Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Anak Kerasan Di Pondok Pesantren

Agar Anak Kerasan Di Pondok Pesantren - Tidak terasa sebentar lagi ujian akhir semester ya, tentu sebentar lagi ada kelulusan. Nah banyak pilihan untuk melanjutkan studi bagi buah hati anda, salah satu nya adalah di masuk kan dalam pendidikan pondok pesantren. Tentu bagi sebagian orang tua, memiliki anak yang menempuh pendidikan di pondok pesantren adalah suatu kebanggaan tersendiri, karena selain dapat ilmu dunia mereka juga di ajarkan mendapat kan pelajaran tentang ilmu akhirat dan lain sebagainya.

acara wisuda Quran

 

Namun yang menjadi permasalahan adalah terkadang banyak anak yang awal awal nya tidak betah di pondok pesantren ini, apalagi bagi anak yang awal nya tidak pernah tau menahu soal pendidikan di pondok pesantren ini. Karena tentu sangat jauh perbedaan pendidikan sistem pondok pesantren dan di luar pondok pesantren. Nah Artikel kami tentang Agar Anak betah Di Pondok Pesantren ini penting sekali anda baca supaya ananda buah hati anda betah dan kerasan di pondok pesantren

6  cara supaya anak betah di pondok pesantren adalah sebagai berikut: 

1. Paham kan bahwa pondok pesantren itu indah

Supaya anak betah tinggal di pondok pesantren maka anda harus membuat sebuah keyakinan pada ananda bahwa pondok pesantren itu super indah lo. Ini penting sekali ada mindset kan pada pola pikir buah hati anda. Supaya betah di pesantren maka jauh jauh hari anda harus buat sebuah pemikiran dan keyakinan bahwa pondok pesantren itu indah. Jika perlu tonton kan video video anak anak pesantren yang lagi wisuda atau anak anak TPQ pesantren yang lagi lomba asmaul husna. Intinya cari video yang sekira ramai dan asik serta indah. Paham?

Jika di daerah mu ada acara akhir tahun sebuah pesantren, misal nya kemaren acara Haflah Akhirusanah Ponpes Sirojuth Tholibin atau acara wisuda Quran, maka bawa ananda ke acara tersebut dan lihat kan meriah nya dan indah nya acara anak anak pesantren agar ananda merasa jika pesantren itu memanglah indah.

Memahamkan bahwa pondok pesantren adalah indah ini penting sekali agar anak tidak merasa terpaksa masuk di ponpes dan ini harus anda lakukan jauh jauh hari agar pemahaman ini masuk sedikit demi sedikit ke ananda sembari anda putarkan video video lucu anak anak TPQ atau anak anak pesantren yang lagi lomba lomba atau apa gitu...paham kan yang saya maksud?

2. Pahamkan bahwa anak pesantren itu keren dan luar biasa

Trik agar anak kerasan di ponpes selanjut nya adalah pahamkan pada ananda bahwa jika sekolah di SMP atau SMA yang di luar pesantren hanya itu itu saja kegiatan nya, namun jika di pesantren akan sangat multi fungsi dan guna. Pahamkan jika Anak pesantren itu keren, selain bisa sekolah umum (SD, SMP, SMA dll) maka anak pesantren juga belajar durm band, marching band, belajar hadroh, pencak silat, belajar seni lukis kaligrafi, belajar membatik, belajar komputer, dan aneka belajar lain nya yang sekira itu ada di ponpes yang ingin anda tuju.

Point penting nya paham kan jika anak pesantren pasti belajar apa yang anak di luar pesantren belajar, namun anak di luar pesantren tidak belajar apa yang ada di dalam pesantren, artinya pesantren ini super lengkap dan keren. Jika perlu video kan waktu anak anak pesantren lagi makan ramai ramai ngantri di kantin/dapur pesantren hehehe ini indah lo.....wajib anda tontonkan ke ananda di rumah.

3. Lulusan pesantren bisa jadi apa aja

Supaya anak betah di pesantren maka jelaskan pada ananda bahwa pesantren itu bukan hanya mencetak jadi kiai atau ustad dan ustazah aja lo. Banyak cita cita yang bisa di capai dengan belajar di pesantren. Ada lo yang bisa masuk polisi dan TNI bahkan tanpa tes jika lulusan pesantren dan hapal AL Quran. Jelaskan pada ananda jika tidak ada beda nya mau jadi apa aja di masa depan antara sekolah dalam pesantren atau tidak.

Tanya pada ananda dirumah "adik mau jadi apa kalau sudah besar"? misal dia jawab jadi guru...wah cocok sekali adik....di pesantren adik bisa jadi guru yang baik dan keren...di pesantren dengan banyak temen temen bisa jadi cara terbaik belajar jadi guru...nah kurang lebih seperti itu ya....intinya ini tergantung pada usaha anda.

4. Kenalkan dengan lingkungan pesantren

Cara membuat anak betah di pesantren salah satunya adalah anak harus kita kenalkan dulu dengan pondok pesantren dan lingkungan nya. Cara terbaik berkenalan dengan ponpes adalah bawalah ananda main ke ponpes saat ada acara acara di ponpes. Waktu lebaran idul fitri bawalah anak anda berkunjung ke pesantren pesantren yang ada disekitar anda. Intinya harus dimulai dari diri anda dulu. Jika anda cinta sama pesantren, insyallah anak anda juga cinta sama pesantren

5. Berikan modal pemahaman agama 

Agar anak kerasan di pondok maka ananda harus punya modal pemahaman agama, minimal ananda sudah bisa membaca kita suci AL Quran. Ini harus anda planningkan. Jika ananda belum bisa baca Al Quran maka cari lah guru kursus dan kursus kan baca Quran. Karena penyebab anak tidak kerasan di pondok pesantren yang paling utama adalah karena anak belum bisa baca AL Quran.

6. Jangan biarkan anak pulang dan kurangi komunikasi selama 40 hari

Penyebab anak tidak betah di pondok salah satu nya adalah karena anda sendiri sobat. Terkadang orang tua yang tidak paham begitu anak sudah di pondok selalu di kunjungi. ini fatal sekali. ketika orang tua berkunjung maka akan timbul dari hati anak kita ke inginan untuk pulang karena membayangkan fasilitas di rumah lebih enak dari pada di pondok.

Ingat selama 40 hari pertama jangan pernah anak di bawa pulang apapun kondisi nya, kecuali darurat ya. 40 hari pertama ini biasanya yang menentukan anak kerasan di pondok atau tidak. Selama 40 hari pertama ini juga kurangi komunikasi dengan anak dengan cara apapun. Jika via HP maka jangan call anak selama 40 hari pertama. Pokok nya selama 40 hari pertama bener bener kurangi interaksi dengan anak

7. Cari senior yang bisa menjaga anak kita

Tips agar anak betah dan kerasan di pesantren yang paling penting juga adalah Cari senior yang bisa menjaga anak kita di pesantren. Ingat, anak kita adalah orang baru di lingkungan yang baru. Banyak hal canggung yang terjadi, apalagi jika anak kita kurang bisa bergaul dalam waktu singkat. walaupun di pesantren sudah ada bagian yang mengurus dan menjaga santri baru namun tidak ada salah nya kita cari penjaga khusus untuk awal awal anak kita masuk pesantren.

Jika perlu kasih uang sama salah satu santri senior misal nya 200 ribu sambil bilang " Tolong kang ya, anda jaga dan arahkan anak saya agar kerasan di ponpes ini, saya berharap sekali sama sampean. Tolong arahkan karena dia masih baru". Intinya mirip seperti orang kepercayaan kita lah. Temukan anak kita sama orang kepercayaan itu. Tidak masalah kasih uang saku 200 sampai 500 ribu demi buah hati kita. Itung itung kita sedekah sama santri. Paham? ini penting sekali...karena dengan adanya senior yang menjaga khusus maka anak kita bisa secara khusus di awasi

8. Selalu berdoa pada ALLAH selama anak di pesantren

Yang tak kalah penting nya supaya anak kerasan di pondok adalah selalu berdoa lah pada ALLAH agar anak kita di beri kemudahan dan kerasan selama di pesantren. Kirim doa dan sedekah untuk anak anak kita supaya kerasan. Bacakan Bacaan Tahlil Paling Lengkap Dengan Doa beserta tetangga dan lingkungan anda yang mana kita khususkan agar anak kita di beri kemudahan dan kerasan di pesantren. 

Semoga dengan 8 cara membuat anak betah di pesantren di atas maka anak anak kita bisa kerasan dan betah di pondok pesantren dan semoga hasil tujuan, hasil maksud dan menjadi anak anak yang solih dan solihah. amin amin ya robbal alamin