Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Mobil Seken

Tidak terasa saat ini kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan ya gaes, dan tentunya sebentar lagi kita akan lebaran. Berbicara soal lebaran tentu kita tidak hanya berbicara soal minuman sehat saat lebaran ataupun makanan, ataupun tempat wisata yang indah, namun ada yang lebih penting lagi dari itu? Apa itu? Yup kendaraan gaes....ingat, saat lebaran kita pasti butuh kendaraan dan kendaraan yang pas saat lebaran beserta keluarga adalah mobil.

 

Nah berbicara soal mobil neh gaes tentu membeli mobil ini harus sesuai budget dan keinginan ya...Tentu saja yang memiliki banyak uang pasti suka membeli mobil baru. Namun bagi yang budget nya tidak sampai atau ada hobi tersendiri ada juga yang suka membeli mobil bekas.

Ingat terkadang bagi yang paham memilih merek mobil bekas yang bagus maka dia tentu lebih suka membeli mobil bekas karena selain hemat ada kepuasan tersendiri lo sobat....selain itu juga bisa langsung menggunakannya karena jika anda membeli mobil baru tentu harus menunggu sampai surat menyurat dan plat mobil keluar.


Oke langsung saja pada postingan kali ini pintu dunia akan sharing tips membeli mobil bekas agar tidak kecewa gaes ini juga cara mencari mobil bekas murah yang bisa anda terapkan. Ingat Apa saja yang harus di cek kalau membeli mobil bekas ini penting agar anda tidak salah beli.

Sebelum nya ada beberapa hal yang sering ditanyakan oleh para pemula di bidang mobil bekas ini, diantara nya adalah sebagai berikut:

  1. Lebih baik beli mobil bekas tahun berapa?
  2. Mobil bekas yang bagus merk apa ya?
  3. Beli mobil Bekas bagusnya dimana?
  4. Apa merek mobil bekas yang harus dihindari
  5. Beli mobil bekas sebaiknya tahun berapa?

Hal hal di atas adalah hal yang sering sekali ditanyakan oleh calon pembeli mobil bekas. Jika anda salah satunya mari kita kupas habis tentang  memilih merek mobil bekas yang bagus dan berkwalitas ya...simak ulasan kami di bawah ini ya...

10 Cara Memilih Mobil Seken Yang Benar

1. Beli lah mobil Sesuai Kebutuhan Anda

Hal pertama ini adalah yang paling penting. Jadi anda harus sesuaikan dulu kebutuhan anda dengan mobil yang anda butuhkan. Misal nya jika anda keluarga besar, tentu tidak akan cocok bila anda membeli mobil jenis sedan atau misal nya membeli mobil honda jazz.

Jadi anda harus pikirkan kebutuhan anda. Apakah Anda membutuhkan mobil dengan bagasi yang besar? atau Anda mementingkan mobil dengan desain eksterior yang keren dan berjiwa muda? Atau anda keluarga besar dan ingin mobil yang bisa terisi tujuh penumpang? atau bahkan misal nya anda butuh mobil untuk memuat suatu barang barang belanja misal nya.

Dengan memahami mobil yang dibutuhkan, Anda bisa lebih mudah memilih karena saat ini sangat banyak sekali jenis jenis mobil seken yang ada.

2. Gunakan sosial media dan platform jual beli online Untuk Mencari Informasi

Sebelum anda ke langkah ke 3 maka langkah ke 2 ini penting sekali sobat, yaitu cek di online dulu kebutuhan mobil yang anda perlukan. Misal nya anda butuh sebuah mobil jenis keluarga. Maka dengan internet dan sosial media anda bisa membuka video di YouTube atau sosial media untuk jenis mobil keluarga apa yang cocok, misal nya Mobil inova atau xenia.

Dari internet juga kita bisa tau spesifikasi dan perbandingan nya serta rata rata harga seken nya.

Tips mencari mobil seken di internet adalah pastikan Plat Tidak di tutup ya, karena jika di tutup biasanya adalah tangan ke 3 atau blantik istilah kami

Jangan mencari info mobil yang seperti ini

 

Cek pada gambar di atas. Ketika anda mencari perbandingan atau bertanya secara online atau sedang berselancar di forum jual beli online, pastikan Plat nya tampak. Jangan di tutup seperti gambar di atas. Plat yang di tutup bisa di pastikan bukan penjual nya secara langsung yang menjual. Paham?

3. Lakukan Survei Secara Langsung Sebelum Membeli dan cari perbandingan nya.

Nah dari langkah ke 2 tadi setelah kita browsing secara online, maka dari sana tentu sudah dapat perbadingan harga dan tahun nya ya, misal nya :

Avanza tahun 2006 70 juta, avanza tahun 2010 80 juta, avanza tahun 2015 90 juta dll

Ketika anda sudah mendapatkan data data secara online pada point 2 di atas yaitu tips membeli mobil bekas online , maka pada langkah ke 3 ini adalah anda harus datangi langsung kendaraan mobil seken yang ingin anda beli, misal nya di shoroom atau beli sama orang. Dengan datang secara langsung anda bisa cek sepuas nya.

3. Lihat Sejarah Pemakaian nya

Ini adalah penting sobat mengingat setiap mobil bekas memiliki sejarah pemakaian yang berbeda-beda.

Sejarah pemakaian ini adalah jarak tempuh yang tertera di layar mobil. ini bisa menjadi perbandingan misal nya ada 2 atau 3 mobil yang sama tipe nya dengan harga yang sama juga. Misal anda dapat perbandingan jenis mobil yang sama, tapi jarak tempuh nya berbeda. Maka dari sana anda bisa memutuskan. Tips membeli mobil bekas dengan melihat jarak tempuh ini juga bisa kita simpulkan apakah mobil tersebut bekas travel atau bukan. Karena jika itu bekas travel maka di pastikan walaupun tahun nya masih muda maka jarak tempuh nya akan sangat jauh sekali.

4. Cara memilih mobil Bekas : Surat nya lengkap dan asli

Jika kendaraan roda 2 asal ada BPKB nya saja tidak masalah karena STNK bisa dengan mudah di buat dan juga murah. Pajak nya juga gak terlalu parah. Namun Jika trik membeli mobil seken versi kami maka belilah mobil yang memiliki Surat-surat kendaraan secara lengkap. Artinya memiliki BPKB dan STNK juga pajak dalam ke adaan hidup ya sobat.

Perhatikan dan teliti keaslian BPKB dan STNK mobil bekas tersebut, sebab saat ini banyak sekali beredar surat palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Cek ke aslian nya dan cek juga no rangka, no mesin dan cocok kan dengan surat yang ada. Pastikan nama nya asli pemilik nya dan ada KTP nya agar mudah bila nanti anda ingin balik nama.

5. Bawa Mekanik mesin mobil atau Teman bengkel mobil

Membawa seorang ahli mesin mobil atau membawa mekanik mobil adalah tips membeli mobil bekas online maupun offline yang berkualitas. Karena dengan membawa terknisi mesin maka jika anda belum paham dunia mobil dan mesin maka anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli mobil bekas. 

Seorang mekanik bisa mendeteksi kondisi mobil bekas tersebut masih layak atau perlu beberapa perbaikan. Anda bisa minta saran pada nya apakah perbaikan nya kira kira sesuai dengan harga nya dll.

Dengan bantuan mekanik anda juga bisa memeriksa secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Semua perlu di cek...ingat santai aja dan jangan buru buru

6. Tips Membeli Mobil Bekas : Pastikan anda Melakukan Test Drive

Kondisi mobil yang terparkir dan kondisi mobil yang sedang berjalan terkadang berbeda. Maka setelah anda positif ingin membeli unit tersebut, agar puas dan tidak kecewa maka tips aman beli mobil seken selanjut nya adalah test drive sobat. Dengan mengendarai meskipun hanya mutar mutar di dekat nya maka anda bisa cek apakah nyaman di pakai, apakah banyak bunyi bunyi, apakah ada yang aneh dll. Manfaat kan teman tehnik yang anda bawa sebelum nya untuk ikut serta test drive.

Pada saat awal di starter maka perhatikan, apakah lancar? Jika mesin terdengar halus, tidak kasar, dan mobil mudah distarter, artinya kondisi mesin masih bagus. Sebaliknya, jika mobil ternyata berbunyi kasar, maka cari saja mobil yang lain. Intinya pembeli mah bebas memilih sobat ya...

7. Tips beli mobil bekas selanjut nya adalah cek Kelengkapan Aksesoris dan Interior Mobil

Penting sekali untuk mengurangi harga adalah cek interior. Semua komponen interior perlu dicek fungsinya. Misalnya saja AC, sistem audio, dan switch lampu, tombol mirror spion, tombol parkir. Pokok nya semua dalaman mobil harus anda cek semua. 

Cek juga sabuk pengaman, sistem navigasi tempat duduk, pintu pintu, ban serep, kunci kunci dll...karena Bila ada yang kurang biasa nya bisa untuk mengurangi harga hehehehe

8. Jangan Over Kredit Mobil jika masih ada jalan lain

Over kredit mobil bekas bisa saja dilakukan dengan catatan tidak melakukan transaksi tanpa ada lembaga keuangan yang menjadi perpanjangan tangan. Umumnya, di kemudian hari jika melaksanakannya tidak sepengetahuan yang berwajib, kesulitan yang ditemukan adalah saat pengurusan dokumen rentan akan mengalami kendala.

Maka nya lebih baik pinjam dana di bank dan beli mobil nya kas dari pada harus over kridit mobil. Untuk pinjam bank usahakan gunakan bank syariah karena  Perbedaan Bank Konvensional dan Bank Syariah cukup banyak dalam hal kridit ini. Anda bisa tanyakan di bank ya...

Ingat juga bahwa Over kredit di bawah tangan memang terlihat lebih cepat dalam proses nya, namun masih lemah dari segi hukum. Over kridit sebenar nya dalam UUD adalah perbuatan yang dilarang. Dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UU Fidusia). di katakan Pada, Pasal 23 ayat (2) UU Fidusia menyatakan bahwa Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan kepada pihak lain benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang tidak merupakan benda persediaan, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia.

Jadi jika tidak terpaksa jangan pernah over kridit ya...nanti ribet di belakang nya.

9. Tips aman Membeli Mobil Bekas selanjut nya adalah Cek Kondisi Eksterior Mobil

Jika pada point 7 tadi interior mobil, sekarang adalah bagian eksterior yang perlu kita cek ya

Apa saja eksterior mobil yang perlu di cek sebelum membeli mobil bekas incaranmu?

Body Mobil 

Pastikan mobil tidak mengalami modifikasi berlebihan pada struktur, warna atau mesin di dalamnya. Cek juga kondisi cat, apakah ada indikasi cat ulang, karena bisa saja menjadi bekas tabrakan atau baret indikasi kecelakakaan.

Aki dan Cairan Mobil

Minyak rem, minyak power stering dan semua nya perlu ada cek. Cek juga apakah Aki yang berfungsi dengan baik atau tidak. Aki yang soak biasanya ditandai dengan lampu mobil yang nyalanya tidak seterang biasanya. Begitu juga dengan suara klakson yang nampaknya mulai pudar alias tidak jreng.

Cek Suspensi

Suspensi mobil yang bermasalah akan terlihat dari mobil yang tidak berimbang alias miring. Umumnya, disebabkan karena mobil sering mengangkat beban yang berat. Coba anda buka dan tutup bagasi belakang, jika mobil cenderung berayun-ayun, maka ini bisa jadi disebabkan karena suspensi mobil yang sedang rusak

Cek apakah Mobil Bukan Bekas Terkena Banjir atau tidak

Langkah membeli mobil seken yang penting adalah kita harus memastikan bahwa mobil bekas yang akan kamu beli tidak pernah terkena banjir. Hal pertama tanyakan dulu kepada pemiliknya apakah mobil tersebut pernah atau tidak terkena banjir atau tidak.

Periksa bau interior apek atau tidak. Jika berbau apek maka ada indikasi mobil pernah terendam air banjir. Bisa juga diperhatikan adakah bagian yang berkarat, bau yang tidak sedap, terkena endapan lumpur ataupun kotoran.

Berikut kami berikan ciri-ciri mobil bekas terkena banjir yang bisa kamu perhatikan agar tak salah membeli mobil bekas:

  • Pastikan daerah asal mobil, jika berasal dari area yang terkena banjir, kamu harus semakin cermat dalam menelitinya dan ini penting sekali.
  • Sistem lektronik di dalam mobil ada masalah, mulai dari perangkat hingga sistem kelistrikannya.
  • Ada endapan lumpur di sudut-sudut interior dan bagian mesin yang tersembunyi.
  • Ada campuran air di dalam oli mesin mobil karena air banjir masuk ke bagian penampungan.
  • Terdapat karat yang terlihat baru di berbagai sisi mobil.
  • Harga yang terlalu murah. Biasanya mobil bekas banjir dipatok dengan harga yang sangat rendah karena ingin segera laku.

10. Sabar, santai, jangan buru buru dan teliti

Langkah terakhir Cara Memilih Mobil Seken yang masih bagus adalah sabar. Perbanyak perbandingan baik online maupun offline. Cek semua mobil bekas yang ada. Bandingkan.

Jika anda sabar, kami pastikan anda akan mendapatkan mobil bekas yang terbaik.

Demikian lah tips membeli mobil bekas yang bisa kami sharingkan, semoga bermanfaat bagi anda.