Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Sukses Menanam Anggur

Cara menanam anggur untuk pemula sering sekali di tanyakan oleh para pemula di budidaya anggur ini, pasal nya anggur merupakan salah satu tanaman yang saat ini sedang viral dan banyak di tanam oleh masyarakat indonesia. Cara menanam anggur di halaman rumah sampai bisa berbuah cantik ini menarik banyak minat orang termasuk para ibu ibu sehingga selain sebagai penghias rumah, anggur tentu menjadi camilan segar yang menyehatkan. Nah yang menjadi masalah adalah masih banyak yang belum paham media tanam anggur di tanah ini karena rata rata hanya paham tanah untuk pot terbaik yang sering di pakai dalam menanam bunga dan sayuran biasa.


 

Jika anda adalah pemula di bidang berkebun anggur dan sedang mencari cara merawat pohon anggur agar cepat besar dan juga sedang mencari pupuk untuk anggur cepat berbuah maka saat ini anda telah berada pada artikel yang tepat karena di bawah ini saya akan menjelaskan trik simpel cara budidaya anggur agar cepat berbuah untuk pemula. Semoga bermanfaat ya...

Yang pertama adalah Persiapan Media Tanam

Sebenar nya media tanam apa saja bisa kita gunakan dalam budidaya buah anggur ini termasuk kompos murni ya...namun berdasarkan pengalaman, media tanam anggur terbaik adalah sebagai berikut :

Sekam bakar : Sekam lapuk : Humus : Kohe yang telah lama.

Semua bahan atau media di atas 1:1 semua ya....artinya jika 1 ember ya 1 ember semua...ini takaran nya. Kemudian media dari 4 campuran di atas kita tambahkan pupuk dolomit dan pupuk dasar TSP masing masing 1 genggam saja. Campur aduk lah sampai benar benar merata dan diamkan dulu kira kira 3 hari lah paling cepat baru bibit anggur nya bisa kita tanam

Pupuk Masa pertumbuhan anggur pakai AB mix

Jika yang atas tadi adalah pupuk media pertama anggur, sekarang adalah pupuk masa masa pertumbuhan anggur menuju dewasa ya..alias menuju proses pembungaan. Tapi ini belum berbunga ya...

Jadi pupuk anggur masa pertumbuhan yang kita gunakan adalah pupuk cair dari AB mix ya...jika anda adalah peng hoby tanaman hidroponix pasti paham dengan AB mix ini.

Cara pemakaian nya adalah bungkus a dan b di larutkan terpisah sesuai petunjuk kemasan. Masing masing di simpan di botol berbeda. Jangan di campur dulu. Nanti kita campur nya saat mau di gunakan saja.

Dosis penggunaan nya ambil larutan a sebanyak 5 ml dan  b 5 ml juga. Lalu siapkan air campuran sebanyak 1 liter masukan keduanya ke dalam air. Jangan mencampur dulu ya...namun masuk kan masing masing A dan B dalam air dan campur di sana, takut nya jika di campur dulu ada gumpalan.

Nah untuk dosis pemakaian pupuk ini pada tanaman anggur di awal usia adalah kasih 300 ml/liter air dan siramkan atau kocor ya. Kita lihat perkembangan nya, jika sudah bagus maka bisa kita tambahkan lagi dosis nya seiring pertumbuhan usia tanaman.

Pupuk anggur masa Pembuahan 

Oke yang perlu anda pahami adalah sebenar nya ciri-ciri anggur mau berbuah itu sudah jelas sekali ya, karena anggur berbuah ini bisa kita seat ya. Tanaman angur asal kita paham pasti berbuah kok, tenang saja, artinya penyebab pohon anggur tidak berbuah tentu karena minim nya ilmu yang kita miliki. jadi berapa lama anggur bisa berbuah ini tergantung sudah kita seat atau belum ya karena pemangkasan pohon anggur agar cepat berbuah sudah pernah kita bahas ya...atau anda bisa cari ini di google ya.

Nah langsung saja untuk pupuk tanaman anggur masa pembuahan atau masa saat sudah mulai kita seat untuk pembuahan maka pupuk nya adalah menggunakan MKP dan KNO3 Putih.  

Dosisnya adalah MKP 12 gram + KNO3 putih 20 gram di campur dengan air 5-20 liter lalu di berikan untuk dosis satu tanaman yang sudah besar. 

Di campur air 5 liter bila ditanam di planter bag 100 liter dan 10 liter bila di tanam langsung di tanam di tanah

Perawatan anggur

Pada tahap perawatan ini sangat penting sobat, karena jika anggur salah dalam perawatan maka bisa saja jamuran dan berhenti berbuah pada akhir nya akan mati. Nah untuk pencegahan hama gunakan Fungisida dan Insectisida rutin sebulan sekali dengan cara di campurkan saja keduanya agar mudah pemberiannya.

Untuk perawatan rutin saya mengunakn obat insecta merek demolish dan obat fungisida merek Antracol dengan petunjuk sesuai aturan pakai di kemasan. Namun apabila bukan perawatan lagi, artinya sudah terserang penyakit jamur misal nya maka saya memakai demolish+Amistartop.

Cara memangkas anggur agar cepat berbuah

Bagian yang tak kalah penting dari menanam anggur adalah masalah pemangkasan atau pruning ya. Pemangkasan atau Pruning sebaiknya sisakan bebrepa daun terutama di musim hujan karen ada kemungkinan pohon jadi mati. Bila di musim kemarau apalagi bila batang sudah besar maka kita pruning habis tidak menyisakan beberapa helai daun pun tetap aman tidak ada masalah.

Pruning sebaiknya bila cabang tersier minimal sudah sebesar pensil dan batang mulai mengayu (berwarna agak kecoklatan).

Kemudian usahakan jangan buru buru melakukan pruning atau proses pembuahan ini, tapi tunggu tersier sudah kuat dan besar. Anda bisa tonton youtube untuk ini ya. 

Sambil dilakukan pemotongan nanti nya ini adalah langkah awal anda membuat bibit baru ya...karena cara menanam anggur dari biji sampai berbuah tentu melewati masa yang panjang sekali, maka nya rata rata orang menanam anggur via stek batang atau sambung pucuk ya...anda bisa cek di youtube untuk ini.

Kemudian ada yang bertanya soal perbedaan cara menanam anggur lokal dan import. Sebenar nya cara menanam anggur import atau lokal itu sama ya....tidak ada perbedaan, hanya perlakuan nya saja yang beda karena anggur impor mesti kita stek dengan bawahan anggur lokal jika anda ingin maksimal hasil nya. Namun jika anda membeli bibit jadi tidak ada masalah untuk ini.

Jarak tanam anggur

jarak tanam anggur berapa yang paling ideal? Ini penting sekali agar anda tidak salah. Jadi untuk jarak tanam sebenar nya tidak ada masalah asal perawatan bagus. Namun jarak tanam ideal anggur yang kami sarankan adalah minimal 2 meter antar pohon karena mengingat pola rambat ke atas nya dan juga kerapatan waktu berbuah.

Peneduh atap tanaman anggur

Peneduh atap ini penting sekali, karena agar terhindar dari banyak penyakit dan jamur maka air hujan dilarang tersiram langsung ke kebun anggur anda. Bila pemula oke lah tidak masalah karena sambil merintis namun dalam sekala besar anda harus memberikan peneduh dari seng UV atau plastik UV...sehingga air hujan tidak bisa masuk tapi sinar matahari bisa...paham kan? Karena ketika rapat dan pada musim hujan, anggur suka berjamur.

Yang perlu pembaca ketahui Tips agar anggur berbuah lebat dan manis ini saya share dari ilmu yang di berikan oleh Dr Gajah Nauli Dalimunthe selaku suami dari bunda Mahyar, semoga ilmu cara membuahkan anggur yang beliau sharing tersebut menjadi ladang amal buat beliau. Saya hanya share kembali dari ilmu beliau...semoga beliau dapat amal nya ya...amin