Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Getah Karet Banyak

Cara membuat getah karet bisa banyak banyak dicari oleh banyak orang, terutama para petani karet. Pasalnya karet merupakan salah satu komoditas perkebunan yang juga sangat menjanjikan di samping komoditas yang lain. Sehingga banyak cara yang dilakukan oleh banyak orang agar getah karet deras dan melimpah.

Cara membuat karet menghasilkan banyak getah itu mudah asal kita paham apa yang dibutuhkan oleh karet dan cara penanganan nya. Untuk itu pada postingan ini akan kami berikan beberapa cara untuk menghasilkan banyak getah karet yang sudah kami buktikan seperti di bawah ini.

Pemupukan

Karet adalah tanaman yang tentunya juga butuh pupuk dan kesuburan. Di luar sana banyak yang menawarkan pupuk karet terbaik namun terbaik ini dari segi apa? ini yang penting kita pahami disini.

Pupuk untuk karet harus kita berikan sesuai umur dan dosis guna mendapatkan karet super yang banyak memiliki getah. Berikut kami berikan jadwal pemupukan karet yang harus anda pahami seperti di bawah ini:

Jadwal pemupukan tanaman karet sesuai usia

 

Dari tabel di atas kita pahami bahwa pupuk yang di butuhkan karet adalah Urea, TSP, KCL dan kieserit. Artinya anda boleh menggunakan pupuk tunggal atau pupuk majemuk asal kandungan nya sesuai dengan yang kami paparkan. Jadi jika anda mencari obat agar getah karet mengalir deras maka salah satu caranya adalah pada pemupukan yang sesuai jadwal, sesuai umur dan sesuai dosis. Cara memberi pupuk karet terbaik adalah sehabis hujan dan di sepanjang piringan.

Bebas dari gulma

Tanaman karet juga butuh dengan kesuburan. Ibarat nya apa apa yang ada di tanah adalah makanan. Maka pastikan piringan karet anda bersih dari gulma. Ingat bersih tidak harus bersih total ya, namun pastikan pada piringan nya saja yang bersih. Adapun jalur tengah harus ada tanaman peneduh tanah. Rumput liar atau tanaman tumpang sari sangat cocok di tanam di sepanjang jalur tengah (jalur mati). Jangan menyemprot total lahan karet anda sampai 100% jika anda ingin membuat karet memiliki banyak getah. Tanaman peneduh tanah ini wajib anda miliki agar kondisi tanah tetap dingin dan banyak cacing barsarang. Jadi pastikan saja piringan yang bersih dari gulma.

Agar Getah Karet menjadi deras dan banyak Ada 2 gulma yang harus tidak ada di lahan karet anda, yaitu:

  • alang alang
  • pakis kawat

Gulma alang alang dan pakis kawat memiliki sifat yang sangat panas di tanah dan tidak cocok berdampingan dengan tanaman karet. Untuk gulma lain nya masih bisa kita toleransi lah, namun untuk 2 gulma di atas jangan pernah ada di lahan karet anda jika ingin getah karet deras dan melimpah. Untuk gulma alang alang, cukup di semprot sama obat semprot sistemik (kuning) saja selesai. Untuk gulma pakis kawat biasanya agak susah maka gunakan Obat Semprot Herbisida Paling Bagus untuk mengatasi nya.

Bebas gulma yang menjadi point penting di sini adalah di piringan karet ya...untuk jalur mati malah lebih bagus ada gulma ringan semacam rumput sedang atau kita tanam tumpang sari atau biarkan rumput liar menghuninya asal bukan 2 gulma di atas.

Bebas penyakit

Nah salah satu cara membuat getah karet mengalir deras dan banyak berikut nya adalah pastikan tanaman karet mu bebas dari penyakit. Penyakit pertama yang menyerang pohon karet adalah penyakit JAP (jamur akar putih). Pohon karet yang terserang penyakit JAP akan menunjukkan gejala daun yang kusam dan mudah gugur. Akar dan batang pohon karet juga menjadi tidak kuat sehingga pohon karet kemungkinan besar akan mati jika penyakit sudah semakin parah bahkan bisa saja pohon nya masih hijau dan subur namun tumbang karena akar nya terserang JAP. 

Maka dari itu tidak di sarankan di dekat rumah tempat tinggal di tanam pohon karet ini karena jika terkena JAP, bisa saja pohon nya tumbang saat daun daun nya masih hijau dan ini sudah banyak terjadi

Banyak cara untuk mengatasi jamur akar putih di karet ini karena sudah ada obat jamur akar putih karet ini di toko toko pertanian. Silahkan beli saja di sana.

Sudah waktu nya disadap

Penyebab getah karet sedikit salah satunya adalah karena belum waktunya dipotong. Jangan memaksakan waktu ya. Jika memang masih muda, tunda dulu sampai siap. Ingat pohon karet yang siap disadap adalah pohon karet berusia 5 sampai 6 tahun. Di bawah 5 tahun jangan disadap dulu. Selain itu juga kita bisa melihat ciri ciri karet yang siap disadap, yaitu ketika batang pohon karet sudah memiliki lingkaran sebesar 45 cm. Menyadap pohon karet terlalu cepat dapat membuat getah yang dihasilkan sangat sedikit.

Waktu terbaik menyadap/memotong karet

Kapan waktu terbaik menyadap karet? Yup pada pagi hari sobat. Berdasarkan hasil penelitian, waktu terbaik untuk melakukan penyadapan pada pohon karet adalah sebelum jam 6 pagi. Bahkan terbaik nya pada malam hari jika memang kebun mu dibelakang rumah. Mulai jam 12 malam bisa kita lakukan penyadapan.

Paling lambat nya habis sholat subuh langsung berangkat menyadap karet ini. Jangan sampai sudah siang baru berangkat karena cuaca sudah panas getah akan keluar sedikit. Agar Getah Karet Banyak lakukan lah se pagi mungkin untuk menyadap karet ini.

Kasih perangsang getah atau bisa juga bawang Bawang Merah

Agar Getah Karet jadi Banyak maka anda bisa juga menggunakan perangsang getah. Perangsang getah karet ini ada banyak sekali jenis nya. Anda cukup datang ke toko pertanian dan beli lah perangsang getah karet. Di sana sudah ada cara pakai dan dosis nya.

Adakah perangsang getah karet herbal? Yup ada. Anda bisa menggunakan bawang merah. Mengapa bawang merah bisa menjadi perangsang keluar nya getah karet jadi banyak? Mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pernah melakukan penelitian dengan menggunakan bawang merah sebagai stimulator dalam meningkatkan produksi getah tanaman karet ini, dan hasil nya luar biasa.

Mengapa bawang bisa menjadi stimulator getah karet? Karena bawang merah mengandung hormon auksin yang diketahui dapat menghasilkan getah, nah pohon karet membutuhkan auksin dari bawang merah tersebut untuk stimulator getah nya.

Perlu di ketahui jika pada tanaman karet yang sudah sering disadap, kandungan auksinnya akan semakin berkurang. Maka dari itu digunakanlah bawang merah sebagai asupan auksin untuk tanaman karet.

cara memperbanyak getah karet dengan bawang merah ini bisa anda baca di google atau cek di yt sudah ada kami posting. Terlalu panjang jika kami jelaskan di sini sobat ya...

Demikian lah tips Agar Getah Karet menjadi Banyak versi pintu dunia, semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses selalu. Jangan lupa cek artikel kami yang lain yang ada di web ini