Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penipuan Pinjaman Online

 

Penipuan Pinjol

Penipuan Pinjaman Online - Penipuan pinjol saat ini sudah sangat meresahkan sekali karena sudah banyak masyarakat yang telah menjadi korban dari penipuan pinjol ini. Apalagi saat ini kondisi ekonomi yang lagi tidak stabil, harga cabai lagi meroket, sehingga membuat pinjaman online abal abal ini semakin banyak merajalela dan menambah daftar korban penipuan pinjaman online ini semakin panjang.

Kita tau bahwa seseorang yang ingin meminjam uang baik secara offline ataupun online artinya ia sedang butuh. Nah di saat seperti ini bagi yang tidak paham, dia akan cepat merespon jika ada tawaran pinjaman online, apalagi dengan sarat yang begitu mudah. Tawaran pinjol ini saat ini banyak bersebaran di WA, Instagram, Facebook dan iklan iklan lain nya di web. 

Maka tidak heran jika penipuan pinjaman online di instagram dan penipuan pinjaman online lewat wa menduduki rangking pertama saat ini. Heran nya kadang kita bingung dari mana sich mereka dapat no WA atau ID Instagram korban nya? Yuk baca sampai habis ya...

Tips dari kami agar anda tidak terjerumus ke dalam pinjaman online abal abal ini, yuk kenali dan pahami ciri-ciri pinjaman online resmi dan ciri-ciri pinjaman online palsu agar anda bisa menyadarkan orang orang tercinta anda dari Penipuan Pinjaman Online ini.

ciri-ciri penipuan pinjaman online

Adapun ciri-ciri penipuan pinjol ada banyak sekali, di antaranya adalah seperti di bawah ini:

Tingkat suku bunga yang rendah

Cara mengatasi penipuan pinjaman online yang pertama yang harus anda pahami adalah tingkat suku bunga atau cicilan yang sangat rendah. Ingat dalam dunia online ada kata kunci yang penting anda garis bawahi yaitu " Jangan tergiur dengan harga murah"

Begitu juga jika pinjaman online. Secara logika pinjaman online tentu memiliki resiko yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan pinjaman offline, artinya dengan resiko yang lebih tinggi ini maka tidak mungkin jika tingkat suku bunga pinjol ini lebih rendah dari tingkat suku bunga KUR bank. Paham?

Ingat pinjaman yang paling ringan bunga nya atau cicilan nya adalah KUR, Kridit Usaha Rakyat oleh bank bank lokal indonesia.

Mengapa KUR bisa lebih murah? karena KUR itu merupakan skema bantuan keuangan yang memang dianggarkan oleh Pemerintah. Walaupun dana KUR berasal dari dana bank pelaksana namun pemerintah memberikan jaminan atas pinjaman KUR ini.

Jadi salah satu ciri ciri Penipuan Pinjaman Online adalah dia memiliki tingkat cicilan yang bahkan lebih rendah dari cicilan pinjaman KUR bank. Cek gambar pinjol di atas, cek lah...dia memiliki cicilan yang lebih rendah dari KUR bank. Hati hati...ini baru ciri pertama dari Penipuan Pinjaman Online

Membayar uang persyaratan

Nah ciri pinjaman online abal abal selanjutnya adalah dia pasti meminta uang syarat atau uang administrasi. Memang pinjaman apapun pasti ada biaya ya..tapi tidak besar.

Namun pinjaman online cenderung meminta uang administrasi yang lumayan besar. Hal ini karena memang dia mau menipu anda dengan uang administrasi ini lah. Paham kan?

Gampang cair

Ciri ciri pinjaman online palsu yang selanjutnya adalah persyaratan yang super mudah dan cepat cair. Ingat pinjam di bank aja kadang sampai 1 minggu bahkan 2 minggu baru pencairan. Jadi jika ada yang menawarkan pinjaman online yang super mudah sarat nya dan mudah banget cair nya, sebaik nya anda pikir pikir kembali. Kecuali jika memang anda tidak membayar sarat apapun dan tidak memberikan data penting apapun. Paham?

Admin nya cantik

Hal ini sudah bukan rahasia umum lagi ya, rata rata pelaku penipuan di sosial media pasti menggunakan foto profil cewek cantik dan banyak posting di group-group facebook. Walaupun ini tidak akurat 100% namun minimal hal ini mendekati 90% lah. Sangat jarang sekali pelaku penipuan pinjaman online dilakukan oleh admin cowok dan tampang nya biasa biasa aja...hehehe

Agar anda terhindar dari Penipuan Pinjaman Online maka biasakan jika urusan apapun minimal nya video call. Jadi akan nampak dan sangat jelas semua proses nya. Meski ini tidak menutup kemungkinan masih tertipu tapi minimal ini sudah meminimalisir. Segera lakukan video call jika anda berhubungan apapun yang ada sangkut paut sama uang ya...termasuk jika ada teman yang pinjam uang dari anda. Takut nya WA nya di bajak sama orang lain. 

Meskipun sudah ada Cara Agar HP Tidak Bisa Disadap Siapapun tapi karena hal hal tertentu masih aja ada orang yang teledor dan menyebabkan HP nya disalah gunakan sama orang lain. Maka dari itu jika ada temen mu yang pinjam uang atau apapun yang penting, lakukan lah video call agar tau apakah benar benar dia atau bukan. Paham?

Pinjam otomatis

Mungkin sebagian dari anda ada yang di telpon oleh pihak-pihak tertentu yang mengatakan bahwa ia menagih pinjaman online atas nama anda atau no anda. Jika iya maka fix itu adalah penipuan, jika memang anda tidak melakukan.

Hal di atas adalah modus penipuan yang dilakukan pinjol ilegal terbaru. Jika terjadi pada anda maka jangan khawatir, tanggapi saja dengan santai dan biarkan dia kapok sendiri. Kerjai balik aja. Paham kan?

Sekarang apakah ada cara untuk mengetahui pinjaman online itu resmi atau tidak? karena memang pinjaman online resmi ini memang ada dan diakui oleh OJK.

Bagaimana cara cek pinjol resmi tau tidak?

Sebenarnya ada banyak cara mengetahui pinjaman online resmi atau tidak, salah satunya adalah dengan cara telpon ke OJK langsung dengan no 157. Anda juga bisa chat layanan Whatsapp 081 157 157 157 untuk mengecek status izin penawaran produk jasa keuangan atas pinjaman online yang ditawarkan. Nanti akan ada bot yang akan memproses chat anda.

Bagaimana jika anda sudah terlanjur menjadi korban Penipuan Pinjaman Online? Apakah ada cara untuk melaporkan korban pinjol ini? Yuk simak di bawah ini

cara melaporkan penipuan pinjaman online

Bila sudah terjadi penipuan pinjaman online ini sebenar nya sudah sangat sulit sekali, namun tidak menutup kemungkinan uang anda bisa kembali. Untuk itu berikut cara melaporkan penipuan pinjaman online agar uang kembali.

1. Melaporkan langsung melalui Bank

Cara melaporkan langsung ke bank terkait ini bisa anda lakukan jika ada penipuan yang dilakukan dengan cara transfer bank atau Anda diminta untuk mengirimkan sejumlah uang melalui bank, maka Anda dapat melaporkannya pada pihak bank tersebut.

Anda harus terlebih dahulu mendatangi kantor cabang dari bank yang digunakan oleh penipu misal nya bank BRI atau Mandiri atau bisa juga dengan menghubungi customer service dari bank tersebut via telepon. Anda bisa cek no CS bank yang anda inginkan di google.

Jangan lupa menyertakan bukti bukti penipuan yang dilakukan. Bukti ini bisa saja chat, rekaman telepon, bukti transfer dll. Jika cukup bukti maka anda bisa meminta pihak bank untuk melakukan pemblokiran nomor rekening penipu dan memprosesnya ke pihak berwajib.

2. Lapor polisi

Setelah anda laporkan ke bank pertama kali (jika transfer via bank) dan juga rekening langsung di blokir untuk sementara waktu. Maka cara melaporkan penipuan pinjol selanjut nya adalah laporkan kepada polres di dekat mu.

Pastikan semua bukti anda bawa, misalnya  seperti tangkapan layar, url, foto, rekaman suara telphone, atau video. Setelah itu datanglah ke kantor polisi tingkat polres untuk tindak pidana cyber.

3. Laporkan pada halaman lapor. go . id

Untuk penipuan pinjaman online dan penipuan apapun anda bisa mengadukan pada situs Kantor Staf Presiden untuk layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat. Laman ini sengaja dibuat agar masyarakat mudah dalam mengadukan hal hal penting pada tingkat terbawah.

Anda bisa melaporkan penipuan pinajaman online pada situ lapor. go. id yang mana situs ini dikelola Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Silahkan kunjungi situs nya dan laporkan sesuai tahapan nya. Adapun tahap pelaporan terdiri dari penulisan laporan, proses verifikasi, proses tindak lanjut, dan pemberian tanggapan.

4. Laporkan penipuan pinjol pada OJK

Ingat semua hal investasi online, dana online, dan semua hal-hal yang berkaitan dengan uang selalu di bawah pengawasan OJK. Jadi cara melaporkan penipuan online salah satu nya adalah bisa melalui OJK.

Cara melaporkan penipuan ke satgas waspada OJK bisa melalui layanan konsumen 1500655 atau email waspadainvestasi@ojk.go.id.

Tips Menghindari Penipuan Online

Setelah anda paham tentang ciri-ciri penipuan online dan cara melaporkan penipuan online, selanjutnya Anda juga perlu tahu mengenai tips menghindari penipuan online agar kelak tidak terjadi lagi hal yang serupa.

8 cara agar terhindar dari Penipuan Pinjaman Online

1. Cek latar belakang dan rekam jejak digital Penjual

Ingat kita sering mendengar istilah "Jejak digital itu kejam jendral". Maksud nya adalah jika penjual, pemilik dana, atau apapun itu adalah orang yang sering melakukan aksinya, pasti ada jejak digital nya baik positif atau negatif.

Jika dia promo dari FB cek, apakah FB nya akun baru atau sudah lama. Berapa banyak temen nya. Temennya fiktif apa teman asli. Berapa banyak dia berinteraksi di FB. Apa saja yang di bahas, punya group apa saja. Begitu juga dengan akun sosmed lain nya.

Lakukan video call dan rekam. Suruh dia pegang KTP atau KK atau bersama ortunya atau team nya ketika video call. Lakukan apapun agar mendapatkan lebih banyak rekam jejak digital

Ingat, tertipu online itu rasanya sakit banget...hehehehe

2. Gunakan E-commerce Terpercaya

Jika anda ingin menerima dana, maka anda bisa gunakan dan memilih e-commerce yang terpercaya. Selain itu, gunakan e-commerce yang memang memiliki fasilitas untuk pengembalian dana dengan mudah dan cepat jika terjadi penipuan.

3. Awas link SPAM

Penipuan Pinjaman Online dan modus modus penipuan online lain nya terkadang banyak yang melalui phising. Yaitu suatu link fake yang mencuri data data kita.

Saran saya jangan sembarangan mengklik link yang tidak jelas apalagi link aneh. Jangan pernah login sosmed ketika setelah klik link tertentu dan anda logout.

5. Simpan semua bukti Transaksi

Hal ini sangat penting sekali untuk keperluan kedepan nya. Dengan menyimpan semua hal hal penting lain nya maka bila dibutuhkan lagi bisa anda dapatkan dengan mudah. Bukti itu juga bisa menjadi bukti kuat jika terjadi penipuan. Selain itu simpan juga beberapa bukti yang lainnya seperti bukti percakapan.

6. Blokir semua kontak promo yang mencurigakan

Apabila menerima menerima SMS atau WhatsApp penawaran pinjaman online ilegal segera langsung hapus dan blokir nomor tersebut. Agar kedepan tidak pernah terjadi lagi pada anda.

7. Awas data-data penting anda

Biasanya pihak pinjol abal akan mengelabui nasabahnya dengan alasan agar dana cepat cair, maka peminjam harus menyerahkan data pribadi lainnya seperti pin atau password perbankan. Ingat, bank saja tidak pernah minta pin ATM atau PIN bangking kita lo

Jadi jangan pernah memberikan pin atau password perbankan kepada siapapun dengan alasan apapun

8. Gunakan Rekber terpercaya

Jurus ampuh menghindari penipuan online selanjutnya adalah gunakan rekber. Rekening bersama online terpercaya saat ini sudah banyak. Salah satunya yang kami rekomendasikan adalah Pak TRI. cek aja di google

Rekber adalah pihak ke 3. Jika ibarat toko maka rekber bisa seperti shoppe atau lazada. Dengan adanya pihak ke tiga maka semua transaksi online bisa lebih aman.

Demikian sharing kita tentang Penipuan Pinjaman Online semoga dengan membaca artikel di atas, kita semua terhindar dari semua penipuan online dan menambah wawasan kita. Salam suskes selalu.