Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asas Asas dan Konsep Ekosistem

Materi tentang Asas Asas dan Konsep Ekosistem lengkap ini saya buat dalam rangka rangkuman terhadap materi tentang ekosistem yang mana bertujuan agar lebih mudah dalam mempelajari tentang materi ekosistem. Semoga rangkuman materi tentang ekosistem secara lengkap ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari contoh soal soal tentang ekosistem.

Asas Asas dan Konsep Ekosistem

Pengertian ekosistem adalah Suatu kawasan alam yang di dalamnya tercakup unsur-unsur hayati (organisme) dan unsur-unsur non hayati (zat-zat tak hidup) serta antara unsur-unsur tersebut terjadi hubungan timbal balik. 

Secara garis besar Fungsi Ekosistem ada 2 macam yaitu fungsi sebagai :

  1. Komponen autotrofik
  2. Komponen heterotropik

Secara bahasa autotrofik berasal dari kata autos = sendiri; dan kata trophikos = Menyediakan makanan. Sedangkan heterotropik berasal dari kata (hetero=berbeda, lain)

Komponen autotrofik

Komponen autotrofik adalah suatu organisme yang mampu menyediakan atau mensintetis makanannya sendiri yang berupa bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari atau klorofil. Sedangkan Semua organisme yang mengandung klorofil disebut organisme autotrofik

Komponen heterotrofik

Komponen heterotrofik adalah organisme yang mampu memanfaatkan hanya bahan-bahan organik sebagai bahan makanannya dan bahan tersebut disentetis oleh organisme lain. Organisme yang termasuk kedalam Komponen heterotrofik misal nya seperti hewan, jamur dan jasad renik

Sedangkan EKOSISTEM DARI SEGI PENYUSUNNYA dapat kita bagi menjadi beberapa macam yaitu:

  1. Bahan tak hidup (Abiotik, non hayati)
  2. Produsen
  3. konsumen
  4. dekomposer

 


Bahan tak hidup (abiotik, non hayati)

Komponen fisik dan kimia yang terdiri atas tanah, air, udara, sinar matahari dan sebagainya dan merupakan medium atau substrat untuk berlangsungnya kehidupan di sebut dengan komponen abiotik.


Komponen biotik dan Abiotik ekosistem

Produsen

Produsen adalah setiap organisme autrotofik yang umumnya tumbuhan berklorofil, yang mensintesis makanan dari bahan anorganik yang sederhana

Konsumen

Konsumen adalah organisme heterotropik, misalnya hewan dan manusia yang memakan organisme lain

DEKOMPOSER, PENGURAI,PEROMBAK

Dekomposer adalah organisme heterotropik yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati. Bakteri dan jamur termasuk dalam kelompok dekomposer ini

Perbedaan ekosistem yang satu dengan yang lain nya terdapat pada tingkat organisasi bergantung kepada kerumitan dalam hal di bawah ini:

1. Banyaknya jenis organisme produsen
2. Banyaknya jenis organisme konsumen
3. Banyaknya keanekaragaman organisme pengurai
4. Banyaknya macam-macam komponen abiotik
5. Kompleksitas interaksi antar komponen dan berbagai proses yang berjalan dalam ekosistem

Sedangkang Dekomposisi merupakan akibat dari proses jasad renik memperoleh energi untuk keperluan hidupnya

Dalam suatu ekosistem terdapat suatu keseimbangan yang di sebut dengan homeostatis. Homeostatis adalah Kemampuan ekosistem untuk menahan berbagai perubahan dalam sistem secara keseluruhan. Namun keseimbangan ekosistem ini bisa dan dapat di terobos oleh kegiatan manusia. Contoh nya misal nya sungai yang dikotori oleh pembuangan sampah atau akibat di racun oleh ulah manusia.

Adapun Fungsi dari organisme pengurai adalah sebagai berikut:

  • Memineralisasi bahan-bahan organik yg telah mati
  • Menghasilkan makanan untuk organisme lain
  • Menghasilkan zat-zat kimia yg disebut hormon lingkungan

Pengertian dan perbedaan habitat dan relung 

Habitat adalah Tempat suatu organisme hidup sedangkan relung merupakan Profesi organisme dalam lingkungan hidupnya. Dalam arti lain relung adalah Profesi atau status organisme dalam suatu komunitas dan ekosistem tertentu yang merupakan akibat adaptasi struktural , tanggap fisiologis serta prilaku spesifik organisme itu. 

Setiap mahluk hidup mempunyai habitat yang sesuai dengan kebutuhannya sedangkan Relung dapat di isi oleh spesies asli (asli) atau bukan (non native).

Relung dapat diklasifikasikan lebih lanjut dalam hal peran tertentu yang dimainkan spesies tertentu dalam suatu ekosistem.

Demikian lah rangkuman meteri ujian tentang Asas Asas dan Konsep Ekosistem secara lengkap yang bisa kami tulis, semoga bermanfaat.