Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Powerpoint Tentang Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara

Power point tentang Tentang Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara ini kami buat dalam rangka tugas lanjutan pelajaran wawasan kebangsaan yang mana kami diminta membuat makalah yang berjudul Peran Generasi Muda yang memiliki nilai tawar dan Memperjuangkan Kedaulatan Indonesia Dalam Percaturan Internasional sekaligus mempresentasikan makalah tersebut dalam bentuk power point. Semoga bahan mentah PPT Tentang Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara di bawah ini bermanfaat bagi anda. Silahkan anda olah dan anda edit sehingga bisa menjadi PPT yang bagus untuk presentasi.

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide Pertama

Slide pertama PPT peranan pemuda dalam kedaulatan negara ini berisikan cover tugas seperti di bawah ini.


 

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 2

"Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia"

Penjelasan : Generasi muda memiliki peranan yang luar biasa dalam berbangsa dan bernegara. Seperti yang pernah di ucapkan dalam pidato nya Presiden RI Pertama, Bapak Ir. Soekarno sejak era kemerdekaan RI. Kutipan pidato  Presiden ini, menyiratkan pesan yang sangat kuat bagaimana pemuda bisa menciptakan perubahan

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 3

"Mengapa pemuda atau generasi muda bisa menciptakan perubahan" 

Penjelasan : Generasi muda dikatakan sebagai agen perubahan (Agent of Change) yang bisa mempengaruhi berbagai sisi kehidupan berbangsa dan bernegara.  Disebut sebagai agen perubahan karena mengingat generasi muda ini memiliki ide ide yang selalu segar, pemikirannya yang kreatif dan inovatif yang diyakini akan mampu mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik lagi.

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 4

Bukti peranan generasi muda 

Sejarah telah membuktikan bahwa lewat peranan generasi muda ini telah membawa Indonesia masuk ke Gerbang Pintu Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Penjelasan : Dari latar belakang sejarah itu lah melahirkan sebuah fakta, bahwa  generasi muda merupakan bagian dari perubahan sosial dari generasi ke generasi. Karena generasi muda tentu akan menggantikan para generasi tua yang saat ini masih berkuasa.

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 5

Makna Kedaulatan

Kedaulatan berasal dari Bahasa Inggris, yaitu “sovereignty”, dalam Bahasa Perancis disebut “souverainete”, dan dalam bahasa Itali disebut ”sovranus”, yang asal katanya berasal dari Bahasa Latin ”superanus”, yang berarti yang tertinggi atau teratas (supreme). Kedaulatan  (sovereignty) juga dapat dipakai sebagai sinonim untuk istilah kemerdekaan (independent)

Secara pengertian makna Kedaulatan mempunyai makna negatif dan positif

Penjelasan : Kedaulatan dalam arti negatif maksudnya Negara tidak tunduk pada ketentuan-ketentuan hukum internasional yang mempunyai status yang lebih tinggi tanpa persetujuan dari negara yang bersangkutan.

Karena Indonesia sebagai negara yang berdaulat maka ia berdiri sendiri tanpa bisa dipaksa oleh negara manapun 

Makna kedaulatan dalam pengertian positif berarti kedaulatan memberikan kewenangan Negara kepada pemimpin tertinggi atas Negaranya, hal ini yang dinamakan wewenang penuh dari suatu Negara

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 6

Kedaulatan Negara Republik Indonesia

Mengapa kedaulatan negara ini penting sekali?

Penjelasan : Kedaulatan negara ini penting Karena Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi dalam suatu negara yang juga berperan dalam kedaulatan hukum suatu negara. Konsep kedaulatan berarti kekuasaan pemerintahan yang tertinggi dalam suatu negara yang ditujukan untuk kepentingan warga negaranya

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 7 

Jiwa nasionalisme generasi muda 

Saat ini perubahan zaman sudah begitu cepat nya. Jika perubahan zaman ini tidak diimbangi dengan pendidikan generasi muda yang maksimal maka akan melahirkan generasi muda yang bermental tempe dan terkikis nya rasa nasionalisme nya dan pudar nya rasa bela negara dan cintanya pada tanah air ini.

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 8

Contoh sederhana yang menggambarkan mulai pudar nya rasa nasionalisme di negara ini

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 9

Pada waktu upacara bendera merah putih masih banyak rakyat yang tidak memaknai arti dari upacara tersebut, padahal bendera merah putih itu didapatkan dengan perjuangan yang luar biasa yang banyak mengorbankan darah dan nyawa. Untuk itu upacara merupakan wadah untuk menghormati dan menghargai para pahlawan yang telah berjuang keras untuk mengambil kemerdekaan dari tangan para penjajah

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide 10

Peringatan hari-hari besar nasional seperti Sumpah Pemuda, hanya dimaknai sebagai acara seremonial dan hiburan saja tanpa menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam benak mereka.

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  11

Pada zaman global dan kemajuan teknologi ini banyak masyarakat kita, khusus nya generas muda  yang lebih tertarik pada produk impor dibandingkan dengan produk buatan dalam negeri, lebih banyak mencampurkan bahasa asing dengan bahasa Indonesia untuk meningkatkan gengsi

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  12

Penting nya bela negara bagi generasi muda 

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  13

Pengertian Bela negara

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  14

Bela negara berarti sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. 

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  15

Mengapa generasi muda harus paham akan bela negara pada zaman global ini?

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  16

Karena tantangan yang dahulu kala bersifat kolonialisme, kini telah berevolusi menjadi kompetisi global. Musuh generasi muda yang harus diperangi bukan lagi penjajah bersenjata, melainkan ketidakmampuan kita dalam menyaingi cepatnya arus perkembangan zaman. Ingat kedaulatan negara untuk kita semarak kan di kancah dunia adalah prioritas kita.

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  17

Apa peranan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dan apa Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara?

Semua pertanyaan di atas hanya akan mampu kita jawab jika generasi muda sudah menyadari betapa penting nya pendidikan. Karena Salah satu cara agar generasi muda ini siap berjuang demi kemajuan bangsa juga siap sebagai penerus bangsa maka sudah seharusnya generasi muda Indonesia banyak belajar dan menyadari betapa pentingnya pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu kunci besarnya suatu negeri. Dengan bekal pendidikan, mereka berpotensi melahirkan karya-karya, inovasi, dan semangat juang demi memajukan bangsa dan negaranya serta siap memperjuangkan kedaulatan bangsa ke ranah internasional.

Ppt Peranan Generasi Muda Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Negara Slide  18

Terimakasih