Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Puyuh Mulai Makan Pakan Adukan?

Kapan Puyuh Mulai Makan Pakan Adukan sering sekali ditanyakan oleh para pemula peternak puyuh. Perlu kita ketahui bahwa Puyuh mulai ganti pakan adukan, atau puyuh mulai makan pakan petelur antara peternak satu dengan yang lain terkadang juga berbeda. 
 
Puyuh mulai makan pakan petelur ada yang mulai umur 40 hari ada juga yang mulai umur 35 hari. Ini tergantung dari pengelaman masing masing peternak. Tapi adakah referensi paling ideal waktu pertama kali telur makan pakan adukan?
 
puyuh merangin
 
Untuk menjawab keraguan di atas Pintu dunia melakukan survey dari beberapa peternak yang ada di kabupaten Merangin, lewat kelompok ternak puyuh merangin.
 
Berdasarkan pengalaman dan survey di beberapa lokasi maka kami simpulkan bahwa rata rata peternak puyuh sukses mulai memberikan pakan adukan, atau pakan petelur adalah mulai umur 35 hari.

Mengapa harus mulai umur 35 hari puyuh baru makan pakan petelur?

Karena baru mulai usia 35 adalah usia produktif, di bawah itu fokus pada perkembangan badan dan pematangan sell telur. Pakan adukan bisa saja diberikan mulai puyuh umur 25 atau 30 hari namun produktivitas telur nya tidak akan maksimal nanti nya, dan hal ini malah membuat peternak rugi.
 
Sebaik nya untuk memaksimal kan hasil panen telur puyuh maka mulai umur 35 hari lah puyuh mulai diberikan pakan adukan, atau pakan campuran, atau pakan khusus petelur.
 
Pada beberapa kasus puyuh yang sell telur nya kurang matang maksimal dan sudah diberikan pakan adukan akan terjadi prolapsus, yaitu dimana saluran reproduksi ikut keluar bersama telur dan terjadi lah pendarahan, bisa juga mengakibatkan masalah yang serius tentang prolapsus ini. Dalam bahasa jawa sering disebut " Dobolen". Maka sebaiknya barikan pakan petelur sesuai pas usia nya.


Setelah anda paham kapan puyuh mulai makan pakan adukan, tentu sebagian akan bertanya tentang kwalitas pakan adukan (self mix) dan pakan jadi (pabrikan).

 
 
Kesimpulan
 
Jadi puyuh mulai makan pakan petelur adalah mulai umur 35 hari, di bawah umur 35 hari puyuh kasih makan full pedaging. Umur di bawah 35 hari fokus nya adalah pembesaran badan, dan pematangan organ organ produksi. Atau jika anda ingin hemat pakan boleh mencampur 50% pakan pedaging dan 50% pakan petelur mulai puyuh umur 30 hari ke atas. Baru lah full pakan petelur saat usia 35 hari ke atas. 

Terimakasih telah membaca Kapan Puyuh Mulai Makan Pakan Adukan? semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda.