Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Trigona Itama

Cara Merawat Lebah Trigona Itama mungkin sedikit berbeda dengan cara merawat lebah madu jenis Melifera atau Jenis Apis Cerana. Walaupun pada dasar nya cara merawat Lebah ternak jenis apapun kurang lebih sama, namun ada beberapa hal yang berbeda dengan cara merawat lebah trigona ini.

 

Cara Merawat Trigona Itama
Trigona Itama


Perlu di ketahui bahwa Trigona Itama adalah salah satu lebah penghasil madu jenis trigona. Di indonesia khusus nya ada banyak sekali jenis trigona yang di ternak untuk di ambil madu nya. Lebah jenis trigona ini semua nya tanpa sengat ya...jadi jangan khawatir untuk beternak lebah trigona karena ramah lingkungan dan aman dari anak anak kecil. Berbeda misal nya anda beternak lebah apis melifera atau apis cerana. Lebah jenis apis adalah lebah dengan sengat.

kelulut h itama

Cara Merawat lebah Trigona Itama adalah sebagai berikut:

Pastikan kotak nya adalah dari bahan yang kuat

Cara ternak trigona itama berbeda dengan lebah apis baik cerana maupun melifera. Jika lebah jenis apis di budidayakan hanya dalam kotak yang di kasih frame namun Lebah trigona itama biasanya di ternak dalam kotak dan toping (Kotak atas). Pada trigona bisanya log langsung sambung dengan toping sebagai kotak madu. cek pada gambar di atas. Jadi pastikan kotak madu tersebut berbahan kuat, karena jika dari bahan yang mudah lapuk maka akan mudah berjamur dan trigona tidak suka ini. Jika lebah jenis apis tidak masalah jika bahan nya kurang kuat karena lebah apis tidak bertempat pada kotak namun pada sarang yang melekat pada frame.

Artikel yang wajib anda baca lain nya :

  1. Bunga paling disukai lebah
  2. cara cangkok lebah trigona
  3. Bunga penghasil madu terbanyak

Jadi untuk Cara Merawat Trigona Itama atau kelulut atau kelanceng, maka pastikan kotak toping dari bahan yang kuat dan tidak mudah lapuk, serta kasih tutup dari plastik bagian atas jika rawan kena air, agar tidak lapuk.

Kasih tumpuan penyangga

Trigona itama atau jenis trigona apapun yang di ternak pastikan dikasih penyangga atau tumpuan, jangan di taruh di atas tanah langsung. 

Mengapa? 

Karena mudah dalam penanganan nya dan bebas hama. Sebaik nya kotak lebah trigona beserta log nya taruh di atas penyangga dan tiang penyangga tersebut kita kasih oli atau di kasih kain yang telah di basahi dengan oli. Tujuan pemberian oli pada penyangga kotak ini adalah agar semut tidak naik dan cicak juga. Karena musuh utama peternak lebah adalah semut dan cicak.


Cek secara berkala

Kotak trigona perlu di cek secara berkala untuk menjaga dari semua kemungkinan yang bisa terjadi. Misal nya dari gangguan semut, cicak dan predator lain. Paling lambat dalam 1 minggu sekali semua kotak harus kita cek secara berkala. Pastikan anda membawa kapur ajaib atau oli pada saat pengecekan, dan oleskan oli pada tiang penyangga dan gariskan kapur ajaib di sekeliling kotak agar semut tidak masuk. Buka penutup toping, siapa tau ada jamur atau serangga kecil...pastikan semua aman dari predator.

Arah pintu masuk

Hadapkan corong atau lobang masuk ke arah matahari terbit. Hampir semua lebah trigona di alam melakukan ini. Jadi pastikan  corong trigona menghadap ke matahari terbit sehingga ketika menjelang siang dan sore pintu lobang masuk ini tidak terkena sinar matahari. 

Corong yang menghadap matahari terbit juga akan lebih aman dari lelehan dan kerusakan, karena ketika corong trigona itama full kena panas matahari maka terkadang akan meleleh dan rusak. Pastikan corong tidak full terkena panas matahari. 

Perlu di ingat jenis lebah kelanceng atau trigona juga tidak suka jika full teduh, misal nya anda taruh di bawah pohon yang sangat rindang...Dia suka rindang tapi tetap terbuka ya...belajar saja dari alam. Cek langsung bagaimana kondisi situasi di alam, maka anda akan paham sendiri.

Cara panen

Pada saat panen, jangan di panen semua kantong madu yang ada. Sisakan sekitar 20 % untuk stock pakan anak trigona yang baru menetas. Jika di panen total maka terkadang mereka akan lambat sekali dalam pertumbuhan nya bahkan bisa bisa kabur. Cara panen trigona itama adalah dengan cara di sedot madu nya sehingga wadah madu tidak rusak. Ini akan sangat baik sekali sehingga lebah tidak perlu repot repot bangun pot madu dari awal kembali.


Demikian share kita tentang Cara Merawat Trigona Itama semoga bermanfaat, dan silahkan share jika di rasa ini bermanfaat.