Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Sholat Idul Fitri

Waktu Sholat Idul Fitri -  Ketika hari raya Idul Fitri atau Idul Adha tiba, seluruh umat Islam yang tidak ada uzur dianjurkan untuk keluar rumah, tak terkecuali perempuan yang sedang haid. Perempuan yang sedang menstruasi memang dilarang untuk shalat idul fitri atau idul adha tapi ia dianjurkan turut mengambil keberkahan momen tersebut dan merayakan kebaikan bersama kaum muslimin lainnya. Setiap orang pada saat itu dianjurkan menampakkan kebahagiaan dan kegembiraan yang nyata. Bahkan yang sedang sakit ringan pun bila memungkin kan silahkan keluar rumah dan bergembira meskipun tidak shalat, sama seperti hal nya orang haid.


 

Sebelum kita bahas waktu tepat nya shalat idul fitri dan idul adha mari kita bahas dulu amalan amalan sunah menjelang idul fitri ini 

Mandi sunah idul fitri

Ada amalah sunah juga pada saat sebelum sholat ied tersebut yaitu mandi sunnah. Sunnah untuk mandi baik bagi laki-laki atau perempuan saat Idul Fitri, termasuk perempuan yang sedang haid atau nifas. Waktunya dimulai sejak tengah malam hari raya sampai tenggelam matahari esok harinya. Berikut adalah niat mandinya:

Nawaitu ghusla ‘îdil fithri sunnatan lillâhi ta’âlâ Artinya, “Aku niat mandi Idul fitri, sunnah karena Allah”

Memperbanyak takbir  

Sejak sidang isbat penentuan 1 syawal oleh menteri agama dan dinyatakan nya lebaran adalah esok hari maka di seluruh tempat pasti berkumandang takbir menyambut haru bahagia ini. Adalah amalah Sunnah untuk memperbanyak membaca takbir saat Idul Fitri. 

Kapan batasan takbir idul fitri ini? Waktunya dimulai sejak terbenamnya matahari 1 Syawal sampai takbiratul ihramnya Imam shalat Ied bagi yang berjamaah, atau takbiratul ihramnya orang yang shalat sendiri, bagi yang shalat sendirian. 

Pendapat lain ada yang menyatakan waktu habis nya takbiran idul fitri saat masuk waktu shalat Id yang dianjurkan, yaitu ketika matahari naik kira-kira satu tombak (+ 3,36 M), baik Imam sudah melaksanakan takbiratul ihram atau pun belum.

Makan dan minum sebelum berangkat sholat

Khusus untuk sholat idul fitri, makan dan minum sebelum sholat idul fitri hukum nya sunah ya. Maka ketika mau berangkat untuk menunaikan sholat idul fitri seseorang dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Orang yang meninggalkan anjuran ini hukumnya makruh. Jika sholat idul adha maka sunah nya makan setelah pulang dari sholat idul adha. Awas kebalik ya...hehehehe

Rute Pulang dan pergi yang berbeda

Nah salah satu amalah sunah menjelang sholat id adalah membedakan rute pulang dan pergi shalat id, baik sholat idul fitri maupun idul adha

Sangat dianjurkan rute jalan yang kita ambil saat pulang dari shalat id untuk dibedakan dengan rute yang dilalui ketika berangkat. Rute keberangkatan menuju masjid atau musholla untuk sholat ied ini juga dianjurkan agar lebih panjang dari rute pulang. Di antara faedahnya mengapa harus demikian adalah supaya lebih memperoleh banyak pahala dalam perjalanan ibadah dan supaya ada bertemu dengan para saudara saudara nya dalam ikatan iman

Dan masih banyak lagi amalan amalan sunah menjelang sholat idul fitri, insyallah akan kami bahas pada postingan yang lain. Oke sesuai judul kapan waktu sholat idul fitri dilaksanakan?

Menurut mazhab imam Syafi'i, waktu pelaksanaan sholat idul fitri ini, dimulai dari munculnya matahari atau habisnya waktu subuh pada hari raya Idul Fitri sampai nanti bergesernya matahari memasuki waktu dzuhur.

Secara tehnikal waktu sholat idul fitri sebaik nya lebih mundur bila di bandingkan dengan waktu sholat idul adha. Artinya sholat idul adha mempunyai waktu pelaksanaan yang lebih cepat bila di bandingkan dengan sholat idul fitri. sholat ied mundur karena biar lebih luas waktu untuk membayar zakat karena ada sebagian orang yang membayar zakat sambil berangkat sholat idul fitri sedangkan sholat idul adha waktu nya lebih maju agar cukup banyak waktu menyembelih hewan qurban setelah sholat

waktu sholat idul fitri biasanya adalah ketika matahari sudah muncul dan mulai naik sekitar 1 tombak. Untuk wilayah jambi dan sekitar nya biasanya waktu Sholat Idul Fitri adalah jam 7.15 sampai jam 8.

Saya pernah sholat idul fitri di wilayah jambi tepat nya di kabupaten merangin kota bangko, waktu pelaksanaan sholat idul fitri adalah jam 7.20 tepat. Dilanjutkan dengan khutbah idul fitri dan selesai itu acara tahlil singkat dan salam salaman. Untuk wilayah lain biasanya waktu sholat idul firi menyesuaikan dengan dalil dari pada imam syafii di atas.