, IPA SMP Kelas VII Tiga Serangkai, dan Lembar kerja Siswa IPA Kelas VII.

1.7 Defenisi Istilah/ Operasional

Untuk menghindari perbedaan pendapat dalam penelitian ini, maka peneliti mendefenisikan sebagai berikut:

  1. Metode belajar aktif adalah metode belajar yang berpusat pada siswa, dimana siswa dituntut untuk selalu aktif dalam belajar, sehingga mereka dapat berfikir lebih cepat dalam manangkap pelajaran yang diberikan.
  2. Tipe student recap adalah tipe pembelajaran yang merangkum materi pelajaran yang disampaikan oleh guru berdasarkan kategori subpokok bahasan yang dipelajari.
  3. Hasil belajar aspek kognitif adalah nilai-nilai yang diperoleh siswa setelah proses belajar mengajar selesai. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
Untuk contoh contoh skripsi lain nya silahkan search pada kolom pencarian web pintu dunia ini.