Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis di Desa Yang Menjanjikan

Ide Bisnis di Desa Yang sangat Menjanjikan - Banyak peluang bisnis di desa yang menjanjikan, Anda dapat mencobanya untuk menambah penghasilan sampingan atau sebagai sumber utama pendapatan bulanan. Bahkan ada beberapa bisnis yang tidak memerlukan banyak modal untuk menjalankannya. 

Lalu apa saja macam-macam bisnis tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Budidaya Lele

Ide bisnis di desa yang pertama adalah, usaha budidaya lele. Usaha ini patut dipilih karena tidak membutuhkan banyak modal namun keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat. Selain rasa ikan lele yang enak, jenis ikan ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kalori, protein, lemak, vitamin B12, potasium dan kandungan gizi lainnya. 

Perawatan ternak lele juga terbilang mudah, panen cepat, harga bibit murah, dan bisa dipasarkan ke banyak tempat. Misalnya pedagang kaki lima, pengepul, pedagang ikan di pasar, dan ke tetangga terdekat.

 

2. Membuka Usaha Agen Gas LPG 3 Kg

Gas elpiji 3kg merupakan salah satu kebutuhan yang banyak dicari meski di pedesaan. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda dapat mendaftar menjadi agen resmi LPG 3kg dan mendistribusikannya ke masyarakat. 

Untuk informasi pendaftaran agen bisa langsung ke Pertamina terdekat. Pastikan untuk menghindari calo atau yang mengaku sebagai distributor resmi dengan iming-iming harga murah.

 

3. Ternak Ayam Kampung

Jika dibandingkan dengan ayam potong, tentunya harga ayam kampung bisa jauh lebih mahal. Untuk itu, ternak ayam kampung patut Anda coba untuk menjalankan bisnis didesa. Selain itu  didesa umumnya masih banyak lahan kosong yang bisa dijadikan peternakan ayam. 

Lingkungan pedesaan juga sangat kondusif untuk membuka usaha peternakan ayam kampung. Selain itu modal untuk usaha ayam kampung ini juga tidak terlalu besar. Meski demikian, keuntungan yang didapat nantinya bisa berlipat-lipat. 

 

4. Jual Bibit Tanaman 

Peluang bisnis di desa selanjutnya adalah menjual bibit tanaman. Jenis usaha ini cukup menjanjikan karena selalu dibutuhkan oleh para petani dan pecinta tanaman. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar, tergantung berapa jenis dan jumlah bibit tanaman yang ingin dijual. 

Anda bisa menjual sayuran, bibit tanaman hias,  dan buah-buahan. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Anda juga bisa mencoba memasarkan bibit tanaman yang Anda jual di berbagai Marketplace.
Potensi keuntungan bisnis bibit tanaman ini cukup besar, apalagi sekarang kita masih baru lepas dari pandemi. 

 

5. Jual Pulsa dan Paket Data

Peluang bisnis di desa yang menjanjikan berikutnya adalah menjual pulsa dan paket data. Berbeda dengan masyarakat di kota, masyarakat di desa biasanya masih tidak terlalu paham dengan cara membeli pulsa dan paket data secara Online. 

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis isi ulang pulsa dan paket data. Modal yang dibutuhkan relatif kecil, mulai dari Rp. 100.000 saja. Anda bisa menjualnya secara Online maupun offline dengan mengandalkan smartphone kesayangan. 

 

6. Menjual Token Listrik

Selain menjual pulsa dan paket data, tidak ada salahnya jika Anda juga menjual token listrik saat merintis bisnis di desa. Bisnis pengisian token listrik dijamin menguntungkan karena listrik merupakan kebutuhan utama masyarakat. 

Cara isi token listrik juga mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi Gojek untuk membeli token listrik melalui menu GoBill. Semakin banyak orang yang mengisi token listrik dari bisnis Anda, semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

 

7. Ternak Kroto

Kroto merupakan salah satu pakan burung yang banyak dicari oleh para pecinta burung. Kroto atau yang kita kenal sebagai semut rangrang memang sangat populer karena dianggap sebagai makanan terbaik burung kicau. 

Menjalankan usaha ternak kroto memang sedikit sulit. Faktor alam sangat berpengaruh, misalnya intensitas sinar matahari, kelembapan udara, dan lain sebagainya. Yang pasti budidaya kroto merupakan salah satu bisnis di desa yang patut dipertimbangkan.

 

8. Budidaya Sayuran Organik

Budidaya sayuran organik merupakan jenis bisnis di desa yang cocok untuk dijalankan. Banyak yang menyepelekan bisnis sayur organik, padahal potensi bisnis ini cukup menjanjikan.
Masyarakat perkotaan kini mulai beralih ke makanan organik karena kesadaran bahwa makanan organik lebih sehat. Anda bisa menjalankan usaha budidaya sayuran organik ini di desa kemudian menjualnya ke kota.

Tentunya Anda harus memiliki koneksi dengan penjual sayur di pinggiran atau di pusat kota. Mungkin saat ini hanya orang-orang tertentu saja yang secara khusus mencari sayuran organik. Namun, dalam beberapa tahun ke depan dipastikan sayuran organik akan lebih banyak diminati.

 

9. Bisnis Kuliner

Jika Anda memiliki hobi dan keahlian dalam bidang memasak makanan, maka tidak ada salahnya jika memulai bisnis di desa dalam bidang kuliner. Minat kuliner orang desa tentunya agak berbeda dengan orang kota. Namun pada dasarnya jenis makanan yang sering dicari kurang lebih sama, misalnya bakso, mie ayam, gorengan, dan beragam makanan lainnya.

Ingat saat ini kemajuan teknologi sudah semakin canggih. Meskipun di desa namun menggunakan jasa delivery online saat ini sangat diperlukan. Hanya bermodal group FB atau WA saja saat ini sudah sangat cukup untuk mengonline kan usaha di Desa. 

Jika memang anda tertarik dibidang usaha kuliner online maka tidak ada salah nya jika anda mencoba Ide Bisnis Makanan Online Paling Laris 2023 yang mungkin nantinya ada yang masuk pada minat dan keinginan anda.


10. Ternak ayam petelur

Salah satu Ide Bisnis di Desa Yang sangat Menjanjikan salah satunya juga adalah beternak ayam petelur. Bagi anda yang ingin memulai bisa mencoba dengan mempelajari analisis biaya ternak ayam petelur dulu, karena dari sana nanti anda bisa menyiapkan budget nya.

 


Ternak ayam petelur di desa tentu masih memiliki peluang yang luar biasa dibandingkan dengan kota. Di Kota se akan sudah tidak bisa lagi untuk ternak ayam petelur ini karena jelas butuh tempat yang lebih luas dan bebas dari padat nya penduduk.