Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Terbaik Ulat Jerman

 


Budidaya Ulat jerman saat ini merupakan salah satu peluang usaha di bidang peternakan yang mulai banyak di kembangkan di sebagian besar wilayah dunia termasuk juga indonesia. Kebutuhan akan ulat jerman saat ini sangat besar terutama untuk di ekspor. Ulat jerman atau UJ ini merupakan salah satu hewan yang mudah sekali di ternak asal paham ilmu dan tata cara ternak nya. Meskipun sudah banyak Panduan Lengkap Budidaya Ulat Jerman namun terkadang sebagian orang masih bingung dalam beberapa hal tentang  UJ atau dikenal juga dengan nama superworm ini, terutama soal media paling baik untuk ulat jerman

Mengapa media terbaik ternak UJ ini penting? Yup karena salah satu penentu keberhasilan ternak ulat jerman ini salah satunya adalah terletak pada media yang kita gunakan. Sehingga jika anda masih bingung tentang Media Terbaik Ulat Jerman yang bagaimana yang pas untuk ternak UJ anda? Yuk simak ulasan kami di bawah ini tentang Media ternak Ulat Jerman terbaik

Berbicara soal media ulat jerman sebelum  nya perlu saya bahas sedikit tentang kotak ulat jerman, karena ini nanti berhubungan. Karena percuma media ulat jerman nya bagus tapi kotak UJ nya gak sesuai standar. Kotak budidaya ulat jerman yang seperti apa yang cocok dengan media yang anda gunakan ini penting sekali.

Menurut saya kota ulat jerman terbaik itu harus terbuat dari bahan kayu / triplek/papan. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut bisa menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman. Maka saya sangat tidak merekomendasikan untuk menggunakan kotak dengan bahan alumunium/seng, karena bisa menyebabkan suhu udara dalam ruangan kotak menjadi lebih panas dan Ulat jerman mati lemas natinya. 

Kotak dari bahan triplek atau kayu ini ukuran nya terserah anda, yang penting nyaman saja. Tapi untuk tinggi kotak nya saya sarankan antara 7 sampai 10 cm agar mudah di bersihkan dan udara lancar....kalau P dan L nya terserah anda. Paham?

Untuk kotak terbaik ulat jerman selain berbahan kayu anda juga bisa gunakan nampan plastik berukuran besar sekitar 50-100 cm atau yang sedang mau memulai bisa pakai baskom/bak besar. Anda bisa membelinya dengan mudah di pasar/toko terdekat. Nampan dari bahan plastik ini lebih baik dari pada anda memakai bahan seng ya....

Oke setelah wadah atau kotak UJ kita siapkan maka sekarang mari kita bahas soal media paling bagus untuk ternak UJ ini, ingat apa yang saya tulis ini merupakan apa yang telah saya praktek kan ya...artinya dari riset saya pribadi. Terkadang sebagian peternak memiliki penilaian lain, itu terserah mereka. Yang jelas saya hanya menuliskan apa yang saya lakukan dan saya temukan.

Kalau kita baca baca di internet tentang budidaya ulat jerman maka hampir 70% peternak Ulat jerman menggunakan media polar asli dan sisanya sekitar 20 % menggunakan media campuran polar gandum dan dedak padi halus. Nah saya termasuk ke dalam 10% nya ya...hehehe

Aapakah media pollar gandum ini kurang baik? Menurut saya iya...kenapa? Kita paham sendiri lah ya jika pollard adalah media yang biasa dimakan oleh hewan yang kuat misal nya sapi dan kambing. Kita lo sering dengar manfaat pollard dalam penggemukan sapi dll. Maka pollard ini kurang maksimal dengan UJ jika di bandingkan dengan media yang lain.

Ingat saya tidak asal ngomong ya...tapi ini telah di buktikan dari ke 4 media Ulat jerman yang dipakai dan dibandingkan mana yang terbaik dari ke 4 media tersebut. 

Perbandingan 4 media ulat jerman

  1. Media Pollar murni
  2. Media Pollar + Dedak padi halus
  3. Media Dedak halus
  4. Media Pur ayam pedaging (BR1)

Nah media di atas setelah di riset dan di bandingkan dengan perlakuan sama, jumlah kumbang yang sama, waktu yang sama, makanan dan minuman yang sama. maka hasil dari perbandingan 4 media di atas maka didapatkan pertumbuhan terbaik terdapat pada media no 4, kemudian media no 1, kemudian media no 2 dan terakhir no 3

Memang 4 media ulat jerman di atas bisa anda pakai ya....semua nya bisa, namun dari perlakuan yang ada media ulat jerman terbaik adalah media Pur ayam BR1. Jadi anda beli saja di toko pakan pur ayam BR1 lalu bisa kita tumbuk halus atau blender sebentar saja biar agak halus. Dah selesai....

Media ulat jerman Pollar + Dedak padi halus sebenar nya juga bisa di pakai cara nya dengan cara pollard nya di saring dan ambil yang halus nya, agak seragam sama dedak halus nya. Akan tetapi hasil nya tetep bagus pakai Pur ayam, silahkan coba untuk membuktikan nya ya....Intinya soal media UJ ini jangan hanya cari yang murah ya tapi cari yang berkwalitas.

Trik media ulat jerman murah bisa anda akali dengan cara media pur halus tadi anda campur dengan dedak halus. Ini lebih baik dari pada pollard gandum + dedak. Saya sering mencampur media dedak halus dengan pur halus ini untuk ulat jerman yang sudah sesi 2. Bukan media untuk bertelor kepik ya...kalau media kepik tetap pur halus saja.

Yang paling penting Tips sukses beternak ulat jerman adalah jangan membeli kepik ulat jerman ya....tapi buat sendiri. Mudah kok cara membuat kepik ulat jerman ini, sudah saya bahas juga di web pintu dunia ini. 

Namun jika anda baru memulai beternak UJ ini dan ingin beli kepik maka saya kasih tau untuk Trik beli kepik ulat jerman adalah beli lah kepik yang masih baru alias yang masih warna cokelat ya...jangan beli yang sudah warna hitam (tua). Penjual kepik kadang ada yang nakal, kepik sudah tua masih di jual di campur kan. Tapi jika anda beli yang masih cokelat otomatis baru semua. Paham?

Terakhir Tips untuk salah satu cara agar ulat jerman tidak mati tentunya berikan minuman ulat jerman dan makanan yang pas dan sesuai jadwal ya...ingat mereka adalah makhluk hidup yang tentunya butuh makan dan minum ya. Untuk vitamin untuk ulat jerman saya anggap adalah makanan tambahan lain nya yang bisa anda gunakan, tentunya ada banyak sekali.

Intinya makan dan minum ini sudah lengkap ya pada media dan minum nya kasih irisan pepaya muda, atau labu siam atau bisa juga bekas bekas wortel. Saran saya untuk makan dan minum pada media pur ayam ini yang terutama adalah labu siam atau pepaya muda. Yang lain hanya tambahan jika anda mau.

Apakah ampas tahu baik untuk makan Ulat jerman? Baik...tapi hanya tambahan. Kasih dikit saja dan lihat reaksi nya. Yang utama tetap pepaya muda atau labu siam di iris kecil kecil.....cara kasih makan dan trik media ulat jerman agar nyaman sudah saya bahas pada postingan yang lain ya....silahkan cari saja di web pintu dunia ini.

Kesimpulan Media Terbaik Ulat Jerman

  • Media ulat jerman terbaik adalah pur ayam BR1, kemudian Pollard, Kemudian Pollar + dedak
  • Makanan dan minuman terbaik ulat jerman adalah irisan pepaya muda/labu siem
  • Beli lah kepik ulat jerman yang masih berwarna cokelat

Demikian sharing kita hari ini tentang media paling baik untuk ulat jerman, silahkan baca baca tulisan saya tentang UJ pada postingan yang lain karena sangat erat berhubungan. Salam sukses selalu