Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Macam-macam Tipe Wirausaha

Macam-macam Tipe Wirausaha

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur selalu kami haturkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan anugerah dari-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Macam-macam Tipe Wirausaha” ini.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita yakni Nabi Muhammad SAW. yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna dan menjadi anugerah terbesar bagi seluruh alam semesta.

Kami sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang menjadi tugas kelompok dalam mata kuliah Islam Enterpreneurship dengan judul “Macam-macam Tipe Wirausaha”. Disamping itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada kelompok kami sendiri atas kerjasamanya dan juga kepada dosen pengampu atas segala bantuan berupa bimbingan dalam pembuatan makalan ini berlangsung sehingga dapat terselesaikan tepat waktu makalah ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami mengharapkan kritik dan saran terhadap makalah ini agar kedepannya dapat kami perbaiki. Karena kami sadar, makalah yang kami buat ini masih banyak terdapat kekurangannya.

                                                                                                                                                   Penyusun,

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Jika melihat dari arti katanya maka Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira, artinya pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, gagah berani, berjiwa besar, dan berwatak agung. Usaha, artinya perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi secara bahasa pengertian wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu.

Saat ini di Indonesia, sedang di galak kan Kewirausahaan ini. Banyak seminar seminar wirausaha yang telah dilaksanakan. Dengan adanya jiwa jiwa Kewirausahaan ini diharapkan mampu menciptakan banyak peluang lapangan usaha yang ada.

Saat ini juga tidak sedikit lulusan-lulusan universitas, baik dalam negeri maupun lulusan luar negeri yang mulai memilih berwirausaha daripada bekerja di bawah perusahaan yang sudah besar. Mereka meniti karir dimulai dari dasar dengan segala tantangan nya. Ada yang sukses dan banyak pula yang gagal. Kegagalan di awal berwirausaha ini biasanya disebabkan berbagai kendala atau tidak siap dalam menghadapi tantangan di tengah persaingan yang ketat.

Untuk itu agar tidak mengalami kegagalan di tengah perkembangan berwirausaha, sebaiknya pastikan tipe wirausaha yang dipilih sesuai dengan minat maupun bakat yang anda kuasai.

Memilih tipe wisausaha yang tepat sangat lah penting agar anda menjiwai dan mencintai apa yang anda kerjakan sehingga bisa nyaman kedepan nya. Untuk itu pada makalah ini kami membahas Macam-macam Tipe Wirausaha yang ada. Semoga makalah tentang wirausaha ini bermanfaat bagi pembaca semua

 B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah:

  1. Apa pengertian dari Wirausaha?
  2. Sebutkan macam-macam tipe Wirausaha?

C. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:

  1. Untuk mengetahui apa maksud dari Wirausaha
  2. Untuk mengetahui apa macam-macam tipe di dalam Wirausaha

BAB II

PEMBAHASAN

Kewirausahaan merupakan hal yang saat ini sangatlah menarik perhatian. Apalagi usia pemuda, karena hal ini sangatlah relevan dengan para pemuda khususnya yang dikenal sebagai generasi yang penuh inovasi dan inspirasi. Wirausaha sosial dewasa ini mampu menggerakan roda ekonomi dan memberdayakan masyarakat, sehingga dengan kewirausahaan sosial, angka pengangguran dan kemiskinan dapat ditekan. dan ini merupakan salah satu alternatif yang baik dalam pemecahan masalah yang ada di masyarakat terutama di bidang ekonomi. Apalagi saat ini zaman nya globalisasi maka jiwa jiwa wirausaha ini perlu di pupuk, tumbuh, dan di kembangkan di bumi Indonesia.

Di tengah persaingan ekonomi global, membuat pertumbuhan terhadap minat untuk membangun wirausaha kian meningkat. Bahkan, tidak sedikit lulusan-lulusan universitas ternama memilih berwirausaha daripada bekerja di bawah perusahaan yang sudah besar. Mereka siap berjuang membuka peluang peluang yang baru dan meniti karir dari bawah. Dengan ada nya jiwa wirausaha ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Akan tetapi, banyak pula yang mengalami kegagalan di awal berwirausaha karena disebabkan berbagai kendala atau tidak siap dalam menghadapi tantangan di tengah persaingan yang ketat, kendati telah mengeluarkan modal cukup banyak. Kendati demikian, angka keuntungan yang cenderung besar tetap menjadi daya tarik bertumbuhnya minat untuk kerwirausaha, terutama bagi pemula.

Agar tidak mengalami kegagalan di tengah perkembangan berwirausaha, sebaiknya pastikan tipe wirausaha yang dipilih sesuai dengan minat maupun bakat Anda. Sebab, wirausaha yang sukses tidak selalu membutuhkan modal yang besar, namun juga dipengaruhi minat. Bahkan, banyak wirausaha bermodal kecil namun sukses menjalankan usahanya karena tipe wirausaha yang dipilih sesuai dengan minatnya.

Untuk itu, terdapat beberapa tipe wirausaha yang saat ini telah mengalami perkembangan cukup pesat di Indonesia. Contoh tipe tipe wirausaha yang ada itu diantaranya adalah seperti di bawah ini:

1. Wirausaha Bisnis

Business entrepreneur atau wirausaha bisnis merupakan tipe wirausaha yang paling mendasar dan paling banyak di jalankan orang. Wirausaha bisnis ini Bergerak di bidang produksi, pemasaran hingga jasa. wirausaha bisnis tidak hanya mementingkan laba namun juga berorientasi pada pelanggan.

Wirausaha bisnis membangun usaha berdasarkan ide, inovasi, serta sangat mengutamakan kualitas untuk setiap produk yang dihasilkannya dan mementingkan kepuasan pelanggan. Jadi, tipe wirausaha ini tidak hanya mengutamakan laba saja, namun juga memprioritaskan pelanggan. Dengan pelanggan yang semakin banyak dan besar tentu laba dengan sendiri nya juga akan naik. Kualitas pasar adalah prioritas di wirausaha bisnis ini.

2. Creative Entrepreneur

Tipe wirausaha berikutnya adalah creative entrepreneur. Creative entrepreneur merupakan wirausaha yang memanfaatkan informasi dan pengetahuan. Beberapa bidang yang termasuk dalam wirausaha tipe ini adalah wirausaha di bidang periklanan, perfilman, penerbitan, maupun menciptakan game.

Dalam wirausaha ini modal utama yang dibutuhkan bukanlah modal eksternal di segi materi, melainkan kreativitas untuk menciptakan suatu produk. Produk-produk yang dihasilkan dari wirausaha tipe creative entrepreneur ini memang bukan berupa barang, namun memiliki daya tarik yang cukup tinggi.

Saat ini banyak milyader yang muncul berawal dari creative entrepreneur ini. Contoh nyata dari creative entrepreneur yang pernah kami pakai adalah master seo. Jadi seseorang yang memiliki ke ahlian di bidang dunia internet dan membuka jasa tentang seo dan blogging. Kami pernah memakai jasa master seo ini untuk menaik kan artikel Agar Blog Page One Google. Tentu jasa seperti ini sangat lah di butuhkan dan sangat creative. Masih banyak contoh creative entrepreneur yang bisa kita temukan di sekitar kita.

3. Technopreneur

Tipe wirausaha technopreneur merupakan wirausaha yang memanfaatkan teknologi informasi. Di tengah perkembangan teknologi informasi, wirausaha technopreneur banyak dipilih, bahkan oleh pemula untuk mendapatkan keuntungan.

Wirausaha technopreneur cenderung menimbulkan efek ketagihan kepada pelanggannya. Sebab, mampu memberikan kegembiraan melalui layanan yang cepat dan tepat kepada pelanggannya sebagai pengguna teknologi dan informasi tersebut. Sebut saja Google atau Apple, wirausaha di bidang teknologi dan informasi yang saat ini mengalami perkembangan sangat pesat.

Contoh nya lagi tentu sosial media terbesar saat ini ya, yaitu facebook. Maka tidak heran jika banyak orang mencari Cara Cepat Menambah Followers Facebook hanya untuk bisa menjadi terkenal di bisnis facebook ini. dan facebook merupakan salah satu contoh Wirausaha technopreneur

4. Social Entrepreneur

Tipe wirausaha terakhir adalah social entrepreneur. Social entrepreneur merupakan tipe wirausaha di bidang layanan dan jasa kepada masyarakat.

Social entrepreneur ini cenderung memberikan layanan dan jasa untuk perbaikan social. Seperti di bidang pendidikan, lingkungan, maupun perekonomian masyarakat.

5. Wirausaha ahli atau seorang penemu 

Yaitu sesorang yang memiliki suatu ide yang ingin mengembangkan proses produksi, dan sebagainya. Dia cenderung bergerak dalam bidang penelitian membuat model percobaan laboratorium dan sebagainya. Dia juga menjual lisensi idenya untuk dijadikan produksi komersial. Jika anda adalah seorang pemikir dan seorang genius maka bidang ini sangat cocok buat anda

6. The promoter 

The promoter adalah seorang individu yang tadinya mempunyai latar belakang pekerjaan sebagai salesman/marketing, kemudian mengembangkan perusahaan sendiri. Keterampilan yang ia miliki biasanya merupakan factor pendorong untuk mengembangkan perusahaan yang baru dirintis.

7. General manager

General manager adalah seorang individu yang ideal  secara sukses bekerja pada perusahaan. Dia banyak menguasi keahlian bidang produksi, pemasaran, permodalan,dan pengawasan. General manager meskipun seorang ahli namun masih di bawah naungan orang lain

8. Penasehat (Advisor).

Kebanyakan konsultan dipercayai banyak orang karena pendidikan dan pengalaman yang mereka peroleh seperti di bidang konsultan keuangan. Di bidang ini, konsultan mendapat uang dari jasa mereka memberikan saran atau pun mencarikan solusi bagi klien-klien mereka. Konsultan ini ada sangat banyak jenis dan macamnya

9. Organisator
Contoh usaha tipe ini adalah event organizer dimana anda harus memaintain ataupun me-manage jalannya sebuah usaha. Contoh paling simpel adalah WO atau wedding organizer

10. Creator

Tipe yang ini adalah tipe pembangun bisnis dimana memerlukan kreativitas anda untuk mampu membuat barang atau jasa baru yang sebelumnya belum ada. Seseorang yang bekerja di bidang ini harus memiliki krativitas yang tinggi

11. Care Taker

 Pengusaha yang bergerak di bidang perkebunanan adalah salah satu conton dimana anda harus mampu sebuah bisnis dan di perlukan sikap yang sabar, tekun, dan konsisten.

12. Communicator

Tipe ini adalah anda yang mampu memberikan informasi yang menjadi demand seperti bidang sales. Seseorang yang memiliki komunikasi yang baik sangat cocok di bidang ini

13. Entertainer

Tipe ini adalah tipe entrepreneur yang mampu membuat atau menambah pengalaman positif bagi orang lain misalnya : aktor dan penyanyi. Bidang ini merupakan salah satu bidang yang sangat bersosial dan banyak berinteraksi dengan manusia.

14. Investor

Tipe ini adalah tipe entrepreneur yang di bidang saham atau property yang mampu membuat uang mereka bekerja. Investor ini banyak sekali ragam nya. Ada ivestor properti, investor saham dll

15.  Seller

Tipe ini memiliki keahlian dalam menjual apapun baik itu berupa jasa atau barang misalnya asuransi. Ingat tidak banyak orang yang memiliki jiwa seller ini maka seller merupakan suatu keahlian khusus

16. Engineer / Technology

Tipe ini adalah pengusaha yang memiliki keahlian di bidang teknik, misalnya bidang otomotif.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Menurut dari segi etimologi (asal usul kata ). Wira, artinya pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, gagah berani, berjiwa besar, dan berwatak agung. Usaha, artinya perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu.

Dari pengamatan perilaku wirausaha maka dapat dikemukakan ada beberapa tipe wirausaha yaitu: Wirausaha Bisnis, Creative Entrepreneur, Technopreneur, Social Entrepreneur, Wirausaha ahli atau seorang penemu, The promoter, General manager dan lain sebagainya yang mana bisa kita baca dibagian BAB II yakni pembahasan.

B. Saran

Jadi untuk kita semua yang sedang berusaha dalam berwirausaha harus terus mengembangkan kekreatifan kita atau ide-ide kita dalam berwirausaha. Karena berwirausaha itu tidak hanya butuh modal akan tetapi, kita juga butuh kekreatifan kita untuk menghasilkan wirausaha yang baru dan yang belum ada dikalangan masyarakat atau masih jarang.

Selain itu  juga kita harus memperhatikan  tipe-tipe wirausaha yang harus kita terapkan didalam kewirausahaan kita agar bisa lebih maju dan lebih banyak disukain dikalangan masyarakat dan orang banyak