Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menangkap Maling Sawit


 

Cara mengatasi pencurian sawit baru baru ini menjadi tranding topik gara gara viral nya sebuah berita di internet yang mana ada seorang pencuri sawit dipotong kakinya oleh pemilik kebun sawit di daerah rokan hilir karena sang pemilik kebun sudah sangat kesal setiap saat sawit nya di curi oleh korban dan pada hari itu korban sedang na'as ke dapatan sedang melakukan aksinya, sehingga dengan emosi pemilik kebun memotong kaki kiri sang maling ini sampai putus. Bagaimana tidak emosi, sang pemilik kebun sudah berupaya mencari  Cara Agar Sawit Tumbuh Subur sehingga hasil nya banyak, eh begitu sudah mulai banyak hasil nya yang manen malah maling. Hal ini juga di rasakan oleh sebagian besar petani kelapa sawit di Riau dan jambi. Marak nya pencurian sawit ini di sinyalir karena perekonomian yang sulit tetapi harga TBS yang lumayan tinggi.


Sebenar nya pasal pencurian kelapa sawit ini sudah jelas di atur oleh undang undang karena termasuk ke dalam pencurian umum, namun terkadang karena emosi seseorang sudah tidak peduli undang undang lagi, yang penting bagaimana maling jera dan tidak mencuri buah kelapa sawit kita lagi alias sudah kapok.

Nah jika anda termasuk orang yang sedang mencari cara mengatasi pencurian sawit maka saat ini anda telah berada pada artikel yang tepat karena saya akan menjelaskan trik menangkap pencuri buah sawit yang saat ini lagi ramai gara gara harga TBS yang sudah di angka 3000 / Kg.

Tips cara menangkap maling di malam hari atau siang hari bisa anda terapkan bahkan cara mengetahui maling tanpa cctv pun bisa anda lakukan asal anda memahami apa yang saya jelaskan di bawah ini. 

Pertama : Cara menangkap pencuri buah sawit di kebun yang pertama kali anda lakukan adalah anda tentukan dulu, siapa yang akan menangkap nya? Diri kita sendiri? atau orang lain yang kita bayar. Konsep nya sama saja nanti. Bagi anda yang punya banyak waktu luang mungkin bisa anda terapkan sendiri, namun bagi yang tidak punya banyak waktu luang mending kita membayar jasa orang lain yang bisa kita bayar.

Konsep membayar jasa orang untuk menangkap pencuri sawit ini pun banyak macam nya. Ada yang cukup saat proses maling sawit di rekam pakai HP saja tanpa perlu di eksekusi, ada yang sembunyi di kebun nanti jika ada maling dia akan call kita hingga sama sama kita tangkap, ada yang memang jika da maling langsung tangkap di TKP (biasa nya minimal 2 orang jasa untuk ini).

Bagaimana proses atau macam nya itu terserah anda, tergantung anda memiliki banyak waktu tau keberanian atau tidak. Yang jelas jika memakai jasa lebih enak nya di bayar ketika sudah berhasil. Misal nya "Tolong rekam yang maling Sawit saya, nanti jika berhasil saya kasih kamu 5 juta". Sehingga kita tidak akan rugi ketika belum ada hasil, tapi kita harus bayar mahal ketika ini berhasil. Konsep ini sudah banyak kami temukan di lapangan.

 

Kedua : Trik menangkap basah maling buah sawit yang ke dua adalah setelah anda tentukan mau anda lakukan sendiri atau memakai jasa maka langkah selanjut nya adalah action. Untuk action ini kita harus tentukan waktu biasa nya maling sawit beraksi. Kapan waktu maling sawit ini mulai beraksi ini yang harus kita ketahui.


Dari pengalaman di lapangan yang kami temukan, biasanya maling sawit ini beraksi setelah proses panen selesai, sehingga tidak tampak ada pencurian pada putaran panen berikut nya. 

Misal nya kita jadwal panen hari minggu, maka pencuri beraksi biasanya pada minggu sore hari tersebut (menyortir lagi buah yang tersisa di atas yang masih layak jual), atau pada hari senin nya, atau selasa nya sampai 1 minggu lah maksimal dari jarak kita panen resmi/asli.

 

Mengapa kok setelah jadwal panen baru pencuri sawit ini masuk? Karena ketika maling mencuri sawit dan menurunkan pelepah, maka proses kering nya pelepah yang di turunkan maling dengan pelepah panenan resmi kita kurang lebih sama sehingga yang tidak menandai jumlah buah nya akan tidak tahu apakah sawit di kebun nya di maling orang atau tidak. 

Dalam hal ini maling pun biasanya pintar...tidak banyak dia mencuri sawit ini...hanya 5 sampai 10 buah per kebun per 1 Hektar nya. 

Paham kan yang saya maksud? 

Intinya kenapa mencuri sehabis kita panen karena pelepah hasil resmi kita manen dan pelepah yang di turunkan pencuri ini tidak akan ada bedanya karena jeda waktu nya berdekatan. Sama sama masih basah dan kering pun bersamaan.

Sehingga akan berbeda jika kita sudah manen 10 hari lalu....dan hari ini sawit kita di curi....maka ketika kita akan memanen "kok ada pelepah baru yang belum kering" nah langsung auto ketahuan kan? 

Maka nya pencuri biasa nya action berdekatan dengan jawal panen kita, ini yang wajib anda CATAT ya. Tapi ada juga pencuri yang sangat hati hati yaitu tidak menurunkan pelepah, sehingga dalam hal ini pemilik harus menandai beberapa buah yang di jadikan pancingan. Di ingat ingat, di foto, atau di video letak nya...kalau besok hilang berarti di curi tanpa menurunkan pelepah. Paham?

Maka dari itu langkah ke 2 trik menangkap pencuri di kebun sawit ini anda harus tau, kira kira kapan waktu nya action...jika sesudah jadwal panen maka ada trik khusus yang telah kami praktek kan dan terbukti berhasil yaitu :

  • Jangan bilang pada siapa pun jika sawit mu hilang di curi...bahkan sama tukang panen sekalipun. Ingat...biasa nya yang melakukan kejahatan itu adalah orang terdekat....tidak menuduh ya..tapi hanya hati hati saja. Tetangga saya, menangkap maling ternyata adalah tukang panen nya sendiri. Paham? Jadi stop koar koar...silent saja....
  • Setelah selesai manen dan selesai semua...pulang lah, meskipun yang tukang panen atau anak buah kita belum pulang. Gak masalah...pulang lah.....tapi jarak jarak 1 KM....atau kira kira suara motor tidak terdengar lagi...masuk lagi ke area kebun dan matikan motor...kunci...kalau perlu kunci cakram nya pakai gembok agar tidak hilang motor mu...lalu jalan kaki lah pelan pelan pakai jalan terabas ke arah kebun mu....Paham? Jangan lupa HP mode silent ya...agar aman.
  • Kira kira sampai di dekat kebun mu...sembunyi saja...duduk duduk santai saja sambil sembunyi....ingat...orang maling sawit itu mudah kok di dengar karena pas jatuh buahnya bunyi nya keras sekali pas saat sunyi. Meski jarak 200 M tetep ke dengar. 
  • Intinya ambil jarak aman tapi pandangan dan pendengaran bisa sampai ke kebun kita. Sambil menunggu anda bisa sambil makan dan sholat.....santai saja mulai siang sampai jam 6 sore....saya pastikan di jam jam tersebut maling akan datang.....ingat jam sore sampai menjelang malam ya....
  • Ulangi langkah di atas dari mulai sore kita panen sampai 1 minggu....saya pastikan pasti ke tangkap.
  • Bila maling sudah nampak berjalan atau lagi beraksi, jangan di datangi...video dulu....kalau sudah di video....berjalan lah pelan pelan...tapi pastikan anda sudah call temen temen atau orang lain. Langkah selanjut nya terserah anda...intinya maling ketangkap.....

 

Ketiga : Cara melihat yang maling sawit kita pada langkah ke 3 ini pola nya berbeda dengan yang saya jelaskan di atas. Jika trik menangkap pencuri sawit di atas waktu nya adalah habis jadwal kita panen, maka langkah ke 3 ini waktu nya pas bersamaan waktu panen.

 

Jadi cerita nya begini....Ini fakta ya...simak baik baik agar anda paham kronologi kasus nya.

Teman saya dahulu sawit nya tidak terurus, semak belukar. Bahkan banyak sekali tumbuh benalu di batang sawit nya sampai sampai dia mencari Cara Paling Ampuh Membunuh Benalu Di Pohon Sawit dan sampai akhir nya sawit nya di rawat bagus dan sekarang top banget....nah meskipun sudah bagus tapi hasil nya tidak maksimal. waktu 1 hari sebelum panen di survei yang kelihatan dapat 2 TON ternyata hanya 1 TON pas di timbang. Lalu dia curiga ada maling....maka dia lakukan langkah ke 2 di atas. Tapi hasil nya NIHIL. Apakah ada yang salah? Yup...waktu action nya beda....

Jadi langkah ke 3 ini trik mengamankan sawit dari pencuri adalah waktu maling nya serempak sama jadwal panen. Kok bisa? Gini saya jelaskan agar paham....

Kita kan biasa di panen kan orang kan? Pakai jasa...pasti berangkat nya kan tidak serempak....tukang panen berangkat duluan...kita nyusul belakang sambil bawa minuman atau snack atau apalah...paham ya...biasa tukang panen berangkat pagi pagi...ada yang habis subuh dah berangkat...sedangkan kita jam jam 8 bahkan 9 baru berangkat.

Jadi trik nya begini...saat kita datang....sawit kan sebagian dah di kumpul di depan kan? 1 orang panen, 1 orang lagi yang bawa buah/langsir. Paham? Pas kita datang pasti sebagian masih proses sebagian lagi sudah ada di kumpul di depan. Kita kan gak pernah ngitung...ada berapa buah yang di tumpuk di depan dan ada berapa batang yang sudah di panen. Bener? Yup di sini lah tukang panen bermain....

Jadi pagi pagi anak buah kita sudah manen. Anggap lah jam 5.30 dia OTW...anggap lah ada 30 batang yang udah...pasti buah kan lebih 30...ada yang 1 batang 2 buah dan bahkan 3 kan? anggap lah dapat 35 tandan sawit dari 30 itu....Paham? nah pagi pagi itu pula sebelum kita datang dia sudah call pihak ke 3, misal nya tukang lapak..atau dia sendiri.....jam 6 itu dia sudah jual 5 tandan buah sawit....jadi yang di tumpuk di depan hanya 30 tandan dari jumlah aslinya 35. Kita kan gak pernah hitung ada berapa tandan di tumpuk dan ada berapa yang di turunkan kan? paham sampai sini.....dan ini kerap sekali terjadi.

Jadi jika langkah ke 2 di atas gagal, maka langkah ke 3 ini adalah sesekali datang lah ke kebun malam malam jam 4 subuh lah..sholat subuh di kebun saja. Motor tinggal sejauh mungkin sana....habis sholat...sembunyi lah di daerah aman dekat kebun kita...perhatikan aktivitas tukang panen kita. Pasti akan ada pencurian seperti yang saya katakan di atas....paham? setelah ketahuan terserah anda langkah selanjut nya...intinya misi sukses ya....hehehehe

Kesimpulan Cara Menangkap Maling Sawit

Gunakan langkah langkah di atas, dan yakin lah...tidak ada yang maling sawit malam malam ya....kalau ada hanya 1% lah..kenapa? Karena mudah di tangkap. Pertama : manen malam suaranya jauh pun pasti kedengar, ke dua jika pakai senter dapat mudah di tangkap...gampang...datang aja ke kebun jam jam 5 sore...nginap di sana...pas malam pasti ketangkap....sarat nya motor taruh jauh jauh....paham? Yang susah itu jika pakai 2 cara di atas ya....

Nah begitu lah kira kira Cara Menangkap Maling Sawit di kebun ini. Kurang lebih seperti yang saya jelaskan di atas. Adapun yang lain nya hanya variasi saja. Intinya terkadang maling itu adalah orang terdekat kita, tukang panen kita, tetangga kebun kita.

Waspada saja...jangan main hakim sendiri..bentuk lah team yang siap di call jika ada masalah...pastikan anda buat video dulu agar kuat bukti ya...salam hormat dan semoga bermanfaat.