Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencangkok Pasti Tumbuh

Sahabat pintu dunia pada postingan kali ini kami akan share cara mencangkok tanaman yang pasti tumbuh. Cara ini adalah cara paling mudah mencangkok dan pasti tumbuh akar. Semoga artikel ini bermanfaat.
 

 
 
Sebelumnya perlu anda ketahui, mengapa para petani atau masyarakat pada umumnya lebih suka mencangkok untuk memperbanyak tanaman dari pada menyemai dari biji? Yup karena ada beberapa alasan tentang kelebihan atau keuntungan dari perbanyakan tanaman dengan cara mencangkok ini. 
 
Kelebihan metode cangkok dari pada  semai biji dan cara lain nya
  1. Perbanyakan tanaman dengan mencangkok itu lebih mudah
  2. Cepat berkembang menjadi besar, apalagi dahan yang kita cangkok sudah besar.
  3. Cepat berbuah (bila tanaman buah) dan berbunga (jika bunga)
  4. Memiliki sifat yang persis seperti induk nya, berbeda jika kita semai dari biji, terkadang biji yang tumbuh akan berbeda dengan indukan nya
Secara sederhana pengertian mencangkok adalah suatu cara perbanyakan vegetatif pada tanaman dengan membiarkan suatu bagian tanaman tersebut menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk. 

Mungkin setiap orang memiliki langkah atau tata cara mencangkok yang berbeda beda, sesuai pengalaman dan ilmu yang mereka miliki.
Pada postingan ini kami akan share pengalaman kami dalam mencangkok yang sudah kami garansi 99% pasti tumbuh asal tanaman tersebut memang bisa dicangkok. 

Cara Mencangkok Pasti Tumbuh


Alat yang dibutuhkan
  1. Pisau
  2. Plastik warna bening
  3. Moss / akar tanaman paku pakuan

Langkah langkah Cara Mencangkok Pasti Tumbuh

Siapkan media cangkok nya yang berupa moss / akar tumbuhan paku paku an. Tumbuhan ini biasa menempel pada pohon, kalau di daerah perkebunan kelapa sawit maka moss ini akan banyak sekali menempel pada batang sawit.

Pilih moss yang lebih lembut / soft tujuan nya agar mudah menempelkan pada torehan yang akan di cangkok. 

Toreh / lukai bunga / pohon yang kan di cangkok seperti biasanya. Luka torehan harus sampai pada kambium, artinya semua kambium harus di kerik. Panjang torehan bisa kita perkirakan sesuai batang / cabang yang akan kita cangkok, kurang lebih 4 jari sudah cukup yang penting harus kita kerik sampai kambium nya hilang.

Kemudian balutkan moss yang lembut tadi menyeluruh pada bekas torehan sampai semua tertutup, lalu balut dengan plastik bening yang telah kita siapkan sampai rapat, ikat. Selesai...tinggal menunggu akar tumbuh, nanti jika akar dah tumbuh akan nampak karena plastik yang kita gunakan warna nya bening. Lama akar tumbuh tergantung jenis pohon yang kita cangkok, misal bunga biasanya 1 sampai 3 bulan dah full akar.
 
Bagaimana simpel kan cara mencangkok menggunakan moss ini? Mudah dan tidak ribet dan 99% pasti tumbuh. Kok bisa?
Karena moss banyak mengandung air, sehingga tidak perlu di siram dan moss lembut plus dingin sehingga cocok dengan sistem perakaran tanaman. ini lah mengapa mencangkok menggunakan mos lebih baik dari pada dengan tanah.

Ada lagi yang lebih penting keuntungan mencangkok menggunakan moss ini, yaitu akar akan mudah menembus media, artinya akar akan cepat full karena moss ini lembut dan dingin.

Pada waktu yang lalu cara mencangkok menggunakan moss ini sudah kami aplikasi kan pada tumbuhan Bunga Xanthostemon. Bunga xanthostemon ini viral bagi peternak lebah, karena bunga xanthostemon ini merupakan salah satu dari bunga penghasil madu terbanyak, jadi harus anda miliki jika anda beternak lebah. Nah cara pembiakan bunga ini dengan cara di cangkok menggunakan moss seperti langkah di atas, mudah dan simpel.

Oke, sekarang bagaimana jika akar sudah full tumbuh?

Setelah akar tumbuh, bisa dengan mudah kita lihat dari luar karena plastik bungkus warna bening. Biarkan sampai akar tampak banyak dan full, setelah akar full maka potong ranting ranting kecil pada cabang hasil cangkok agar nanti tumbuh maksimal. 
 
Setelah itu hasil cangkok siap di potong dan pindah kan dulu ke pot, polybag atau plastik dulu, agar akar kuat. Jangan keburu kita tanam bebas di tanah. Baru nanti setelah akar kuat bisa anda tanam bebas di tanah. 
 
Polybag atau pot awal tanam sebaik nya anda cari tanah yang subur atau jika anda belum paham anda bisa membaca artikel kami tentang Media tanah pot terbaik

Demikianlah sharing kita tentang cara mencangkok menggunakan moss dengan hasil 99% pasti tumbuh, semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih atas kunjungan anda di pintu dunia. Silahkan cek daftar isi kami untuk melihat aneka artikel yang lain nya. Semoga anda sehat selalu