Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haflah Akhirusanah Ponpes Sirojuth Tholibin

Haflah Akhirusanah Ponpes Sirojuth Tholibin - Bukan rahasia umum lagi jika pada bulan sya'ban ini tentu banyak sekali pondok pesantren yang mengadakan pengajian pengajian. Baik pengajian umum akhir tahun maupun pengajian Qhotmil Quran dan haflah akhirusanah. Program pendidikan tahunan di pondok pesantren biasanya berakhir di bulan sya'ban ini karena pada bulan ramadhan kegiatan ngaji rutinan sudah off dan berganti dengan ngaji kilatan beberapa kitab kuning dan amaliah amaliah lain nya.

Hal ini juga berlaku di pondok pesantren Sirojuth Tholibin. Pondok pesantren yang terletak di Desa Pancamulya Kecamatan Air Kumbang Kab Banyuasin, Palembang ini pada hari minggu yang lalu tepat nya pada tanggal 20 Maret 2022, pondok pesantren ini melaksanakan Pengajian Akbar Dalam rangka haflah akhirusanah dan wisuda khotmil quran bil goib yang ke 2. Pengajian akbar dengan tema membentuk Generasi Hafidz hafidhoh Al Quran yang ber ahlaqul karimah ini insyallah akan di isi oleh penceramah dari kota jambi yang bernama Kyai H Muhlasin Ar.


Kiai Musrifan dan Ibu Nyai beserta Santriwati Khotmil Quran

Perlu di ketahui bersama bahwa Ponpes Sirojuth Tholibin di bawah naungan pengasuh nya yaitu Kiai Musrifan merupakan salah satu pondok pesantren yang ber aliran Nahdotul Ulama' (NU) yang banyak  mengkaji kitab kitab salaf / kitab kuning dan juga banyak memiliki program program pendidikan madrasah dan kajian lain nya.

Beberapa program atau kajian ilmu yang diberikan di  Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin di antara nya adalah :

  1. Setiap hari Selasa dan Sabtu Pagi setelah sholat subuh maka kiai Musrifan memberikan kajian yaitu mengaji kitab Tafsir  Al Quran yaitu Tafsir Jalalain
  2. Setiap hari Rabu dan Minggu Pagi setelah sholat subuh maka kiai Musrifan memberikan kajian Kitab Durrotun Nasihin
  3. Setiap hari Senin dan Kamis Pagi setelah sholat subuh maka kiai Musrifan memberikan kajian Kitab Tambihul Ghofilin 
  4. Setiap Habis Sholat Magrib pada hari sabtu Ponpes Sirojuth Tholibin Mengadakan latihan Muhadhoroh
  5. Setiap Habis Sholat Magrib pada hari Senin Ponpes Sirojuth Tholibin Mengadakan Kajian AL Barzanji
  6. Setiap Habis Sholat Magrib Selain hari senin dan sabtu adalah Mengaji Al Quran
  7. Setiap hari selasa, sehabis sholat isyak maka Ponpes Sirojuth Tholibin Mengadakan Kajian Kitab Manakib
  8. Selain hari selasa, sehabis sholat isyak maka Ponpes Sirojuth Tholibin Mengadakan Kajian Kitab Irsyadul Ibad dan Nashoihul Ibad
  9. Khusus Malam jum'at Ponpes Sirojuth Tholibin mengadakan bacaan tahlil kubro
  10. Khusus Subuh hari Jum'at Ponpes Sirojuth Tholibin mengadakan istighotsah kubro

Program program yang di atas yang di berikan oleh kiai Musrifan di pondok pesantren Sirojuth Tholibin itu masih ada beberapa yang belum kami tuliskan. Intinya Ponpes Sirojuth Tholibin sebagai pondok pesantren yang ber mazhab kan Ahli sunah wal jamaah insyallah siap mencetak generasi generasi muda yang siap menyongsong masa depan dengan ilmu ilmu agama yang mampuni dan insyaallah siap meluluskan kader penerus bangsa yang paham dengan agama dan juga berjiwa sosial.

Kiai Musrifan juga minta doa dan dukungan dari kita semua untuk terus saling membantu agar ke depan pondok pesantren Sirojuth Tholibin makin besar dan makin memberikan manfaat yang banyak kepada masyarakat sekitar pada khusus nya dan kepada seluruh umat pada umum nya.

Perlu di ketahui juga bahwa Ponpes Sirojuth Tholibin juga merupakan salah satu pondok pesantren yang menjadi tempat penghapal Al Quran. Tahun ini juga Ponpes Sirojuth Tholibin telah mengadakan Khotmil Quran Bil Goib yang ke 2. Maka dari itu jika saudara ingin memiliki anak yang menjadi penghapal Quran silahkan daftarkan anak anak anda di Ponpes Sirojuth Tholibin.

Berikut beberapa Sesi foto Acara Haflah Akhirusanah Ponpes Sirojuth Tholibin yang telah berlangsung pada tanggal 20 Maret 2022

Dokumentasi Haflah Akhirusanah Ponpes Sirojuth Tholibin

Pembawa Acara Haflah Akhirusanah Ponpes Sirojuth Tholibin

Pembawa acara Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojut Tolibin yang sangat antusias dan semangat ini ikut membuat acara pengajian akbar ini menjadi lebih meriah.


Sesi foto Kiai Musrifan dan ibu Nyai dan beberapa santri putri peserta khotmil Quran



Sebagian santri putra peserta Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojut Tolibin dan khotmil Quran

Romo Kiai H. Muhlasin AR sedang memberikan tausiah dengan di kawal oleh Anggota dari BANSER dan pendekar dari perguruan pencak silat Bunga Islam


Santri putri peserta Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojut Tolibin dan Qotmil Quran


 
Sebagian jamaah pengajian akbar dalam rangka Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojuth Tholibin dan Qotmil Quran. 
 

Sebagian Jamaah yang hadir

Pengajian akbar dalam rangka Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojut Tolibin ini juga mendapat antusias warga yang sangat baik. Hal ini terbukti dengan banyak nya masyarakat yang saling mendukung sukses nya acara pengajian akbar ini.

Panitia Dapur yang selalu kompak

Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojut Tolibin tak lepas dari ikut serta nya masyarakat dalam memberikan kontribusi yang besar baik materi, tenaga maupun pikiran. Semua kompak dan bersatu demi kemajuan ponpes Sirojut Tolibin. Saat acara pengajian, tampak tokoh tokoh masyarakat dan pemuka agama hadir dan bersatu untuk ikut mendukung tumbuh dan kembang nya ponpes sirojuth tholibin ini.
 

Di atas adalah beberapa foto para Kiai, sesepuh dan tokoh masyarakat Desa Pancamulya Kecamatan Air Kumbang Kab Banyuasin, yang hadir dalam rangka pengajian akbar dan Khotmil Quran ini.


Perguruan Bunga Islam
 

Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojut Tolibin ini juga di meriahkan oleh salah satu perguruan pencak silat indonesia yang bernafaskan islam yaitu perguruan pencak silat Bunga islam. Sudah menjadi agenda rutin jika perguruan pencak silat bunga islam ini selalu mengawal kegiatan kegiatan islami yang ada di lingkungan sekitar.

 

Papan nama Ponpes Sirojuth Tholibin

Setelah acara Haflah Akhirussanah Ponpes Sirojut Tolibin selesai maka sekaligus Ponpes Sirojut Tolibin membuka pendaftaran baru untuk santri putra dan putri. Untuk itu kepada pembaca semua apabila berkenan dan memiliki putra maupun putri dan ingin di didik dengan agama yang baik maka silahkan mendaftarkan diri di ponpes Sirojuth Tholibin dengan alamat : Desa Pancamulya Kecamatan Air Kumbang Kab Banyuasin, Palembang

Jangan pernah takut jika anak anda tidak betah atau tidak kerasan dipondok karena insyaallah Kiai Musrifan punya trik khusus Agar Anak Kerasan Di Pondok Pesantren. Tentunya dengan sikap yang lembut dan santun dalam menjelaskan isyaallah anak anak kerasan dan betah mengaji di pondok pesantren

Demikian lah sekilas dokumentasi acara Haflah Akhirusanah Ponpes Sirojuth Tholibin yang bisa kami paparkan, semoga ini bermanfaat bagi anda semua. amin