Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Hari Santri Nasional

Ide Lomba Hari santri Nasional - Mengadakan macam-macam perlombaan hari santri nasional merupakan salah satu cara memperingati hari santri yang sering dilakukan disebagian besar pondok pesantren dan TPQ di Indonesia. Meskipun perlombaan tersebut tidak pernah keluar dari kodrat mereka sebagai santri dan juga penerus generasi bangsa. Sehingga ide lomba hari santri pun hingga kini masih menjadi hal yang dicari oleh banyak orang.

Maka dari itu, jika anda sedang mencari ide ide lomba untuk hari santri maka saat ini anda telah berada pada artikel yang tepat karena di web www.pintudunia.com ini saya akan berbagi tips tentang lomba yang cocok pada hari santri yang mana lomba lomba hari santri di bawah ini bisanya kami lakukan di pondok kami yaitu pondok pesantren Sulthon Fatah

Bagi pembaca yang masih bingung perlu saya jelaskan mengapa saya menulis tentang macam-macam perlombaan di hari santri ini? Tentu karena tidak semua perlombaan yang sering kita saksikan, misalnya macam macam perlombaan saat hut RI, atau macam macam lomba saat hari sumpah pemuda dan lain sebagainya itu tidak bisa semua kita terapkan menjadi perlombaan pada saat hari santri.

Mengapa hal ini terjadi?

Tentu karena perlombaan hari santri ini, harus sesuai dengan syariat dan tidak keluar dari kodratnya sebagai santri. Artinya perlombaan ini juga harus tetap menjaga marwah mereka sebagai santri. Jangan sampai gara gara perlombaan, masyarakat menilai santri dan bukan santri menjadi sama saja, misal nya lomba panjat pinang. Tentu lomba panjat pinang tidak bisa diterapkan pada hari santri. Paham ya sampai di sini....

Intinya lomba hari santri nasional harus identik dengan ide lomba islami. Jadi tujuan di adakan lomba ini selain tetap islami namun tetap heboh, semangat, kompak dan bahagia. ini kunci nya. 

Apa ide lomba yang membuat kompak dan semangat kerja sama team? Ini yang harus kita adakan.

Perlu juga anda pahami jika Agar Anak Kerasan Di Pondok Pesantren salah satunya adalah hiburan. Nah moment hari santri inilah saatnya membuat hiburan di pondok pesantren namun tetap cerdas dan hebat serta ikut serta dalam memeriahkan hari santri nasional.

Baiklah, berikut di bawah ini ada 7 Contoh lomba hari santri nasional yang bisa anda terapkan karena selain tetap islami, 8 ide lomba hari santri ini juga melatih kekompakan dan kebersamaan


1. Lomba memasak

Ide lomba hari santri yang pertama adalah memasak. Perlu anda pahami jika ini merupakan salah satu ide lomba hari santri no 1 yang selalu diadakan di pesantren kami juga di pesantren pesantren lainnya.

Mengapa lomba memasak ini penting? 

Karena selain mengatur kekompakan antar kamar di pesantren, lomba memasak juga adalah sebuah ajang pesta makan dan perbaikan gizi semua anak anak di pesantren. 

Lomba memasak ini banyak variasi yang bisa anda terapkan. Ada lomba memasak bebas plus 1 buah minuman, ada lomba memasak mie (yang mudah), ada lomba memasak nasi goreng.

Untuk pesantren kami biasanya mengadakan lomba memasak nasi goreng porsi 2 orang antar kamar. Jadi nanti tiap kamar menyajikan nasi goreng porsi 2 orang. Seluruh ustat dan ustazah akan pesta nasi goreng tentunya. Para santri biasanya memasak nya lebih, selain 2 porsi wajib mereka juga memasak untuk kamar mereka sendiri.

Intinya lomba memasak ini wajib selalu diadakan ya...agar meriah, kompak dan perbaikan gizi hihihi

2. Lomba Kerapian Kamar

Ide lomba pada hari santri selanjutnya yang bisa anda lakukan di pesantren adalah lomba kerapian dan kebagusan kamar. Lomba ini selain menumbuhkan kekompakan antar penghuni kamar di pesantren juga bisa menjadi ajang bersih bersih pada moment hari santri nasional.

Kebanyakan santri putri sangat menyukai lomba kebersihan kamar ini. Mereka akan mendesain kamar secantik mungkin. Namun ide lomba ini hanya bisa anda terapkan di pondok pesantren karena hanya pondok pesantren lah yang memiliki banyak kamar untuk para santri.

 

Penyerahan hadiah lomba kerapian kamar

 Untuk penilaian lomba kerapian kamar ini, para pengurus bisa berdiskusi kriteria nya apa saja. Jarak minimal 2 minggu lomba kerapian kamar ini harus sudah diberitahukan sehingga anak anak yang ingin mendesain kamarnya bisa siap siap. Lomba kerapian kamar ini tidak bisa dilakukan dadakan ya, karena banyak persiapan.

3. Lomba Balap Sarung

Ingat ini bukan lomba balap karung ya....karena jika lomba balap karung kurang pas untuk moment hari santri. Pertama karena lomba balap karung identik dengan loncat loncat yang mana pada satri putri ini kurang bagus. Jadi solusinya adalah lomba balap sarung.

Apa itu lomba balap sarung? Yaitu lomba estafet sarung. Buat saja 1 team 10 orang maksimal. Masuk kan sarung dari ujung, dengan cara tangan berpegangan. Siapa cepat sampai ujung dia yang menang.

Anda bisa cari di Youtube "Pintu dunia" untuk lomba estafet balap sarung ini. 

Perlu juga anda pahami bahwa lomba estafet sarung ini tanpa biaya karena kain sarung kan sudah banyak di kalangan santri. 

Lomba estafet sarung ini juga sangat bagus untuk membuat kekompakan team karena jika tidak kompak akan sangat susah sarung ini sampai pada ujung. 

Lomba estafet sarung juga merupakan salah satu lomba yang sangat meriah, karena nanti pasti ada sarung yang nyangkut-nyangkut bahkan jatuh. Sangat dibutuhkan kerja sama team disini dengan cara yang sebelah harus agak kebawah untuk memasuk kan kain sarungnya.

lomba estafet sarung


Untuk hiburan hari santri, maka salah satu lomba hiburan yang sangat cocok diterapkan adalah lomba memasuk kan sarung atau lomba estafet sarung ini.

4. Lomba Azan

Bedakan lomba azan dengan lomba ke agamaan ya. Jika lomba ke agamaan sangat tidak cocok dilakukan di pesantren pada saat hari santri. Biasanya lomba berbasis agama ini dilakukan saat menjelang Khaflah akhirussanah dan imtihan.

Lomba azan termasuk kedalam lomba umum. Banyak kegiatan umum yang menyangkut lomba azan ini. Lomba azan di pesantren dalam rangka hari santri ini bisa di buat misalnya khusus untuk kelas Mi atau Khusus untuk kelas 1 MTS. Jadi tidak semua kelas di gabung. Kita bagi bagi perkelas saja.

5. Lomba Bakiak

Lomba balap sandal dengan  3 pijakan ini sangat cocok untuk mengasah kerja sama team. Jika tidak kompak antar 3 orang ini, maka dipastikan akan jatuh bahkan tersungkur. Lomba bakiak 3 pijakan ini sangat cocok sekali anda terapkan sebagai salah satu ide lomba untuk hari santri nasional.

Untuk sandal bakiak nya bisa kita buat sendiri dari kayu yang kita kasih 3 pijakan di atas nya dari ban luat motor atau ban dalam mobil. Anda bisa cek youtube "pintu dunia" untuk bisa melihat cara membuat bakiak 3 pijakan ini.

6. Lomba kaligrafi

Salah satu ide perlombaan cerdas untuk hari santri adalah lomba kaligrafi ini. Untuk lomba kaligrafi ini bisa dibuat umum. Artinya kelas berapapun bisa ikut serta. 

Adapun manfaat lomba kaligrafi ini sangat banyak sekali. Selain untuk membuat anak semangat lagi dalam membuat kaligrafi hal ini juga bisa untuk mulai menjaring santri santri yang memang memiliki jiwa seni. Sehingga kapan kapan bisa diikut sertakan dalam perlombaan kaligrafi umum atau tingkat kabupaten. 

7. Lomba cerdas cermat hari santri Nasional

Selain lomba lomba di atas, maka untuk memeriahkan hari santri sekaligus merangsang semangat anak untuk belajar maka wajib diadakan LCC hari santri ini.

Yang perlu panitia perhatikan adalah lomba cerdas cermat hari santri ini hadiah nya harus lebih besar dari semua lomba yang ada. Karena LCC ini selain meriah juga untuk kemajuan santri dan juga pesantren.

LCC hari santri ini soal soal nya bisa bersifat khusus santri 80% di tambah soal umum 20%. Sudah banyak sekali Contoh Soal LCC Hari Santri Nasional yang bisa anda jadikan literatur. Tinggal anda tambah tambah saja.

Intinya LCC hari santri ini harus dan wajib ada selain juga lomba lomba yang lain. Tentunya harapan ke depan semakin banyak yang minat dan semangat untuk masuk ke pesantren.

Demikian lah sharing kita di website www.pintudunia.com tentang Ide perlomban pada hari santri nasional, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.