Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ulat Jerman Kurus

Penyebab Ulat Jerman Kurus - Budidaya ulat jerman saat ini merupakan salah satu budidaya yang sangat menjanjikan. Selain mudah dibudidaya, ulat jerman juga memiliki potensi penjualan yang luar biasa, terutama dikalangan penghobi ikan arwana.


 

Ulat jerman sebenarnya adalah hewan yang kuat dan tahan terhadap penyakit, namun ada beberapa penyakit atau masalah yang sering menyerang pada ternak ulat jerman ini.

Masalah yang sering menyerang ulat jerman adalah ulat jerman yang mati lemas dan ulat jerman yang semakin hari semakin kurus. Dua masalah ini adalah penyakit yang sering menyerang pada ternak ulat jerman.

Untuk penyakit ulat jerman mati lemas telah kita bahas pada postingan yang lalu dengan judul Cara Mengatasi Ulat Jeman yang mati Lemas, dan pada hari ini kita akan mengupas habis tentang penyebab ulat jerman menjadi kurus dan cara mengatasi ulat jerman yang menjadi kurus.

Para peternak ulat jerman tentu sangat suka bila ulat jermak nya gemuk, sehingga banyak dari para peternak UJ yang mencari cara membuat ulat jerman gemuk dan sehat. Apakah anda juga termasuk di dalam nya? 

Jika iya, Tenang saja, karena selain kita akan membahas penyebab ulat jerman menjadi kurus, kita juga sekaligus membahas cara membuat ulat jerman menjadi gemuk dan sehat.

Penyebab ulat jerman menjadi kurus

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ulat jerman jadi kurus, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Media yang kurang bagus

Penyebab Ulat Jerman Kurus yang sering terjadi pertama kali adalah karena media yang tidak bagus. Media ulat jerman yang tidak bagus ini memiliki arti media yang tidak memenuhi standar gizi dan suplai makan ulat jerman. 

Seperti yang pernah saya bahas bahwa Media Terbaik Ulat Jerman adalah media dari Pur ayam. Meskipun media yang lain nya juga lumayan bagus namun kami tetap merekomendasikan media PUR ayam sebagai sasaran pertama media ulat jerman ini.

2. Faktor bibit

Salah satu mengapa ulat jerman tidak bisa gemuk dan cenderung tidak sehat salah satunya adalah karena faktor bibit. Faktor bibit yang saya maksud di sini adalah bibit induk yang terlalu muda. Usia induk ulat jerman terbaik minimal adalah 4 bulan ke atas. 

Bukan berarti bibit di bawah 4 bulan tidak bisa ya. Semua ulat jerman bisa di jadikan bibit, namun dengan kwalitas yang kurang bagus. Semakin tua usia ulat jerman maka semakin baik untuk bibit, ini kunci nya.

Maka tidak heran jika bibit yang masih muda sekali, begitu jadi ulat jerman maka cenderung kurus dan kurang semangat. Ini murni karena faktor bibit muda ya. Paham?

3. Makan dan minum yang tidak sesuai jadwal

Penyebab Ulat Jerman Kurus berikutnya yang sering terjadi karena anda tidak memiliki jadwal yang tetap untuk makan dan minum daripada ulat jerman ini.

Makan minum ulat jerman terbaik adalah PUR ayam dan labu siam atau pepaya juga bisa. Jadi jadwal kan dengan rutin misal nya tiap pagi anda kasih pur yang di giling lembut, tabur merata saja. Lalu kasih lah minum nya pepaya muda atau labu siam.

Cara memberikan makanan pur ayam untuk ulat jerman adalah di tabur tipis saja, dan jangan terlalu banyak. Sedangkan cara memberikan minum ulat jerman adalah dengan cara memberikan labu siam atau pepaya muda yang masih hijau ya. Jangan pernah memberikan pepaya yang sudah masak karena akan menimbulkan air dan mengakibatkan media menjadi basah.

4. Cuaca

Penyebab Ulat Jerman tidak gemuk berikutnya adalah karena faktor cuaca yang panas dan media yang kering. Ulat jerman tidak bisa basah media nya, namun juga tidak bagus jika terlalu kering.

Media ulat jerman yang kering mengakibatkan ulat jerman menjadi kurus. Media ulat jerman harus lembab. Cara membuat keadaan media ulat jerman yang ideal adalah dengan cara mengatur minuman nya. 

Jika media terlalu kering maka irislah pepaya atau labu siam dengan irisan besar, maka pasti media akan sedikit basah dan lembab.

Jika media terlalu lembab maka iris saja kecil kecil dan berikan bertahap. Siram pelan pelan dengan serbuk PUR. 

2 cara di atas adalah cara membuat media ulat jerman selalu ideal dan cocok. Anda tinggal pantau saja kelembapan nya. Jika media selalu lembab, tapi tidak basah dan makan minum nya teratur maka saya pastikan ulat jerman akan gemuk dan sehat

Demikian sharing kita hari ini tentang Penyebab Ulat Jerman Kurus, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda.