Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tanaman yang Bisa Diletakkan di Kamar

7 Tanaman yang Bisa Diletakkan di Kamar, Lengkap Dengan Manfaatnya

Memiliki kamar indah adalah impian banyak orang. Maka tidak heran jika banyak orang mencoba mendesain kamar nya se indah mungkin. Dari mulai Desain Kamar Aesthetic Ala Drama Korea, bahkan desain sederhana namun tetep kece dan umut dengan warna pink juga menjadi pilihan sebagian orang. 

Ada juga yang mencoba melengkapi kamar tidur nya dengan aneka tanaman kamar agar indah dan segar. Hadirnya tanaman di dalam kamar, ternyata memiliki banyak manfaat. Tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias yang cantik, beberapa jenis tanaman juga bermanfaat untuk kesehatan.

Namun anda harus tau jika tidak semua jenis tanaman bisa diletakkan di dalam kamar lo....Jadi jenis tanaman apa yang bisa diletakkan di kamar, dan apa saja manfaatnya?

Berikut beberapa rekomendasi jenis tanaman yang bisa membuat kamar tampak asri, sehat dan bebas polusi.

1. Lavender

Memiliki warna yang cantik, tanaman Lavender juga dikenal karena aromanya yang menenangkan. Sehingga dapat membantu menjaga kualitas tidur, dan mengurangi insomnia. 


 

Selain itu, penelitian ilmiah membuktikan bahwa Lavender dapat meningkatkan gelombang lambat pada otak saat kondisi tidur. Artinya, tidur akan menjadi semakin lelap dan otot-otot di dalam tubuh bisa menjadi lebih rileks. Sehingga saat terbangun, Anda akan jadi lebih bersemangat.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat, dan bisa diletakkan di dalam ruangan seperti kamar, ruang tamu, dan kamar mandi. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan, minuman, obat, hingga dikonsumsi.

Lidah buaya juga diklaim mampu membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi insomnia. Mengapa lidah buaya harus diletakkan di kamar? 

Pada malam  hari, tanaman tersebut akan mengeluarkan oksigen sehingga mampu menghilangkan zat kimia yang berbahaya dan mencemari udara di dalam kamar. Selain itu, perawatan lidah buaya cukup mudah, Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari.

 

3. Peace lily

Memiliki bentuk yang elegan serta bunga yang cantik, tanaman Peace Lily dapat diletakkan di kamar untuk menghadirkan nuansa yang asri dan sejuk. Selain itu, tanaman ini dapat menyaring berbagai jenis racun di udara seperti karbon dioksida, amonia, xilena dan formaldehida. 

Peace Lily  bermanfaat untuk meningkatkan kelembaban udara dan memurnikannya. Meletakkan Peace Lily di sudut kamar menjadi sebuah pilihan yang tepat. Sebab, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di area yang intensitas cahayanya sedikit.

 

4. English Ivy

Bentuknya yang unik membuat English Ivy banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Salah satu jenis tanaman hias daun ini ternyata memiliki banyak manfaat, dan bisa dijadikan sebagai dekorasi kamar tidur.

English Ivy dapat tumbuh meski di area yang minim sinar matahari. Anda hanya perlu menyiram saat tanah terlihat mulai mengering. 

Tanaman yang satu ini bermanfaat menyerap racun udara seperti xilena, benzena, dan formaldehida. English Ivy juga sangat efektif untuk memperbaiki gejala alergi serta dapat menyerap jamur di udara hingga 94 persen dalam waktu 12 jam.

Bagi Anda yang mempunyai masalah pernapasan, maka sangat direkomendasikan untuk meletakkan English Ivy di dalam kamar terutama di sudut dekat jendela.

 

5. Lidah Mertua

Jenis tanaman yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga, terutama bagi para pecinta tanaman hias. Lidah Mertua memiliki bentuk daun yang menjulur ke atas dengan bentuk yang unik.

Tanaman ini bisa diletakkan di bagian sudut kamar untuk menghadirkan nuansa yang lebih asri dan sejuk. Pada malam hari, lidah mertua akan mengeluarkan oksigen serta menyaring karbon dioksida dan senyawa lain yang berbahaya di udara termasuk benzena dan formalin.

Kesimpulannya, lidah mertua dapat membersihkan udara di dalam kamar, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan adanya aroma yang tidak sedap di dalam kamar. Hadirnya tanaman lidah mertua di dalam kamar, akan membuat udara lebih bersih, segar, serta membuat aktivitas tidur semakin berkualitas.

 

6. Valerian

Jenis tanaman yang bisa diletakkan di kamar berikutnya adalah Valerian. Valerian merupakan satu dari sekian banyak tanaman hias yang diklaim mampu meningkatkan sistem otak serta dapat mengendalikan rasa rileks.

Bahkan tanaman ini sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk obat penenang. Selain itu, bagian akar Valerian juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi gejala insomnia.

Memiliki bunga cantik dengan warna yang soft, Anda bisa meletakkan Valerian di berbagai sudut kamar atau ruangan lain di dalam rumah. Memiliki banyak manfaat, pada dasarnya setiap tanaman mampu menyaring udara dan memperbaiki mood, termasuk Valerian.

 

7. Lucky Bamboo

Lucky Bamboo atau disebut juga sebagai bambu hoki merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa diletakkan di dalam kamar. Banyak yang mempercayai meletakkan tanaman lucky bamboo di dalam rumah mampu membawa keberuntungan. 

Namun, terlepas dari hal tersebut lucky bamboo dapat menjaga kelembaban udara di dalam kamar dari berbagai partikel jahat di udara. Selain itu, bentuknya yang unik sangat cocok untuk melengkapi dekorasi kamar Anda.

Itulah 7 jenis tanaman yang bisa diletakkan di kamar beserta manfaatnya. Apakah Anda sudah memilikinya? Sebelum meletakkan tanaman di dalam kamar, sebaiknya Anda memperhatikan ukuran tanaman agar bisa disesuaikan dengan luas kamar.