Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Toko Online Ramai Pembeli

 

Cara Agar Toko Online Menjadi Ramai - Saat ini toko online telah ramai sekali dijalankan oleh setiap orang. Yang awal nya jual nya secara offline pun saat ini telah di jaja kan secara online sehingga persaingan toko online pasti terus meningkat seiring dengan bertambahnya kompetitor. Mau tak mau selalu ada toko baru yang bermunculan di internet setiap hari nya. Ini karena siapa saja bebas melakukan penjualan secara online, baik melalui marketplace, media sosial, hingga mesin penelusuran.

Ada banyak orang baru yang telah membuat toko online, dan diantaranya hanya sekedar mencoba untuk mencari keuntungan melalui internet. Kebanyakan mereka yang mudah menyerah akan dengan cepat untuk berhenti mengelola toko online-nya, pasalnya mencari pelanggan secara online saat ini tidak selamanya mudah.

Memang benar untuk membuat toko online sangatlah mudah, tetapi untuk menemukan pelanggan itu sulit. Apa lagi untuk toko yang masih baru, Kamu mungkin akan mengalami 24 jam bahkan lebih tanpa satupun pelanggan yang datang, bahkan hanya untuk melihat pun belum tentu ada.

Jika itu masalahnya, maka sekarang Kamu benar-benar sedang berada di tulisan yang sangat tepat. Saya akan memberikan solusi agar toko online Kamu dapat memulai untuk bertarung di pasar online sesungguhnya. Sebenar nya Cara membuat Toko Online Ramai Pembeli ini mirip dengan postingan kemarin yang berjudul cara agar cafe ramai pengunjung, namun ada beberapa perbedaan karean ini bersifat online.

Oke tanpa basi basi sambil ngopi atau nyusu atau minum teh hangat, simak ulasan kami tentang Tips membuat toko online ramai pembeli berikut di bawah ini

Riset Sebelum Memulai Langkah Baru

Yang pertama tentang cara agar toko online ramai pengunjung, saat memulai untuk membuat toko online Kamu harus benar-benar memilih kata kunci yang tepat untuk nama toko, deskripsi toko, dan termasuk juga pada tiap katalognya. Jika tidak tepat maka setiap yang Kamu lakukan akan sia-sia, oleh karena itu riset adalah langkah awal untuk setiap satu langkah baru Kamu.

Ada banyak alat riset gratis yang dapat membantu Kamu menyesuaikan kata kunci yang tepat, jika toko online Kamu beserta katalognya ingin tampil dengan optimal di mesin penelusuran seperti Google, Bing, dan Yahoo maka Kamu juga perlu menentukan kata kunci terbaik.

Mereka yang membuat toko online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak setiap produk yang dijualnya dapat tampil di mesin penelusuran Google. Dengan begitu Kamu perlu melakukan riset dengan baik, di bawah ini adalah tangkapan layar ketika saya mencoba meriset kata kunci toko sepatu dengan alat Ubersuggest dari Neilpatel.

Biasanya kata kunci yang terbaik adalah yang volume-nya (jumlah pencarian) tinggi, SD (SE0 Difficut) atau tingkat persaingan untuk menduduki posisi teratas di mesin pencari rendah, dan CPC (Cost Per Click) atau bayaran untuk setiap iklan yang di klik tidak terlalu tinggi.

Ikuti Trend Metode Pembayaran Online

Seiring perkembangan zaman metode pembayaran menjadi semakin beragam, tujuan utamanya adalah untuk memudahkan siapa saja untuk bertransaksi dengan berbagai metode yang sangat beragam. Oleh karena itu setiap toko perlu untuk menyediakan metode pembayaran yang banyak.

Tetapi perlu di perhatikan juga dalam prosesnya, pastikan metode pembayaran yang akan digunakan pada toko Kamu tidak berbelit-belit. Jika Kamu tidak memiliki banyak rekening, maka Kamu bisa manfaatkan layanan rekening bersama. Baik itu yang sudah disediakan setiap marketplace online maupun layanan rekening bersama individual.

Yang paling utama saat ini adalah metode COD (Cash On Delivery). Jika toko online Kamu menjual produk maka Cash On Delivery adalah metode pembayaran yang harus Ada. Jika Kamu menjual sebuah jasa, mungkin Kamu perlu mencoba agar pelanggan dapat membayar setelah pekerjaan selesai di lakukan.

Usahakan Respon Chat Cepat, Soluktif, dan Ramah

Belakangan ini banyak toko berupaya untuk mengusahakan secepat-cepatnya untuk pembalasan pesan, bahkan beberapa di antaranya sampai rela menggunakan fitur robot auto-reply hanya demi statistik tingkat kecepatan membalas pesan tetap tinggi.

Namun ada hal lain yang perlu untuk Kamu perhatikan, biasanya pelanggan akan hanya mengirim pesan tentang apa yang tidak Kamu informasikan di toko maupun produk Kamu, serta kebingungan-kebingungan lainnya yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu.

Oleh karena itu pembalasan pesan dari pengelola toko secara langsung sangat penting, robot biasanya tidak selalu memberikan solusi dan kurang ramah, terkadang itu malah membuat pelanggan Kamu mencari toko lain. Saran saya gunakan robot auto-reply hanya untuk memberitahukan ketika Kamu sedang benar-benar sibuk saja.

Buat Pelanggan Selalu Aman dan Nyaman

Upayakan agar pelanggan Kamu tidak resah, percayalah ada kejadian buruk yang pernah di alami oleh pelanggan sebelumnya saat berbelanja. Jika pelanggan Kamu menanyakan sesuatu tentang keraguan mereka untuk membeli di toko Kamu, cobalah untuk memberi mereka sebuah jaminan.

Jika Kamu sudah berhasil membuatnya merasa aman, jangan lupa untuk membuat rasa nyamannya juga. Berikan mereka potongan harga, bonus, ataupun gratis ongkos kirim. Jika yang Kamu jual adalah produk yang rentan, usahakan untuk memberikan garansi.

Tingkatkan Reputasi dan Authority

Ketika toko online Kamu sudah benar-benar berjalan, kini waktunya untuk meningkatkan reputasi dan authority. Mintalah sebuah rating atau review kepada tiap pelanggan Kamu, bangun nama toko Kamu sebaik mungkin. Sepertinya reputasi adalah yang utama saat ini, mungkin Kamu perlu melupakan keuntungan untuk beberapa bulan.

Sambil meningkatkan reputasi, Kamu juga tidak boleh lupa denan authority toko Kamu. Akan percuma saja jika reputasi baik tetapi authority tidak ada, dengan begitu dalam waktu dekat toko Kamu akan di geser dengan toko online baru yang memiliki authority lebih tinggi dari pada toko Kamu.

Lakukan Promosi Dengan Cermat

Sesuai judul postingan ini, yaitu cara agar toko online ramai pembeli tanpa beriklan. Tentu saja Kamu sudah tahu, pastilah teknik promosi utamanya adalah dengan memasarkan produk ke sosial media. Buat postingan di grup Facebook, grup WhatsApp, dan konten di Instagram.

Tentu Kamu akan menjangkau banyak orang dengan mudah dan gratis, tetapi terkadang ada beberapa yang tidak mendapatkan interaksi satupun. Hal itu bukan lain dan tidak bukan adalah tentang tingkat kerelevanan postingan Kamu dan siapa Kamu di tempat itu.

Pastikan produk yang Kamu posting sesuai dengan topik grup, jangan lupa juga untuk menjadi anggota aktif di dalamnya. Jangan selalu memposting produk, buat postingan menarik dan bermanfaat. Sesekali lemparkan pertanyaan, buatlah Kamu di kenal terlebih dahulu di grup itu.

Jangan lupa untuk memberikan hastag atau tagar sesuai dengan isi postingan. Hastag akan sangat penting dalam setiap postingan di Instagram, pastikan setiap postingannya memiliki banyak hastag yang sesuai. Dari hastag Kamu akan menemukan pelanggan organik, keren!

Jangan lupa untuk mencoba sosial media lainnya, seperti Twitter dan Pinterest. Jika perlu masuk ke dalam forum-forum online terkenal seperti Kaskus dan Quora. Buatlah akun dan jadilah anggota aktif yang rajin bertanya dan menjawab. Satu lagi, jadilah Blogger dan nikmati pelanggan yang berdatangan dengan sendirinya.

Jika perlu dan ingin lebih mudah beli lah fanspage FB yang sudah banyak follower nya dan se ide dengan toko online mu, pasarkan di sana maka pasti akan cepat terkenal dan laris manis. Jika tidak punya banyak modal maka buat saja fanspage FB sendiri dan tingkat kan follower mu dengan cepat. Untuk caranya bisa anda baca di cara cepat menambah follower facebook.

Buat Catatan dan Evaluasi Secara Rutin

Yang paling terakhir ini adalah hal yang juga cukup penting, Kamu perlu mencatat seluruh perjalan toko online Kamu. Saya yakin bahwa catatan tersebut akan Kamu butuhkan di masa depan, Kamu akan benar-benar menyesal ketika tidak memiliki catatan apapun.

Masa depan yang lebih baik adalah hasil dari evaluasi masa lalu, setiap masalah yang ada sebelumnya tidak boleh terjadi lagi. Perbaiki setiap sisi yang rapuh, setelah itu jaga jangan sampai terulang kembali.

Buatlah backup Data

Hal ini penting sekali, karna data apapun bisa saja hilang karena banyak hal. Maka backup lah semua data data online kamu. Agar jika ada masalah apapun kamu tidak bingung. Backup bisa di eksternal pakai plesdis atau bisa juga di dalam catatan online misal FB atau bisa juga di email. Intinya jangan lupakan backup. Ingat dunia online itu yang terpenting adalah DATA.

Doa restu Orang tua dan berdoa lah

Terakhir jika kamu masih memiliki orang tua maka jangan lupa untuk selalu minta restu pada beliau atas apa yang sedang kamu kerjakan. Restu dan doa orang tua amat lah penting. Kemudian jangan lupa berdoa pada Allah Swt agar apa yang sedang kamu usahakan menjadi barokah dan tambah ramai.

Demikian lah Cara Agar Toko Online Ramai Pembeli mencoba semoga beruntung!