Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game

Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game - Sejak beberapa tahun kebelakang gaming atau aktivitas bermain game di hp menjadi sangat populer. Hal ini bisa di buktikan dengan banyaknya jumlah youtuber gaming dan jumlah penonton konten game di youtube yang sangat banyak dan terus meningkat. Bahkan jumlah penginstal game di google play store maupun app store juga banyak, ini menandakan tidak sedikit orang yang bermain game. Game saat ini adalah kebutuhan, apalagi bagi kaum remaja.

Saat bermain game terkadang HP kita menjadi lebih mudah panas, meskipun spesifikasi HP kita sangat tinggi. Karena hal tersebut membuat saya tertarik untuk mencoba membuat postingan tentang cara agar hp tetap dingin saat bermain game. Meskipun saya bukan seorang gamers sejati, tetapi setidaknya saya memahami secara umum tentang keluhan ini. Apa yang akan saya bahas ini selain cara membuat HP tetap dingin saat maen game juga merupakan cara membuat hp awet dan tahan lama.

Tanpa banyak basa basi langsung saja di simak ulasan cara supaya HP tetap dingin saat maen game di bawah ini

Sesuaikan Settingan Grafik Dengan Spesifikasi HP

Memang setiap gamers ingin mendapatkan settingan grafik rata kanan (pengaturan grafik kualitas tertinggi) di setiap game yang di mainkan. Tetapi Kamu perlu mengetahui dahulu spesifikasi HP yang Kamu gunakan. Apabila spesifikasi rendah namun mengaturnya di kualitas yang tinggi maka HP Kamu akan mudah panas. Bahkan game akan menjadi lag dan sering patah-patah. Jadi sesuaikan saja, jika spesifikasi rendah maka setting grafik game menjadi rendah juga agar game dapat berjalan lancar dan HP tidak mudah panas atau terbebani.

Tidak Mengisi Daya Baterai Saat Bermain Game

Siapa nih yang rajin push rank dan lupa waktu jika sudah bermain game? Pasti sering ngecas sambil main game ya? Sebenarnya ngecas sambil main game itu sangat tidak tepat lho. Waktu mengisi daya adalah waktu HP Kamu beristirahat, jadi ya jangan di gunakan ketika itu. Jika Kamu memaksanya maka HP akan mudah panas dan bahkan dapat berisiko merusak baterai.

Kalo Kamu rajin banget ngepush dan sering lupa waktu, maka biasakan mulai sekarang jika waktu ngecas sudah tiba maka Kamu dan HP Kamu harus beristirahat. Diamkan HP Kamu hingga baterai terisi penuh, sambil menunggunya penuh Kamu bisa mandi, makan, atau menyelesaikan tugas, tidur, dan lain sebagiannya. Waktu ngecas adalah waktu beristirahat yang tepat untuk Kamu dan HP Kamu, percayalah.

Bermain Game Di Ruangan Yang Dingin

Suhu ruangan juga cukup berpengaruh terhadap suhu HP Kamu, terutama ketika bermain game. Jangan main game di ruangan yang panas seperti gudang, kamar tanpa pendingin, dan lain sebagiannya. Biasanya HP juga lebih mudah panas saat di gunakan di siang hari, ini karena suhu udaha di siang hari tidaklah dingin. Jika ingin bermain game di siang hari cobalah bermain di ruangan yang memiliki AC atau kipas angin.

Turunkan Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar lumayan berpengaruh terhadap suhu HP, apalagi saat gaming. Semakin tinggi tingkat kecerahayannya maka risiko HP mudah panas juga semakin tinggi. Bahkan karena hal tersebut juga dapat membuat baterai HP Kamu menjadi cepat habis. Oleh karena itu turunkan tingkat kecerahan layarnya, atau setidaknya cukup dan nyaman untuk di lihat.

Nonaktifkan SIM Yang Tidak Di gunakan

Memang cara yang selanjutnya ini tidak terlalu berpengaruh terhadap suhu HP Kamu saat bermain game. Tetapi setidaknya ini membantu HP Kamu tidak bekerja terlalu banyak yang pada akhirnya membantu meringankan kinerja HP agar tidak terlalu over. Karena beberapa proses telah nonaktif maka HP Kamu akan jadi lebih aktif, bekerja lebih optimal, tidak mudah panas, dan lebih lancar dari sebelumnya.

Hentikan Aplikasi Lain Yang Berjalan Di Latar Belakang

Selain SIM tertentu yang di nonaktifkan, Kamu juga perlu menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Salah satu contohnya adalah facebook, aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang meskipun Kamu tidak membukannya. Proses di latar belakang biasanya adalah proses untuk memunculkan pemberitahuan atau notifikasi, ini tidak perlu untuk Kamu ketika fokus bermain game. Jadi saat bermain game nonaktifkan terlebih dahulu aplikasi yang berjalan di latar belakang. Selain membantu meringankan kinerja HP saat bermain game, ini juga dapat membantu HP agar tidak cepat panas.

Matikan GPS Dan Bluetooth

GPS dan Bluetooth cukup menguras daya baterai HP dan dapat berpotensi menjadi salah satu penyebab HP Kamu dapat dengan mudah panas ketika bermain game. Oleh karena itu matikanlah GPS dan Bluetooth saat gaming. Jika Kamu tidak menggunakan WiFi maka matikan juga. Apabila Kamu menggunakan WiFi maka matikan semua SIM Kamu saat bermain game, ini membantu agar HP Kamu tetap dingin saat bermain game.

Pastikan Baterai Tidak Rusak

Selain beterai mudah cepat hebis, baterai yang cepat panas juga salah satu tKamu bahwa baterai HP sudah rusak. Coba periksa baterai Kamu saat ini, bisa jadi penyebab HP sangat panas saat bermain game di akibatkan oleh baterai yang sudah rusak. Apabila sudah rusak, Kamu perlu menggantinya dengan yang baru agar dapat menggunakan HP dengan seperti biasa lagi.

Gunakan Aplikasi Pendingin

Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi pendingin ponsel, karena saking banyaknya saya tidak bisa merekomendasikan salah satu darinya. Hampir rata-rata dari mereka bekerja dengan sangat baik, dan benar-benar ampuh membuat HP tetap dingin saat bermain game. Jika perlu gunakan juga aplikasi game booster, beberapa dari aplikasi tersebut dapat membuat HP berjalan lancar saat bermain game dan mencegah overheat atau panas yang berlebih saat memainkan game.

Namun kamu harus tetap hati hati saat mengunduh aplikasi apapun termasuk aplikasi pendingin ini, artinya kamu harus mengunduh dari situs resmi seperti playstore dan jangan mengunduh aplikasi dari web web yang tidak jelas ya. Ingat jika hal ini pernah kita bahas sebelum nya cara agar HP tidak bisa disadap siapapun. Intinya hati hati soal data dan aplikasi yang tidak jelas, karena bisa saja itu malware atau virus yang mencuri data/menyadap ponsel mu. Jadi unduh dari situs resmi aplikasi apapun.

Gunakan Cooling Case / Game Pad Cooler

Setelah beberapa cara di atas sudah di coba, kini waktunya menggunakan cara terakhir yang tidak boleh Kamu lewatkan apabila benar-benar ingin HP tetap dingin saat bermain game. Alat ini bernama game pad cooler atau cooling case. Berfungsi mendinginkan HP Kamu kapanpun hanya dengan menggunakan alat tersebut seperti case atau game pad HP pada umumnya. Beberapa harganya juga cukup terjangkau, Kamu pasti puas dengan alat tersebut.

Demikian postingan hari ini, Mungkin pada kesempatan selanjut nya kita akan tambahkan Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game dengan cara cara yang lain, semoga manfaat