Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Cafe Ramai Pengunjung Setiap Saat

Cara Agar Cafe Ramai Pengunjung - Saat ini banyak cafe yang bermunculan, baik cafe sekala kecil maupun cafe yang sudah besar. Cafe saat ini adalah semacam kebutuhan pokok guna melepas penat dan tempat nongkrong. Cafe itu sendiri adalah kedai yang menyediakan kopi cepat saji dan dapat diminum langsung di tempat pembuatan atau penjualannya. Selain itu cafe juga menyediakan makanan kecil yang sangat cocok untuk disantap bersama kopi, hampir seluruh hidangan yang ada dapat di masak dengan cepat.

Memiliki cafe yang ramai pengunjung adalah impian banyak orang, namun belakangan ini hal tersebut menjadi sangat sulit di raih karena banyaknya cafe-cafe baru yang bermunculan. Karena itu untuk mendapatkan seorang konsumen pun menjadi semakin sulit dan tentunya persaingan pun semakin berat.

Jika cafe yang Kamu kelola saat ini mengalami hal-hal seperti di atas maka tidak perlu khawatir lagi, saat ini Kamu sudah berada di halaman yang sangat tepat. Pada halaman ini saya telah menuliskan tentang cara agar cafe ramai pengunjung. Siapkan kopi hangat beserta hidangan kecil untuk Kamu sambil membaca tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat.

Ciptakan Konsep Yang Menarik

Langkah awal Cara Agar Cafe Ramai Pengunjung Setiap Saat adalah ciptakan konsep yang menarik juga unik.  Jadi jika cafe kamu sepi maka tanyakan dulu, Apakah cafe Kamu memiliki sebuah konsep yang dapat membuat seseorang menjadi tertarik? Apa jangan-jangan tidak memiliki konsep sama sekali?

Sebuah cafe yang tidak di dasari dengan konsep maka tidak akan jelas arah tujuannya, bahkan biasanya akan menjadi asal-asalan dalam membuat daftar menu, lokasi cafe, hingga desain eksterior maupun interior-nya.

Konsep adalah langkah awal yang harus Kamu putuskan sebelum cafe benar-benar berjalan, usahakan cafe Kamu dapat memberikan sebuah kesan untuk konsumen. Pastikan juga konsepnya berbeda dengan konsep-konsep yang sudah ada, konsep baru adalah alasan utama bagi beberapa konsumen dapat tertarik. Salah satu contoh konsep cafe yang unik adalah cafe konsep kartun. Jadi buatlah gambar gambar unik dan cantik di dinding agar kelihatan cantik atau bisa juga cafe konsep nya nuansa desa dan pemandangan alam. Desain saja dari bambu bambu atau kayu kayu....intinya konsep adalah hal pokok.

 Merekrut Karyawan Yang Tepat

Karyawan tidak harus selalu memiliki pengalaman kerja yang lama, mereka yang baru lulus sekolah ataupun kuliah mungkin juga bisa Kamu percayakan selama dia memiliki komunikasi yang baik dan ramah. Jangan percayakan cafe Kamu kepada mereka yang tidak memiliki komunikasi yang baik, mudah marah, dan pendiam.

Usahakan juga untuk memilih karyawan yang berpenampilan menarik untuk bagian-bagian yang dapat langsung berinteraksi dengan konsumen, buatlah seleksi ketat untuk bagian ini. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu membina semua karyawan agar mereka dapat berkembang menjadi lebih baik.

Percantik Arsitektur Cafe

Arsitektur cafe sangat terikat dengan konsep cafe yang Kamu tentukan, desain eksterior dan interior harus sesuai dengan konsepnya. Buat sesuatu yang menarik di bagian luar, biarkan orang-orang mendapatkan rasa penasaran. Setelah itu berikan yang cantik di bagian dalam agar konsumen Kamu merasa senang ketika datang.

Pastikan Lokasi Cafe Strategis

Kamu harus mengetahui siapa yang akan menjadi konsumen, ini harus benar-benar memilih tempat yang tepat. Terkadang beberapa orang memilih lokasi yang kurang tepat, yaitu di dalam perumahan dengan alasan agar menjadi tongkrongan dan selalu menjadi tempat utama untuk berkumpul orang-orang perumahan.

Memang benar itu adalah sebuah target, tetapi orang-orang di sana tidak akan menghabiskan menu hidangan yang Ada, mereka hanya akan senang berlama-lama di tempat Kamu dengan sedikit orderan hidangan. Itu kurang menguntungkan, apakah Kamu tidak ingin mencoba di tempat lain?

Di sekitaran kampus akan sangat tepat, mahasiswa senang berkunjung ke cafe di waktu istirahat sebelum kelas di mulai kembali. Jika itu sulit, setidaknya lokasinya berada di pinggir jalan raya yang tetap ramai hingga malam hari, nantikan pekerja pulang untuk bersantai sebentar di cafe Kamu.

Sediakan Menu Yang Lezat

Meskipun terlihat sepele, ini dapat berpengaruh terhadap konsumen untuk dapat datang kembali. Jika Kamu menginginkan konsumen Kamu datang kembali untuk membeli hidangan lain atau yang sebelumnya pernah dipesan, maka kelezatan hidangan adalah hal yang utama.

Update Sample dan Brosur

Jika Kamu sudah memiliki konsumen setia, kini sudah saat untuk memperbarui hidangan dan brosurnya. Jangan sampai ia merasa bosan, coba buat salah satu menu baru yang sedang tren saat ini, atau Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan sesuatu yang unik dan tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Berikan Diskon dan Promo

Ini adalah senjata utama ketika sudah mulai terasa sepi, Kamu perlu memengaruhi calon konsumen dengan sesuatu yang mungkin mereka kira akan menguntungkan bagi dirinya. Jangan ragu-ragu untuk memberikan potongan harga atau promo beli satu gratis satu, ini benar-benar memberikan daya tarik yang sangat tinggi, terutama jika cafe Kamu sudah di kenal.

Promosi di Sosial Media

Jangan pikir sosial media untuk cafe tidak penting, cafe harus benar-benar ada di sosial media pada zaman digital ini. Mungkin Kamu tidak pernah tau kalau konsumen Kamu ingin mention akun cafe ketika mereka sedang mengambil gambar untuk di unggah ke sosial media.

Mention-mention yang masuk ke akun sosial media dapat Kamu jadikan sebagai testimoni dan bahan promosi selanjutnya, pemasaran digital perlu dilakukan untuk membantu membangun sebuah nama baik dan popularitas. Semakin banyak pengikut semakin tinggi peluang orang-orang akan berkunjung.

Daftarkan Cafe Ke Peta Digital

Mendaftarkan tempat usaha di Google MAP adalah wajib hukumnya saat ini. Karena tentu peta digital sekarang menjadi sumber utama untuk mencari suatu tempat seperti restoran, bengkel, hingga cafe. Jika usaha Kamu tidak ada di peta digital, kini Kamu telah menyia-nyiakan banyak orang yang sedang mencari tempat Kamu. Coba daftar ke Google Maps sebagai langkah awal untuk cafe mu lebih mudah ditemukan, Google Maps benar-benar sangat penting. Jika anda tidak paham bagaimana mendaftarkan tempat usaha anda di peta digital silahkan baca cara agar tempat muncul di google map

Sediakan WiFi Yang Cepat dan Gratis

Demi kenyamanan konsumen perlu untuk menyediakan WiFi gratis berkecepatan tinggi, terutama jika jaringan ponsel seluler tidak begitu bagus di lokasinya. Jangan biarkan konsumen Kamu pergi hanya karena dia tidak memiliki sinyal yang baik di cafe Kamu. Saat ini banyak kok layanan wifi untuk tempat usaha maupun rumah. Silahkan cari info di sekitar mu. Intinya fasilitas wifi gratis untuk pengunjung cafe saat ini adalah penting sekali.

Siapkan Terminal Charger Ponsel Gratis

Selain WiFi berkecepatan tinggi, terminal colokan untuk mencharger ponsel juga perlu ada agar konsumen tetap merasa nyaman. Jangan sampai mereka resah hanya karena persediaan baterai ponsel-nya mulai segera habis, siapkanlah agar mereka senang dan memungkinkannya agar datang kembali.

Dengan adanya colokan listrik untuk cas HP maka mereka akan betah bahkan akan share share lokasi cafe mu kepada temen teman mereka. Ini merupakan langkah penting dari cara membuat cafe menjadi ramai pengunjung.

Adakan Live Musik di Waktu Tertentu

Live musik merupakan salah satu cara menarik perhatian banyak orang dengan mudah, siapa saja menyukai musik. Undang banyak orang dengan membuat konser mini di cafe Kamu, biarkan tempat itu memberikan momen yang berkesan untuk banyak orang. Tidak perlu band terkenal, banyak anak-anak muda yang mahir bernyanyi dan bermain alat musik saat ini.

Jika kamu suka bergaul bahkan anda bisa mendapatkan musisi secara gratis lo....undang saja anak anak muda yang berbakat dan ingin terkenal. Kamu hanya modal kasih uang transport secukupnya dan makan gratis di cafe mu. Ini adalah simbiosis yang saling menguntungkan, karena mereke butuh tempat untuk terkenal dan kita butuh mereka untuk menghibur. Silahkan di coba ya....

Pastikan Cafe Selalu Instagramable

Instagramable merupakan sebuah keperluan yang mendasar untuk beberapa tempat, banyak orang bepergian ke suatu tempat hanya untuk membuat instastory. Bepergian hanya demi sebuah konten, jadi cafe Kamu juga harus memikirkan tentang orang-orang yang seperti itu. Ada banyak keuntungan yang dapat Kamu raih dari mereka, yaitu dia dapat mempromosikan cafe Kamu secara tidak langsung dan gratis.

Sediakan Metode Pembayaran Digital

Sepertinya banyak yang melupakan tentang hal yang satu ini, mereka tidak sadar bahwa perkembangan teknologi begitu sangat cepat. Di zaman yang serba canggih ini, metode pembayaran online ataupun digital sangat di perlukan untuk memudahkan dan mempercepat proses pembayaran. Jadi lengkapi cafe mu dengan aneka pembayaran online yang terkenal. Bahkan saat ini banyak yang membuat skripsi dengan judul skripsi tentang alat pembayaran online ini.

Buat Catatan Khusus dan Evaluasi Rutin

Ketika cafe sudah mulai beroperasi, kini saatnya memulai untuk mencatat segala kejadian. Meskipun hanya hal-hal sepele, Kamu perlu untuk mencatat itu. Lalu lakukan evaluasi secara rutin, perbaiki segala masalah yang ada dan jangan sampai terulang kembali. Jangan lupa berdoa, itulah cara agar cafe ramai pengunjung, semoga berhasil!