Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Dalam Membuat Rumah

Kesalahan Dalam Membuat Rumah - Memiliki rumah idaman yang indah dengan desain ruang tamu cantik adalah impian setiap orang. Untuk itu banyak orang selalu mencari trand dan gaya rumah terbaru agar tidak ketinggalan jaman dan selalu update alias ke kinian. Maka dari itu saat ini juga mulai banyak bermunculan para pakar gambar dan desain rumah dengan bayaran yang relatif murah dengan hasil yang memuaskan. 

Ini semua tentu agar rumah idaman itu dapat terwujud dengan hasil yang maksimal. Ingat persaingan di bisnis desain rumah semakin kuat. Untuk itu bahkan saat ini ada jasa desain rumah gratis yang diberikan oleh para team pemborong asal pengerjaan nya dia yang mengambil. Jadi konsep nya desain rumah gratis, di ambil untung dari biaya pengerjaan nya. Paham kan?

Saat ini juga berbagai model rumah telah datang silih berganti dan makin cantik cantik sobat. Mulai dari jaman model rumah joglo, model rumah atap limas sampai Desain Rumah Trap 2 Minimalis Cantik juga saat ini telah ada di tengah tengah kita, tinggal kita mau pilih yang mana yang paling bagus menurut selera masing masing. Mau desain sendiri, mau desain berbayar atau mau desain rumah cantik gratis, semua pilihan ada di tangan anda.

Kemudian yang menjadi hal penting di sini adalah meskipun sudah banyak ahli dan pakar rumah, namun tetap saja terkadang masih muncul kesalahan kesalahan dalam membuat rumah ini.

Kesalahan kesalahan dalam membangun rumah ini muncul biasanya ketika sudah mulai dibangun sekitar 50% atau bahkan kadang sudah hampir jadi. Sehingga kesalahan itu sudah telat untuk diperbaiki bahkan kadang di biarkan saja.

Dari berbagai survey yang kami kumpulkan kesalahan dalam membangun rumah ini tetap terjadi meskipun sudah memakai sketsa rumah lengkap. Salah satu alasan nya karena terkadang ini adalah proyek pertama yang ia kerjakan. Catat ya....Proyek pertama. Jadi jika anda membuatkan rumah jangan sampai dikerjakan oleh tukang yang baru pertama kali terjun ya...paham kan? 

Sama seperti pertama kali nya anda membuat kue misal nya. Meskipun sudah melihat tutorial google, tetap saja terkadang ada saja yang salah. Yang bantet lah, yang gosong lah, yang kurang manis lah. Paham? Tentu akan berbeda jika anda telah terbiasa membuat kue. Hal ini sama dengan membuat rumah sobat..

Agar terhindar dari kesalahan yang sering dilakukan saat membangun rumah ini maka pada postingan ini mari kita bahas Kesalahan yang sering terjadi saat Membuat Rumah sehingga dengan memahami postingan di bawah ini, kesalahan dalam membangun rumah ini tidak terjadi pada anda.

Semoga artikel tentang Kesalahan Dalam Membuat Rumah ini bermanfaat bagi anda yang ingin membangun rumah impian.

10 kesalahan yang sering terjadi dalam membangun rumah

1. Jendela Sudut Cantik

Banyak rumah minimalis modern yang saat ini memakai jendela sudut rumah ini. Fungsi jendela sudut rumah ini ada banyak sekali. Selain sebagai dekorasi rumah yang cantik, bisa menambah nilai estetika, maka jendela sudut juga sebagai masuk nya cahaya yang lebih banyak. Apakah rumah anda menggunakan jendela sudut? Bagaimana desain jendela sudut yang cantik yang anda inginkan?

Jendela sudut rumah

Oke sesuai judul postingan di atas, ingat jendela sudut rumah juga sering menjadi sebuah kesalahan. Sekilas jendela sudut ini sangat cantik, namun dengan catatan harus benar dan pas. Jika desain rumah anda menggunakan jendela sudut maka pastikan tidak ada kesalahan seperti di bawah ini

Jendela sudut Rawan maling

Kesalahan Dalam Membuat Rumah yang sering terjadi adalah jendela sudut yang besar pada lantai pertama. Jendela sudut ini tujuan nya agar bisa menambah view ke luar yang lebih cantik sehingga biasanya jendela sudut ini dibuat tanpa ada teralis besi. 

Untuk rumah tingkat, biasanya jendela sudut diletak kan pada lantai 2 atau 3, ini tidak masalah. Yang jadi masalah jika rumah anda hanya 1 lantai dan menggunakan jendela sudut. Awas rawan maling karena kaca nya sekali ketok pasti pecah. Jadi untuk lantai 1 pastikan jendela sudut anda pakai teralis besi atau pastikan konsep nya kecil sehingga orang tidak bisa masuk jika kaca pecah. Paham?

Jendela sudut mudah pecah

Jika anda menggunakan jendela sudut, biasanya kan agak besar dan kaca nya berupa kaca L. Maka sebelum anda memutuskan memakai jendela sudut pastikan kacanya adalah kaca ukuran tebal. Karena jika pecah akan sangat merepotkan untuk menggantinya. Ingat terkadang anak anak suka bermain bola dan permainan yang bisa mengenai kaca. Jadi pastikan kaca jendela sudut benar benar tebal sekali.

Jendela sudut mudah kotor

Model jendela sudut rumah biasanya menjorok keluar, sehingga sering sekali burung atau ayam yang naik kesitu. Mungkin bagi anda penduduk kota tidak masalah soal ini, namun bagi yang di lingkungan desa dan ingin menggunakan jendela sudut maka hal kebersihan perlu anda pertimbangkan. Jendela sudut harus rajin di bersihkan di lipatan hiasan nya dan di sekitar bingkainya. Jika anda adalah tipe pemalas maka jendela sudut rumah bukan solusi bagi anda.

2. Jarak jendela dan pintu 

Kesalahan Yang sering terjadi Dalam Membuat Rumah yang selanjut nya adalah jarak pintu dan jendela yang terlalu dekat. Ukuran ideal jarak pintu dan jendela minimal adalah ketika pintu di buka maka jangan ada bagian jendela yang tertutup.

Kesalahan yang sering terjadi dalam membuat rumah adalah tidak mengukur jarak antara ketika daun pintu di buka ke jendela. Contoh jarak pintu dan jendela yang pas adalah di bawah ini:

 

Pada gambar di atas tampak rumah dengan desain pintu buka 2 ya. Maka ukur lebar 1 daun pintu itu berapa? Kalau dalam contoh di atas adalah 60 Cm karena total lebar pintu adalah 120 CM.

Maka jarak kusen jendela ke kusen pintu minimal adalah 60 CM, sehingga ketika pintu di buka tidak menutup jendela. Ini penting anda catat. Ingat fungsi jendela adalah ruang angin dan juga mempercantik rumah. Jangan sampai tertutup sama pintu.


Anda lihat gambar di atas. Pas pintu di buka, maka pas di kusen jendela dan tidak menutupinya. Ini adalah ukuran jarak ideal pintu ke jendela minimal ya.


3. Tempat pembuangan air kamar mandi

Setelah kamar mandi dibuat, banyak lo yang kecewa karena letak pembuangan dari air kamar mandi yang tidak sesuai yang diharapkan.

Pembuangan air terbaik itu berada pada sudut dan dengan kemiringan yang baik. Sehingga begitu mandi air langsung hilang total masuk ke pembuangan.

Lubang pembuangan di sudut
 

Cek gambar pembuangan lubang air mandi di atas. Pas di sudut dengan kemiringan yang cukup lumayan kencang. Jadi ketika anda mandi air akan mengalir dengan cepat ke pembuangan.

Ingat jangan sampai air tergenang karena kurang miring ya, ini akan sangat merepotkan. Kesalahan dalam membuat kamar mandi yang sering dilakukan adalah karena kemiringan dari lantai kamar mandi yang kurang miring sehingga air lambat kering. Jika lambat kering maka lantai bisa licin dan buram.

Buat saja kemiringan yang sangat miring. Jangan takut jatuh, karena lantai kamar mandi sudah di desain anti licin. Percayalah jika tidak miring dan cepat habis air nya, maka anda pasti kecewa.

4. Celah pinggir keramik kamar mandi

Jika kamar mandi anda adalah keramik maka cara memasang keramik kamar mandi dengan cara memasang keramik kamar biasa atau cara memasang keramik ruang tamu jelas saja berbeda. 

Jika kita memasang keramik kamar tamu bisa semepet mungkin pada bagian pinggir namun jika kamar mandi, pastikan ada selah pada keramik bagian pinggir. Jika di buat mepet maka kita tidak bisa memasuk kan net/nat. Sehingga jika pada bagian pinggir kamar mandi nat nya kurang maka lama kelamaan dinding akan lapuk dan berjamur.

Jadi pastikan memasang keramik pada kamar mandi selalu berikan celah minimal setengah centi pada bagian pinggir agar bisa kita isi dengan nat agar tidak rembes ke dinding. Jangan sampai kesalahan dalam memasang keramik kamar mandi ini anda ulangi lagi ya sobat.

5. Glass box agar terang

Ingin rumah anda terang ketika siang hari atau sore hari meski tanpa lampu? Ini penting sekali. Terkadang ketika cuaca mendung, atau ketika sore hari banyak rumah-rumah yang sudah menghidupkan lampu, padahal belum malam. Hal ini terjadi karena kurang nya intensitas cahaya yang masuk dalam rumah

Desain rumah yang ideal harus menggunakan banyak cahaya masuk kerumah agar nyaman, terutama di ruang tamu dan kamar mandi. Solusinya adalah dengan menggunakan glass box


Glass box yang kami pasang di kamar mandi ini sangat indah. Meskipun sore hari suasana kamar mandi tetep terang tanpa perlu menggunakan lampu



Selain Glass box kamar mandi juga butuh ventilasi udara yang cukup agar tidak pengap kecuali anda menggunakan mesin. 

Untuk Glass box bisa dipasang agak kebawah agar terang. Aman saja Glass box tidak akan nampak jika di lihat dari luar ya..hehehe. Untuk ventilasi pasang setinggi mungkin. Paham? Ingat banyak terjadi kesalahan dalam membuat penerangan kamar mandi rumah ini.

6. Talang air

Saat ini kebanyakan orang sudah tidak menyukai rumah dengan sistem talang air. Ingat sekuat apapun talang air pasti suatu saat akan bocor juga. Usahakan buatlah rumah dengan desain tanpa talang air.

7. Ukuran kaca jendela harus tebal

Bagi anda yang belum terlanjur memasang jendela harap di pahami. Kadang ada yang memasang kaca jendela dengan ketebalan yang tipis di bawah 5 mm

Jangan sayangi uang anda untuk membeli kaca yang lumayan tebal, karena jika anda pelit malah nanti suatu hari bisa tekor. Ingat terkadang anak anak kecil belum paham ketika bermain. tak sengaja kadang ada yang terlempar ke jendela. Jika kaca yang anda pasang tipis, maka langsung pecah. Butuh waktu, tenaga, uang dan butuh di copot juga untuk memasang kembali.

Ini akan sangat merepotkan. Maka dari itu jangan ulangi Kesalahan Dalam Membuat Jendela rumah ini. Pasang kaca yang lumayan tebal agar aman dari pecah yang tidak di sengaja oleh anak anak kita atau karena di tabrak burung atau yang lain nya.

8. Cara pasang Lem paralon

Cara pasang lem pada paralon air dalam rumah, baik kamar mandi atau cucian piring ini perlu anda perhatikan. Terutama paralon yang nanti nya berada di dalam tembok. Hal ini pernah terjadi pada rumah yang akan kami kerjakan.

Waktu itu tetangga minta tolong memperbaiki rembesan air pada dinding rumah nya, setelah kami bongkar ternyata ada rembesan di sambungan pipa air dalam tembok.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena 2 hal

Yang pertama pasti karena lem nya tidak kuat atau yang ke dua karena belum kering benar sudah di operasikan. Ini adalah Kesalahan yang sering terjadi Dalam Membangun sebuah Rumah.

Maka dari itu sebelum terlanjur, jika anda memasang pipa air, atau paralon air di dalam tembok maka pastikan setiap sambungan, setiap L setiap T pada pipa selalu di lem sekuat mungkin. Tunggu sampai benar benar kering untuk di operasikan. Karena ketika rembes di dalam tembok maka akan sangat menyusahkan untuk memperbaiki nya.

9. Pondasi harus kuat agar tak turun dan retak

Pernah melihat dinding rumah yang retak? apa penyebab dinding rumah retak? Apakah kurang semen waktu plester atau kualitas bata yang tidak bagus? Salah...penyebab dinding rumah retak salah satunya adalah karena pondasi rumah yang turun sedikit.

Ketika pondasi rumah turun maka di pastikan dinding pasti retak meski tidak sampai parah. Jadi sebelum anda memutuskan membuat rumah maka buatlah pondasi nya se kokoh mungkin dengan besi yang standar. Jangan asal asalan dalam membuat pondasi

Jika bangunan lain nya, misal nya kamar mandi mungkin anda bisa agak berhemat uang. Namun jika ini adalah pondasi rumah maka saya sarankan buatlah se kokoh dan se kuat mungkin. Karena jika sampai ada yang retak di rumah anda maka akan sangat sulit untuk memperbaikinya.

10. Ukuran tangga tingkat

Sebagian orang mungkin menyukai desain rumah tingkat dengan tangga cantik. Namun kesalahan dalam membuat tangga rumah yang paling sering terjadi adalah karena ukuran yang tidak standar.

Jika ukuran tidak standar maka cenderung capek ketika naik atau turun. Maka buatlah ukuran tangga rumah tingkat anda dengan ukuran yang super enak ketika naik atau turun. Silahkan cari di google saja ukuran tangga yang paling enak di pakai agar anda nyaman.

Demikian lah kesalahan kesalahan dalam membuat rumah yang kami pelajari dari lapangan, semoga kesalahan kesalahan yang sering terjadi saat membuat rumah tersebut tidak anda ulangi lagi.