Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Sawit Tumbuh Subur

 

Cara Agar Sawit Tumbuh Subur alami saat ini sedang ramai dilakukan para petani sawit. Mengingat kondisi pupuk yang semakin mahal membuat para petani ber inovasi melakukan berbagai cara agar lahan sawit subur dan hasil panen melimpah.

Cara Agar Sawit Tumbuh Subur
Tumbuhan pakis di sekitar luar piringan

 

Jika kondisi lahan sawit subur maka pemupukan pun akan maksimal dan hasil melimpah. Banyak orang yang melakukan pemupukan secara rutin namun hasil buah kurang maksimal, mengapa? Yup karena kondisi lahan yang gersang dan tandus. Ingat selain pupuk sawit juga butuh akan air.

Mari kita bahas cara membuat lahan sawit menjadi subur, karena jika lahan nya subur tentu sawit nya akan hijau dan penyerapan pupuk bisa optimal dan waktu pemupukan akan terserap sempurna karena kondisi tanah yang lembab, tidak gersang.

Cara Agar Sawit Tumbuh Subur

 

Nah, salah Cara Agar Sawit Tumbuh Subur adalah dengan memperhatikan kondisi tanah di sekitar pokok sawit. Ingat penyebab utama sawit menjadi kurus, kuning dan tidak sehat adalah karena kondisi tanah yang kering kerontang dan tidak memiliki kandungan air. Sawit yang bagus memiliki tanah yang lembab dan bersih dari gulma di sekitar piringan pokok.

cara mengembalikan lahan yang gersang

 

Kemudian apa yang kita lakukan agar tanah di sekitaran kebun sawit kita menjadi lembab? Yaitu dengan menanam tanaman penutup tanah.

Ada banyak jenis tanaman penutup tanah ini, salah satu nya adalah tumbuhan pakis atau` dengan nama ilmiah Nephrolepis biserrat (N.b) 

Tumbuhan pakis ini sangat mudah tumbuh karena akar serabut nya merata, Selain itu tanaman pakis atau N.biserrata merupakan tanaman naungan sehingga cocok ditanam pada areal tanaman kelapa sawit menghasilkan.

cara membuat tanah tidak kering

 

Berikut klasifikasi dan nama ilmiah tumbuhan pakis penutup tanah tersebut:

Klasifikasi Pakis Nephrolepis biserrata

Kingdom            : Plantae

Subkingdom       : Tracheobionta

Divisi                  : Pteridophyta

Kelas                   : Pteridopsida

Subkelas             : Polypoditae

Ordo                   : Polypodiales

Famili                : Dryopteridaceae

Genus                 : Nephrolepis

Spesies               : Nephrolepis biserrata


Cara Agar Sawit Tumbuh Subur
tanaman pakis pelembab tanah

 

Tumbuhan pakis ini saat ini lebih banyak di sukai oleh petani sawit dari pada tumbuhan kacang kacang karena selain sama sama sebagai pengendali gulma, tumbuhan pakis juga sebagai pelembab tanah dan juga tidak begitu ribet. Jika tumbuhan kacang kacang maka sekitar pokok sawit, piringan, bahkan jalan panen akan full di rambati oleh kacang kacang. Maka tumbuhan pakis adalah salah satu yang terbaik saat ini untuk di kembang biak kan.

Sudah banyak penelitian bahwa kebun sawit yang memiliki tanaman pakis ini maka hasil panen pun akan meningkat. Kami sudah melakukan pengembangan tanaman pakis ini selama kurang lebih 5 tahun hasil nya luar biasa.


Cara Agar Sawit Tumbuh Subur
Tumbuhan pakis pengendali gulma

 

Yang sangat luar biasa dari tumbuhan pakis ini adalah selama proses pembusukan pakis yang sudah tua maka tumbuhan pakis atau N. biserrata ini akan mampu meningkatkan kandungan unsur hara tanah yaitu  unsur N = 41%, Unsur P = 11%, Unsur K= 93% dan C-organik sebesar 11.3%. Tangkai yang sudah tua dan akar akar ambang yang membusuk sangat baik sekali untuk tumbuh nya mikroorganisme yang baik bagi tanah. Dengan tumbuhan pakis ini maka tanah menjadi lembab dan dingin sehingga ketika jadwal pemupukan tiba, pupuk akan segera di serap oleh sawit karena tanah lembab. 

Tanah yang lembab juga akan merangsang perakaran sawit dan pelepah yang cenderung panjang dan hijau karena pengaruh dari mikroorganisme yang berkembang di bawah tanaman pakis ini.

Ingat tujuan pemupukan adalah di serap oleh tanaman sawit, maka pastikan jika waktu pemupukan adalah tanah dalam ke adaan lembab sehingga losess pupuk semakin minim, ini terjadi lantaran kondisi tanah yang lembab. 

Satu lagi manfaat tanaman pakis yang luar biasa adalah bahwa N.biserrata mempengaruhi neraca air yang terjadi di kebun kelapa sawit menghasilkan (TM) dengan mengurangi terjadinya defisit air tanah pada musim kemarau atau bulan dengan curah hujan yang rendah. Tanaman pakis ini menyimpan banyak air di system perakaran nya. Sangat cocok di kembangkan.

Pada intinya agar hasil sawit maksimal maka pupuk lah secara teratur dan tanam lah tumbuhan pakis ini sebagai pelembab dan penutup tanah.

Demikian lah Cara Agar Sawit Tumbuh Subur alami semoga bermanfaat bagi anda, silahkan share jika berkenan.