Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Toko Laris Manis di Setiap Saat

 

Cara Agar Toko Laris - Belakangan ini banyak toko baru bermunculan, mulai di dalam gang hingga di pinggir jalan. Siapa saja berupaya ingin memiliki usaha sendiri, salah satu upaya tersebut adalah dengan membuka toko untuk berjualan. Dalam prosesnya ada beberapa hal yang perlu di ketahui agar usaha toko ini dapat berjalan lancar.

Jika Kamu adalah orang yang baru saja ingin memulai membuka toko atau baru membuka toko dan merasakan betapa susahnya berjualan (memiliki sedikit pelanggan) maka saat ini Kamu sedang berada di tulisan yang sangat tepat. Saya akan memberitahukan tentang cara agar toko laris manis dan sukses.

Sebenarnya Cara membuat Toko Laris Manis di Setiap Saat ini mirip dengan cara agar toko online ramai pembeli yang telah kita bahas pada waktu yang lalu, namun karena yang kita bahas ini toko bersifat offline maka akan ada sedikit perbedaan.

Tidak perlu khawatir tentang sepinya pelanggan jika Kamu masih baru dan belum berpengalaman untuk mengelola toko, Kamu perlu mengetahui hal-hal dasar yang telah di tulis pada halaman ini dan mungkin membutuhkan pengalaman sedikit lebih lama bagi beberapa orang. Tapi pada intinya jangan takut untuk membuka toko offline karena jalan dan rezeki ke depan tidak ada yang tahu bukan? Oke simak ulasan kami tentang Trik Agar Toko Laris Manis di Setiap Saat di bawah ini

Pastikan Toko Berada di Lokasi Yang Tepat

Yang paling pertama sesuaikan produk yang di jual dengan lokasi toko (tempat penjualan). Jadi Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang Kamu jual, setelah itu barulah memilih di mana lokasi yang tepat untuk menjual apa yang Kamu jual. Jangan sampai salah memilih tempat, pikirkan apakah toko Kamu akan di kunjungi di tempat itu?

Dalam contoh kasus, membuka toko alat musik di dalam gang perumahan itu adalah hal yang kurang tepat. Yang pantas ada di dalam gang perumahan adalah warung sembako (toko kelontong), lokasi toko alat musik yang paling tepat yaitu di pasar musik atau paling tidak di pinggir jalan raya.

Begitupun juga jika Kamu ingin membuka toko buku, sangat lebih baik jika lokasinya berada di dekat sekolah dan kampus. Jadi usahakan toko Kamu dapat menghadirkan apa yang sedang di butuhkan di lingkungannya, pelanggan akan mencari toko Kamu dan bukan toko Kamu yang mencari pelanggan.

Buat Nama Toko Yang Tepat

Nama yang baik untuk sebuah toko adalah nama yang tidak terlalu panjang, akan lebih baik jika nama hanya terdiri dari sedikit kata. Contohnya adalah Toko Buku Online "Makalah Gratis", dengan begitu akan lebih mudah teringat dari pada Toko Buku "Borakah Jaya ANdi Setiawan". Secara tidak langsung ini akan membantu pelanggan untuk mengingat toko Kamu, biarkan pelanggan mereferensikan toko Kamu ke orang lain dengan mudah.

Nama yang simpel ini juga mempermudah kamu Jika Kamu mendaftarkan toko mu ke Google Maps / BisnisKu maka akan sangat baik jika memilih nama dengan embel-embel khusus seperti Toko Baju Murah, Toko Sepatu Original, atau Toko Kue Terbaik. Setelah itu barulah memberi nama toko asli Kamu di belakangnya, sebagai contoh: Toko Hijab Murah - "Aswaja". Jadi sebisa mungkin pilih yang juga cocok tampil di peta digital.

Ingat sangat penting ya membuat toko mu muncul di google map, karena saat ini google map sudah menjadi referensi hampir setiap orang. Jika toko mu belum muncul di google map mungkin bisa membaca artikel kami tentang cara agar tempat muncul di google map

Siapkan Modal Sebaik Mungkin

Setelah toko sudah mulai beroperasi, kini saatnya Kamu menyiapkan modal lebih banyak dari hari ke hari. Buat modal Kamu terus meningkat setiap saat, semakin banyak modal yang di keluarkan akan berpengaruh terhadap toko Kamu nantinya. Buat cabang setelah modal baru terkumpul banyak.

Pastikan toko mempunyai produk yang lengkap dan beragam, pastikan selalu ada sesuatu yang akan pelanggan cari ketika mengunjungi toko. Misalnya toko Kamu adalah toko buku, maka pastikan mereka bisa membeli buku apapun itu jenisnya, jangan sampai ada kekosongan meskipun stok hanya sedikit. Jika kosong maka segera catat, dan order segera mungkin karena bisa jadi akan ada orang yang berbeda mencari buku yang kosong tersebut.

Karena modal adalah hal yang sangat penting, pastikan perhitungannya sebaik mungkin. Modal juga tidak selalu tentang uang, sumber daya manusia juga termasuk di dalamnya. Jika penjaga tokonya Kamu percayakan kepada orang lain, pastikan ia adalah orang yang ramah dan jujur.

Usahakan Memberi Harga Terendah

Meskipun hanya berbeda lima ratus hingga seribu rupiah itu sudah cukup memengaruhi toko Kamu, saya yakin pasti Kamu akan memilih pergi ke toko yang lebih murah meskipun lokasinya sedikit lebih jauh. Karena hal tersebutlah yang membuat toko laris manis dan banyak pembelinya.

Temukan Lebih Banyak Lagi Distributor

Jika sebelumnya Kamu hanya memiliki satu distributor, kini sudah waktunya untuk mengetahui lebih luas lagi. Temukan varian harga termurah, berbagai promo, dan dukungan jika ada. Setiap distributor memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, pilih yang terbaik untuk toko Kamu saat ini.

Berikan Pelayanan Sepenuh Hati

Pelayanan adalah kunci utama untuk bisnis apapun agar dapat membuat pelanggan melakukan pembelian secara menerus (berlangganan), semakin baik pelayanan maka semakin nyaman pelanggan Kamu untuk datang kembali. Bantulah pelanggan, misalnya merekomendasikan obat pusing atau membantu memasang tabung gas ke kompor. 

Jangan lupa sapa lah pembeli se ramah mungkin dengan senyum yang tulus. Ini akan ada dampak yang luat biasa terhadap kemajuan toko mu.

Bangun Kedekatan Emosional Dengan Pelanggan

Cara membangun kedekatan emosional yang terbaik adalah dengan melakukan komunikasi, Kamu bisa menanyakan lebih awal apa yang mereka butuhkan sebelum pelanggan Kamu menanyakan sesuatu di toko Kamu. Lontarkan beberapa topik pembahasan yang sedang hangat di lingkungan sekitar, biarkan jika pelanggan menganggap Kamu sebagai teman.

Buat Tata Letak Toko Yang Menarik

Tidak hanya tempat dan arsitektur bangunan, tata letak produk juga cukup penting. Meskipun konsumen hanya sedang mencari yang di butuhkan, bisa jadi dia juga membeli sesuatu yang membuatnya tertarik. Selain itu pastikan selalu toko Kamu tertata rapi dan bersih.

Miliki Jam Operasional Lebih Lama dari Toko Lain

Ini sangat penting untuk toko makanan, banyak yang mencari makanan hingga hari malam, terutama ketika menjelang jam tidur. Jika sebelumnya toko Kamu sudah tutup di waktu sore, kini sudah saatnya mencoba menutupnya di malam hari. Jika perlu buka 24 jam juga tidak apa-apa.

Utamakan Kejujuran, Jangan Selalu Keuntungan

Terkadang ketika kita fokus terhadap keuntungan, apapun akan kita jual dengan berbagai cara. Sekarang sudah waktunya berhenti untuk curang, jujurlah terhadap barang-barang yang rusak atau makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa. Jangan berikan konsumen Kamu sesuatu yang buruk, dia tidak akan pernah kembali lagi ke toko Kamu, bahkan bisa jadi keburukan itu akan disebarkan.

Tambah Lebih Banyak Metode Pembelian Online

Meskipun tokonya berbentuk fisik atau offline, pembayaran digital juga diperlukan. Mengingat di zaman saat ini sudah serba digital, maka tidak menutup kemungkinan toko fisik Kamu akan mendapatkan pelanggan yang menginginkan metode pembayaran secara online.

Bahkan jika perlu Kamu juga berjualan di pasar online seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Ini akan membantu toko Kamu untuk berkembang, pelanggan akan mencari produk Kamu di sana. Jika toko makanan pastikan untuk terdaftar sebagai mitra GoFood, GrabFood, dan lain sebagiannya.

Pastikan Rapi, Bersih Dan Wangi

Rapi bersih dan wangi ini sifat nya umum ya....artinya selain toko nya rapi dan bersih maka penjual nya pun harus wangi dan rapi. Jangan pernah melayani pembeli dengan wajah kumal karna belum mandi.

Pastikan Ada Catatan dan Evaluasi Rutin

Dalam setiap bisnis maupun usaha, catatan adalah hal yang cukup penting. Bagaimana Kamu mengetahui pengeluaran dan pemasukan toko jika tidak ada catatan. Jika bisa hal-hal yang sepele pun juga dicatat, Kamu akan benar-benar membutuhkan itu suatu saat nanti.

Ketika toko sudah mulai berjalan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi juga. Ketahui apa yang kurang baik di toko Kamu saat ini, buat itu jadi lebih baik lagi. Tanpa evaluasi Kamu akan merasakan sulitnya untuk berkembang. Yang terakhir jangan lupa berdoa, itulah cara agar toko laris.