Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Postingan Blog Yang Sudah Tidak Ada

Mungkin pembaca web www.pintudunia.com bingung mengapa pada postingan kali ini saya membuat sebuah judul Cara Menghapus Index Postingan Blog Yang Sudah Tidak Ada. Bagaimana bisa menghapus postingan blog yang sudah terhapus atau sudah tidak ada? Apa yang mau di hapus, sedangkan artikel nya sudah tidak ada?

Mungkin artikel yang saya buat ini sedikit aneh ya, namun yang perlu anda ketahui bahwa hal yang akan saya tulis ini real terjadi pada blog saya dan saya alami sendiri. Jadi ini adalah sebuah kenyataan. Siapa tau dengan membaca cara menghapus index url yang sudah tidak ada di blog ini bisa bermanfaat bagi anda yang mungkin suatu saat akan mengalami masalah sejenis dengan yang saya alami.

Artikel tentang Cara Menghapus index url Blog Yang Sudah Tidak Ada ini bermula dari kasus pembatasan iklan google adsense pada salah satu blog yang saya miliki.

Jadi ceritanya tiba tiba saya mendapatkan sebuah email yang isinya bahwa iklan yang tampil di situs saya dibatasi/di cekal. Lalu agar lebih jelas saya ceklah di dashboard google adsense saya di bagian pusat kebijakan juga ada peringatan yang sama.

Di bagian Pusat kebijakan google adsense jelas sekali situs apa yang di cekal iklan nya dan masalah detail nya seperti apa dan ternyata iklan google saya di batasi karena Konten replika.

Di bagian detail jelas sekali tertulis "iklan yang ditayangkan google pada layar dengan konten replika".

Apa itu konten replika pada google adsense? Yaitu konten yang sama dengan situs laen. Alias artikel yang copy paste dan dilaporkan sama pemilik situs aslinya. Paham sampai di sini?

Agar lebih paham pembatasan iklan karena konten replika cek gambar di bawah ini:

iklan adsense dibatasi
Iklan dibatasi karena replika konten

 

Jika iklan dibatasi karena konten yang replika lalu kenapa saya membuat judul artikel ini dengan Cara Menghapus Postingan Blog Yang Sudah Tidak Ada?

Karena ternyata setelah saya telusuri pada pusat kebijakan di adsense konten replika saya itu yang dilaporkan adalah 6 tahun yang lalu dimana blog itu masih blog punya orang. Bukan milik saya.

Gini ya...agar anda tidak gagal paham saya jelaskan kronologi awal nya ya.....

Jadi dulu saya dan teman saya sama-sama punya blog. Blog punya teman saya ini bagus sekali, tapi dia tidak mendaftarkan adsense dan tidak fokus. Dia menulis hanya sebagai hoby saja. 

Nah suatu ketika saya tanya katanya blog nya mati dan tidak di perpanjang. Dia sudah bosan ngurus karena dia sudah bekerja di bank. Jadi blog nya mati lah. Mati kurang lebih 5 tahun lah.

Lalu beberapa bulan yang lalu saya cek backlink, refering domain, dan kwalitas blog temen saya yang mati itu masih bagus sekali. Lalu saya tertarik dan kebetulan bisa di beli domain nya karena sudah lama mati. Lalu saya beli lah. Domain bekas punya teman saya yang dulu pernah bagus itu.

Jadi intinya saya membeli domain baru, yang dulu domain itu pernah berjaya milik teman saya.

Lalu saya isi lah dengan beberapa artikel dan mulai saya optimasi Agar Blog Page One Google dan banyak visitor berdatangan.

Setelah saya membaca agar blog diterima adsense dan saya nilai dan saya yakin jika blog ini diterima lalu saya daftarkan lah ke google adsense. Jarak kurang lebih 9 hari diterimalah blog baru saya itu oleh adsense dan siap menayangkan iklan adsense. Lalu saya pasanglah iklan nya sesuai prosedur.

Jarak 1 hari dari pemasangan iklan datanglah email pembatasan seperti di atas. Yaitu iklan di cekal karena replika konten. Paham? Padahal saya buka di pusat kebijakan adsense, konten yang replika adalah konten lama dulu ketika blog itu masih miliki teman saya. Artinya saat ini konten/URL yang menyebabkan iklan dibatasi itu sudah tidak ada lagi.

Paham? Jika paham masalah nya bagaimana mengatasi konten replika blog sedangkan konten/artikel itu sudah tidak ada lagi?

Jika URL postingan yang replika itu ada, enak...tinggal hapus saya index nya dan URL postingan nya sekalian. Sedangkan ini masalahnya yang kena replika url postingan nya tidak ada lagi, karena artikel jaman dulu sebelum saya beli domainnya. Entah dari mana google mendapatkan datanya, yang jelas url replika ini tidak ada lagi saat ini.

Untuk cara menghapus index dari google sangat mudah, salah satunya kita bisa pakai GSC (google search console). Di menu GSC ada menu penghapusan namanya. Tinggal paste link URL yang mau di hapus dari index google dari GSC blog tersebut.

Namun masalahnya GSC tidak bisa menghapus url yang sudah tidak ada di blog kita. Paham? Jadi GSC tidak bisa menghapus bekas index google. Maka Cara Menghapus URL Blog Yang Sudah Tidak Ada itu tidak bisa kita lakukan dengan google search console.

Kalau tidak bisa, Lalu bagaimana saya mengatasi masalah replika konten pada URL lama dalam kasus blog saya di atas?

Ternyata caranya cukup mudah, yaitu dengan cara ikuti saya petunjuk yang ada pada menu perbaikan di pusat kebijakan adsense, lalu pilih saya kurangi iklan dan suruh tinjau ulang lagi. Jarak 4 hari selesai dan beres.

Kesimpulan nya dari permasalahan itu adalah google akan merayapi semua data data dan artikel lama sekaligus laporan laporan lama jika anda pasang blog baru di adsense. Ini sifatnya robot/crawl ya...bukan manual manusia.

Lalu ketika kita laporkan permasalahan, dia akan tinjau secara manual. Paham? Setelah di tinjau secara manual, terbukti URL itu memang tidak ada di blog saya. Bereskan?

Jadi bagi anda yang mendapatkan masalah mirip dengan saya, santai saja. Laporkan saja, tindak lanjuti dengan klik perbaikan, ikuti langkah yang ada. Nanti pasti akan di tinjau secara manual.

Sedikit TIPS dari saya, salah satu cara agar google sayang pada blog kita adalah selalu lakukan hal hal kecil yang sering dilupakan oleh orang. Ingat ketika google telah menyelesaikan suatu masalah pada blog kita pasti akan ada pemberitahuan yang kurang lebih berbunyi "Luangkan waktu anda kurang dari 2 menit untuk menjawab survey kami".

Ingat ini adalah hal hal kecil yang terkadang para blogger meremehkan nya. Padahal ini sangat penting sekali bagi kita blogger.

Jika ada pemberitahuan survey lakukan saja. Contoh seperti survey google di bawah ini:


 

Ikuti saja survey seperti di atas. TInggal pilih saja. Sampai bawah isi semua. Ini penting sekali menurut pengalaman saya selama berkecimpung di dunia adsense.

Mengapa? Karena dengan mengisi survey kepuasan google artinya kita aktif mendukung segala perbaikan dan kebijakan google. Kita se akan benar benar meluangkan waktu utnuk itu. Padahal hanya 1 menit saja gak sampai kan? Apakah anda sudah mencoba? Jika belum cobalah...maka google akan sayang pada blog anda. Lakukan jika anda tidak percaya.


Demikian sharing kita hari ini tentang Cara Menghapus Postingan Blog Yang Sudah Tidak Ada lagi, semoga apa yang saya sharingkan ini bermanfaat. Silahkan share jika dirasa artikel ini berguna bagi yang lainnya.