Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum Keutamaan Bulan Ramadhan

Kultum Keutamaan Bulan Ramadhan -  Naskah Qultum bulan ramadhan ini kami posting di web pintu dunia ini dengan tujuan semoga ada manfaat nya bagi kita semua. Perlu di pahami jika Kultum tentang Keutamaan / keistimewaan Bulan Ramadhan ini merupakan salah satu dari Qultum yang kami peroleh di masjid Subulus Salam yang dalam hal ini disampaikan oleh TGH. Zulkarnain Hadi, S. Ag. M.Si kemaren malam. Bila ada banyak yang tidak sempat kami tulis kami mohon maaf karena kami hanya menuliskan ulang apa yang kami tulis pada kultum fadhilah puasa ramadhan ini.

Kultum tentang Keutamaan Bulan Ramadhan di bawah ini kami tuliskan langsung pada intinya saja tanpa kami tuliskan salam pembuka dan lain lain nya. Semoga tulisan kami tentang keistimewaan bulan ramadhan dari pada bulan yang lain nya di bawah ini bermanfaat bagi anda semua. Amin....

Kultum Keutamaan Bulan Ramadhan

Hadirin yang sama sama di muliakan oleh Allah....tidak terasa kita sudah sekitar 1 minggu menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini, artinya kita sudah bisa mulai mengukur amaliah amaliah yang telah kita jalankan selama 1 minggu ini. Selain puasa, adakah yang berbeda dari biasanya?

Ingat nabi Muhammad Saw mengatakan " Seandainya umat manusia mengetahui pahala ibadah di bulan ramadhan, maka niscaya mereka akan meminta agar satu tahun penuh menjadi ramadhan.” (HR. Tabrani, Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi).

Karena betapa luar biasa nya bulan Ramadhan ini maka jika kita tau fadhilah bulan ramadhan maka semua bulan yang ada kita akan mengharap jika itu adalah bulan Ramadhan...Masya Allah....

Hadirin yang sama sama di muliakan oleh Allah....

Lagi lagi sangking mulia nya bulan Ramdhan ini sampai nabi bersabda dalam Hadis bahwasanya orang yang tulus dan ikhlas serta bergemberia akan datang nya bulan Ramadhan maka ia akan bebas dari Api neraka.....Allohu akbar.,...bukan ibadah lo ini....bukan puasa lo ini...bukan pula sholat lo ini...hanya sikap yang senang dan bergembira akan datang nya bulan Ramadhan saja sudah luar biasa balasan nya. Hal ini sesuai dengan sabda nabi " Barang siapa yang bergembira akan hadirnya bulan Ramadhan, maka jasadnya tidak akan tersentuh sedikit pun oleh api neraka.” (HR. an-Nasa'i).

Begitu istimewanya bulan suci ini, bahkan hanya menantikannya saja sudah bernilai ganjaran tertebas api neraka, apalagi selain bergembira akan datang nya ramadhan dan puasa tentunya.

Hadirin yang sama sama di muliakan oleh Allah....

Perlu kita ketahui sama sama bahwa bulan Ramadhan selain bulan penuh barokah, bulan penuh ampunan, juga merupakan bulan yang sangat mustajab. Artinya mari kita manfaatkan moment Ramadhan ini untuk tunduk dan berserah diri pada Allah dan memohon/berdoa pada Nya.

Ingat doa nya orang yang puasa Ramadhan itu sangat sangat mustajabah di hadapan Allah. Seperti kata hadis di bawah ini :



 

"Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya," (HR Baihaqi).

Dari hadist di atas dapat kita pahami ada 3 doa yang memiliki nilai lebih untuk dikabulkan oleh Allah, dan salah satu nya adalah doa nya orang yang puasa. Karena doa nya orang yang puasa itu mustajab mari moment Ramadhan ini kita banyak banyak beribadah dan berdoa kepada Allah. Yakin lah dan anggap lah ini adalah Ramadhan terakhir bagi kita karena belum tentu tahun depan kita bisa berjumpa lagi dengan Ramadhan.

Sungguh nikmat terbesar seorang hamba ialah ketika ia di pertemukan oleh Allah dengan bulan Ramadhan ini. Dari sana juga berarti sungguh celaka yang teramat celaka bagi orang yang berjumpa dengan Ramadhan namun tidak iman, alias tidak puasa Ramadhan tanpa ada udzur syar'i yang memperbolehkan nya tidak puasa. 

Hadirin yang sama sama di muliakan oleh Allah....

Ada lagi Keutamaan Bulan Ramadhan yang sangat luar biasa yang tidak akan kita temukan di luar bulan Ramadhan, yaitu ampunan atas dosa dosa masa lalu kita.

Ingat kita ini manusia tempat nya salah dan lupa. Ada banyak dosa yang telah tercipta, baik sengaja atau tidak. baik tampak atau tidak. Maka mari pada moment Ramadhan ini kita manfaat kan agar dosa dosa kita yang lalu dapat ampunan dari Allah. Sesuai dengan sabda nabi di bawah ini :



“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Yang perlu di pahami tentang hadist di atas adalah kita berpuasa itu hanya karena iman kepada ALlah, artinya meyakini kewajiban puasa dan melaksanakannya dengan tulus iman karena ALlah, bukan karena ada yang lain.

Jangan sampai kita puasa karena ada pamrih antar sesama manusia yang seakan-akan menunjukkan ketidak-tulusan kita pada Allah. Di samping itu, manusia memiliki masalahnya sendiri-sendiri, sekuat dan setegar apa pun dia, sekaya dan semampu apa pun dia, manusia tidak mungkin lepas dari persoalan hidup, sehingga meminta imbalan kepada mereka, sama saja dengan menambahi beban hidup mereka. Serahkan semua pada Allah, niscaya kita akan tercukupi.

Ingat.banyak sekali fenomena puasa yang bukan karena Allah. Ada yang puasa karena malu sama calon mertua jika tidak puasa. Ada yang puasa karena ingin di anggap orang shaleh. Ada yang puasa karena tuntutan dari buku kegiatan ramadhan dan lain sebagai nya. Intinya tanya hati kecil kita....apakah puasa kita ini hanya karena iman pada Allah, atau ada hal lain?

Hadirin yang sama sama di muliakan oleh Allah....

Satu lagi Keutamaan Bulan Ramadhan yang menjadikan Ramadhan ini luar biasa penting. Apa itu? Ramadhan adalah ibadah wajib yang tidak bisa di tinggalkan apapun bentuk nya.

Kita tahu sholat? Penting kah sholat? Sangat penting....tapi apakah sholat bisa di tinggal, alias tidak di kerjakan? Tentu bisa...contoh nya wanita haid....wanita yang haid boleh tidak sholat. Apakah ketika dia sudah suci harus mengganti sholat nya? Tidak....

Tapi bagaimana dengan puasa? puasa Ramadhan ini tidak bisa di tinggalkan oleh siapapun yang telah terkena waklid wajib puasa...bahkan wanita haid..semua wajib puasa. Bagaimana caranya? Ia wajib mengganti pada lain hari ketika ia telah bersih dari Haid nya...artinya tidak pernah bisa puasa ia tinggalkan....ini sudah menjadi tolak ukur betapa luar biasanya dan betapa penting nya puasa Ramadhan ini. Jadi sungguh sungguh malang nya orang yang tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini.

Hadirin Jamaah sholat tarawih yang sama sama di muliakan oleh Allah....

Keistimewaan bulan Ramadhan lain nya adalah bulan Ramadhan adalah sebagai bulan nya AL Quran. karnea Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran. Itulah sebabnya ramadhan juga disebut sebagai bulan Alquran atau syahrul Quran. Karena Allah SWT menurunkan Alquran yang agung pada bulan Ramadhan

Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 185: “ Bulan ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

Arinya mari selama bulan ramadhan ini kita jadikan sebagai tempat untuk memperbanyak membaca Al Quran, sehingga amalan amalan ini akan mudawamah sampai ketika sudah tidak Ramadhan pun kita tetap istiqomah dalam membaca Al Quran ini.

Hadirin Jamaah sholat tarawih yang sama sama di muliakan oleh Allah....

Sebenar nya masih banyak akan Keutamaan Bulan Ramadhan ini termasuk akan malam laitalul Qadar dan lain sebagai nya, namu karena keterbatasan waktu mungkin akan kita bahas di lain kesempatan. Terkahir sebelum saya tutup saya berpesan, ketika ramadhan telah usai, dan kita masuk pada bulan syawal mari kita puasa syawal. Karena Fadilah Puasa Syawal juga luar biasa. Meskipun syawal masih jauh namun ini saya katakan jauh jauh hari agar kita terbiasa dengan yang nama nya puasa ini. Anggap saja Ramadhan adalah sebagai pijakan dan langkah awal agar kita senantiasa rajin ibadah puasa kepada ALlah....

Semoga semua amal ibadah kita pada bulan Ramadhan ini diterima oleh allah, dan semoga kita di beri umur panjang oleh Allah hingga kita bisa selesai dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini dan kita berdoa pada Allah agar tahun depan kita juga masih bisa berjumpa dengan bulan mulia ini.

Demikian yang biasa saya sampaikan tentang Kultum Keutamaan Bulan Ramadhan, apabila banyak kesalahan dan kekurangan nya saya mohon maaf yang sebesar besar nya.