Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Skripsi Pendidikan Deskriptif

Contoh judul Skripsi Pendidikan biologi bisa saja tidak murni tentang biologi itu sendiri, karena pendidikan biologi bisa juga menggunakan penelitian deskriptif tentang pemahaman atau pendidikan. Maka dari itu dibawah ini adalah Contoh Skripsi Pendidikan Deskriptif yang dimiliki oleh salah satu teman saya dan sudah di terima oleh dosen pembimbing. 

Penelitian deskriptif di bawah ini hanya contoh singkat saja, nanti detail nya setelah wisuda kami berikan atau temen-temen bisa ambil judul ini dan dikembangkan lagi dari beberapa literatur yang ada.

Penelitian Deskriptif ini kami beri judul Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan. Anda bisa mendapatkan data kehamilan ini di klilik bersalin atau bidan di sekitar anda. Salah satu tips agar skripsi cepat selesai adalah mudah mendapatkan data.



BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada masa kehamilan adalah masa kita dipuncak kebahagiaan, apalagi bagi anda yang baru pertama kali akan mendapatkan dambaan hati, lebih lebih bagi pasangan yang telah lama menikah dan baru akan mendapatkan anak.  Ada pepatah yang mengatakan “Pengalaman dan Ilmu itu mahal harganya”. sama juga dengan kehamilan, tidak sedikit orang hamil dan melahirkan tapi anaknya tidak selamat, bahkan ada yang sudah 10 tahun menikah dan baru hamil pada minggu pertama tahun ke 11 dari pernikahan nya, coba anda bayangkan, betapa bahagianya dia? akan tetapi kehamilan nya tidak sampai melahirkan karena pada kehamilan 6 bulan dia mengalami keguguran, ini adalah masalah yang cukup tragis sekali. Maka Pengetahuan dan Sikap Ibu hamil tentang tanda tanda bahaya kehamilan sangat penting sekali untuk di pelajari.

Bagi wanita, kehamilan melengkapi kodrat kewanitaanya. Bagi anak yang dikandung, kehamilan merupakan masa yang menentukan hari depannya. Namun, kehamilan yang ideal tidak hanya dapat mengandalkan proses alamiah belaka. Ibu harus dapat melakukan peran sebagai ibu hamil yang tepat dan benar. Kehamilan merupakan suatu proses yang alamiah dan fisiologis. Setiap wanita yang memiliki organ reproduksi sehat, yang telah mengalami menstruasi dan melakukan hubungan seksual dengan seorang pria yang organ reproduksinya sehat sangat besar kemungkinannya akan mengalami kehamilan dan inilah saat saat yang menggembirakan sekaligus menegangkan

Apabila kehamilan ini direncanakan, akan memberi rasa kebahagiaan dan penuh harapan. Namun terkadang kehamilan dapat menunjukkan tanda bahaya yang merupakan suatu gejala yang dapat mengancam kesehatan ibu dan janin yang dikandung, bahkan dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu sudah seharusnya seorang ibu mengetahui tanda-tanda bahaya kehamilan agar dapat mengantisipasinya lebih awal.

Tanda tanda bahaya kehamilan yaitu :

  • Denyut jantung janin tidak teratur
  • perdarahan
  • peningkatan berat badan ibu tidak optimal
  • Edema
  • Tinggi fundus uteri tidak sesuai dengan umur kehamilan

Beberapa pengaruh penyakit terhadap kehamilan adalah terjadi abortus, intra uterin fetal death (IUFD), anemia berat, infeksi transplasental, partus prematurus, dismaturitas, asfiksia neonatorum, shock, perdarahan.

Pemahaman mengenai penyakit-penyakit tersebut akan menjadi dasar dalam identifikasi faktor resiko sehingga mampu melakukan deteksi. Proses pengkajian dan anamnese sangat perlu dalam menggali komponen-komponen penyakit tersebut, baik akibat penyakit langsung kehamilan maupun penyakit-penyakit yang menyertai kehamilan dan ini adalah hal terpenting bagi anda yang menginginkan minimal nya resiko pada kehamilan

Pada umumnya 80-90 % kehamilan akan berlangsung normal dan hanya 10-12 % kehamilan yang disertai dengan penyulit atau berkembang menjadi kehamilan patologis. Kehamilan patologis sendiri tidak terjadi secara mendadak karena kehamilan dan efeknya terhadap organ tubuh berlangsung secara bertahap dan berangsur-angsur. 

Deteksi dini gejala dan tanda bahaya selama kehamilan merupakan upaya terbaik untuk mencegah terjadinya gangguan yang serius terhadap kehamilan ataupun keselamatan ibu hamil. Faktor predisposisi dan adanya penyakit penyerta sebaiknya juga dikenali sejak awal sehingga dapat dilakukan berbagai upaya maksimal untuk mencegah gangguan yang berat, baik terhadap kehamilan dan keselamatan ibu maupun bayi yang dikandungnya.( Sarwono 2009,h 281).

Sedikitnya 18.000 ibu meninggal setiap tahun di Indonesia karena kehamilan atau persalinan. Hal itu berarti setiap setengah jam seorang perempuan meninggal karena kehamilan atau persalinan. Tingginya angka kematian ibu itu menempatkan Indonesia berada pada urutan teratas di ASEAN. Di Indonesia Angka Kematian Ibu (AKI) menurut survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI 2002/2003) masih berada pada angka 307 per 100.000 kelahiran hidup. (Utomo,2001)

Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tanda-tanda bahaya kehamilan, Sebab pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda bahaya kehamilan merupakan hal yang penting, karena tanda-tanda bahaya kehamilan merupakan gejala suatu penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat mengakibatkan kematian ibu dan janin. Oleh sebab itu sudah seharusnya ibu mengetahui tanda-tanda bahaya kehamilan agar dapat mencegah kematian ibu dan janin yang dikandungnya.

Berdasarkan survei awal yang telah dilakukan peneliti pada bulan Januari- April 2012, banyak terdapat ibu hamil yang memeriksakan diri ke Rumah Bersalin Azimah yaitu berjumlah 291 orang. Di Rumah Bersalin Azimah juga belum pernah dilakukan penelitian mengenai Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan, Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan.

B. Rumusan Masalah

Bagaimana Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Tanda-tanda Bahaya Kehamilan Di Rumah Bersalin Azimah Tahun 2012 ?

C. Tujuan Penelitian

1.Tujuan Umum

Untuk mengetahui pengetahuan dan sikap ibu Hamil tentang tanda–tanda bahaya kehamilan di Rumah Bersalin Azimah.

2. Tujuan Khusus

  1. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang tanda–tanda bahaya kehamilan di Rumah Bersalin Azimah Tahun 2012
  2. Untuk mengetahui sikap ibu hamil tentang tanda – tanda bahaya kehamilan di Rumah Bersalin Azimah Tahun 2012

D. Manfaat Penelitian

1. Bagi Penulis

Penelitian ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Pengetahuan.

2. Bagi Institusi Pendidikan

Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan referensi dari perpustakaan Akademi Kebidanan Keluarga Bunda Jambi Dan Sebagai salah satu tugas akhir dalam penyelesaian studi Akademi Kebidanan Keluarga Bunda Jambi.

3. Bagi Lahan Penelitian

Diharapkan menjadi bahan masukan dan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan penanganan Tanda-tanda bahaya kehamilan.

4. Bagi Responden

Penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan ibu tentang tanda-tanda bahaya kehamilan.

Demikian lah Contoh Skripsi Pendidikan Deskriptif yang kami buat dengan singkat. Bila anda berkenan silhakan di kembangkan sendiri dan cari literatur sebanyak mungkin. Skripsi di atas hanyalah judul skripsi tentang penelitian deskriptif secara sederhana saja.