Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Zikir Thoriqoh Qodiriyah

Tata Cara Dzikir Thoriqoh Qodiriyah sangat penting kita pahami, karena sampai saat ini masih ada beberapa santri Thoriqoh Qodiriyah yang belum paham tentang urutan Zikir Thoriqoh Qodiriyah dari awal sampai akhir. Maka melalui postingan ini saya ingin berbagi tata cara dzikir tarekat qadiriyah yang kebetulan saya adalah murid dari Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah.

Perlu kita pahami jika bacaan thoriqoh qodiriyah lebih simpel atau lebih pendek dari pada Cara Zikir Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah, karena Zikir Thoriqoh Qodiriyah hanya zikir jahr Qodiriyah saja tanpa melakukan zikir ismu dzat Naqsyabandiyah.

Baiklah di bawah ini saya berikan urutan Zikir Thoriqoh Qodiriyah dari awal sampai akhir, ingat ini hanya zikir Qodiriyah ya....jika anda adalah murid Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah maka anda bisa membaca di blog ini juga, sudah kami posting pada postingan yang lain.

Dzikir dan doa tarekat qadiriyah lengkap dari awal

Zikir tarekat qadiriyah adalah zikir nafi isbat, yaitu berzikir dengan mengucapkan kalimah tauhid " Laa ilaha illallah" setiap selesai sholat fardu sebanyak minimal 165x. Artinya amalan tarekat qadiriyah ini dalam 1 hari 1 malam nya (24 jam) dilakukan sebanyak 5x dan tidak boleh di borong. Maksud nya praktek zikir tarekat qadiriyah ini harus selalu dilakukan setiap selesai sholat fardu. Jika tidak bisa berzikir karena ada uzur yang benar benar uzur bisa di Qodo' (di ganti lain waktu), silahkan tanyakan pada guru mursyid anda soal ini.

Berbeda dengan zikir Naqsyabandiyyah yang mana pada zikir Tarekat Naqsyabandiyyah bisa di borong dalam satu waktu, namun jika zikir Thoriqoh Qodiriyah harus dilakukan setiap habis sholat. Sekali lagi bertanyalah pada guru mursyid mu soal ini ya.....

Tata cara Zikir Thoriqoh Qodiriyah adalah sebagai berikut:

1. Zikir Thoriqoh Qodiriyah Dilakukan Setelah selesai sholat Jamaah, setelah imam selesai berdoa. Jika sholat nya sendiri maka bisa langsung dilakukan zikir Qodiriyah ini.

2. Pertama kali memulai Zikir Thoriqoh Qodiriyah langsung membaca istighfar Thoriqoh Qodiriyah yaitu:

Astaghfirulloohal Ghofuuror Rohiim 3x

3. Setelah membaca istighfar Thoriqoh Qodiriyah kemudian membaca sholawat Thoriqoh Qodiriyah yaitu:

Alloohumma Solli Ngalaa Sayyidinaa Muhammad. Wa ngalaa Aalihii Wasohbihii Wa sallim 3x

4. Setelah selesai membaca sholawat Thoriqoh Qodiriyah dilanjutkan zikir pembuka nafi isbat, yaitu zikir jahr membaca kalimah tauhid, yaitu:

Laa Ilaaha Illallohh  sebanyak 3x

Untuk zikir pembuka nafi isbat Kalimah tauhid 3x ini ada ketentuan nya yaitu:

  • pada lafat Laa....di panjangkan dan kita tarik mulai dari pusat (pusar) sampai ke otak dengan cara kepala kita nunduk ke pusar pas membaca Laa dan di panjangkankan sambil kepala di tarik dari pusat sampai ke atas. Jadi panjang Laaaaaaaaaaaa (anda harus menghadap guru jika ingin paham gerakan ini) 
  • Lalu pada kalimah Ilaaha di jatuhkan ke arah dada kanan, Jadi dari atas tadi kepala langsung di hantam kan ke dada kanan sambil ngucap Ilaaha. Artinya kepala dari pusat, tarik ke atas (otak) terus tunduk kan ke kanan menghantam dada kanan sambil membaca Ilaaha 
  • Lalu pada kalimah Illallohh di jatuhkan ke arah kiri, hati sanubari sebelah kiri dengan pukulan yang kuat.
  •  Jadi kalau kita urutkan, kepala dari tunduk ke pusat sambil membaca Laaaaaaa sambil tarik panjang ke atas, Lalu kepada nunduk ke dada kanan, sambil membaca Ilaaha, dan kepala tunduk kan lagi ke dada kiri sambil membaca Illallohh..... Praktek kan di depan guru mursyid agar lebih paham gerakan zikir pembuka nafi isbat ini.

5. Jadi setelah zikir Laa Ilaaha Illallohh 3x dengan cara di atas tadi, lalu kita lanjutkan zikir jahr kalimah tauhid Laa Ilaaha Illallohh sebanyak 165x (paling sedikit). Biasanya 2 putaran tasbih (200) jadi ada tabungan. Tanyakan kepada mursyid soal tabungan ini ya...terlalu panjang jika saya bahas di sini. Intinya minimal 165x ya...

Setelah zikir Jahr tadi selesai sebanyak minimal 165x lalu dilanjutkan membaca Sholawat penutup nya yaitu:

sayyiduna muhammadur rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebanyak 1x saja.

Setelah selesai membaca Sholawat penutup di atas 1x lalu membaca doa Thoriqoh Qodiriyah. Doa nya yaitu sholawat Munjiyat (silahkan di google) lalu bisa di tambah dengan doa doa yang lain. Jika hanya membaca doa/sholawat munjiyat saja sudah cukup karena ini yang wajib nya.

Setelah selesai membaca doa (sholawat munjiyat) di teruskan kita membaca Bacaan tawasul thoriqoh qodiriyah atau bacaan tawasul thoriqoh qodiriyah wa naqsabandiyah. Karena sama saja untuk bacaan tawasul nya dari ke dua zikir tarekat ini karena memang sama

Tawasul thoriqoh qodiriyah adalah sebagai berikut:

Ilaa Hadroti sayyidinaa Rosuulillahi shallallahu alaihi wasallam.... Al faatihah 1x

Summa ilaa masyaa-yihi ahlis-silsilatil-qodiriyyati-wan-Naqsyabandiyyah....Khusuuson lisulthoonil auliyaaais-syeh abdil qoo diril jailaani, wa sayyidinad-too-ifatis-suufiyyah...maulanas-syeh junaidil baghdaadi

Qoddasalloohu asroo humal aziizah....aaamiinn......Al faatihah 1x 

Summa ilaa arwahi aabaa inaa wa ummahaatinaa walikaaffatil muslimiina wal muslimaat. wal mukminiina wal mukminaat, al ahyaai minhum wal amwaat. syaiul lillaahi lahumul faatihah......1x

Lalu di lanjutkan dengan tawasul kepada guru mursyid anda, lalu kepada kedua orang tua anda.

Tawasul tambahan ini boleh kepada siapa saja, terutama kepada orang orang sholeh

Setelah selesai tawasul maka selesailah Zikir Thoriqoh Qodiriyah ini, silahkan lanjutkan ke zikir Naqsyabandiyyah jika anda telah baiat Naqsyabandiyyah.

Demikian lah cara mengamalkan Zikir Thoriqoh Qodiriyah dari awal sampai akhir. Tahapan zikir tarekat qodiriyyah latin ini saya tuliskan agar anda yang belum fasih membaca arab bisa membaca nya. Bagi anda yang sudah fasih sebaik nya anda membaca urutan Zikir Thoriqoh Qodiriyah versi bahasa arab.