Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penipuan Online Di WA

Penipuan Online Di Internet - Saat ini penipuan online melalui jaringan internet sudah sangat merajalela dan meresahkan. Banyak modus modus baru yang telah mereka gunakan. Ada penipuan online yang memiliki modus hadiah dari sebuah instansi, ada juga Penipuan Pinjaman Online, bahkan ada juga yang menyamar sebagai anggota keluarga dan meminta pulsa atau uang transferan.

Untuk sarana penipuan online dan jenis penipuan online saat ini sudah berkembang sangat banyak sekali. Ada Penipuan Online Di WA, penipuan online di facebook, kasus penipuan online shop di instagram dan masih banyak yang lain nya, bahkan ada yang masih menggunakan sms manual untuk orang orang tua awam soal internet.

Jika kita membaca kasus penipuan online terbaru maka kita akan menemukan sangat banyak sekali modus modus baru penipu ini, namun pada postingan ini akan saya berikan contoh kisah penipuan online dengan modus penipuan whatsapp terbaru yang sering sekali kita lihat di sosmed dan juga akan kami share bagaimana cara agar kita terhindar dari penipuan online ini

Chat wa penipu ini pun sengaja saya simpan agar anda paham dan tidak terjebak pada suatu saat nanti jika ada kasus yang mirip.


contoh penipuan online di wa dan contoh penipuan di fb

Kita sering melihat orang-orang yang menyebar info yang sangat menggiurkan di sosial media misalkan di facebook seperti contoh di bawah ini:

 

Promo HP murah di FB

 

Anda bisa cek contoh Penipuan Online Di FB seperti gambar informasi yang saya ambil di facebook seperti di atas. Promo HP OPPO A16 yang sangat murah bukan? Apakah anda tertarik? Hehehe

Biasanya informasi tersebut di share dibanyak group group Facebook atau group group WA atau telegram dan lain sebagainya. Tentu bagi yang masih awal soal penipuan online ini sangat menarik.

Bayangkan dengan dalih cuci gudang, ataupun dengan dalih promo besar besaran, harga sebuah HP android yang cukup keren hanya dibandrol dengan harga di bawah 500 ribu rupiah lo...Apalagi bagi orang orang yang baru kenal dunia online dan (maaf) mungkin sekolah aja gak tamat...karena kurang nya pergaulan (faktor utama) maka promo promo yang dia lihat akan sangat tampak menarik.

Yakinlah hampir 99% harga HP yang tidak masuk akal adalah penipuan. Biasanya penipu memberikan kontak no WA. Alhasil nanti calon pembeli akan chat chat, dan di jelaskan sampai tertipu. 

Untuk itu agar tidak lagi terjadi Penipuan Online Di WA maka saya akan coba chatting dengan promo HP di atas ya...dan bagaimana saya membongkar contoh penipuan online di wa yang sedang terjadi ini. Ingat..chat saya dengan akun penipu ini real ya....saya coba respon dari group FB yang telah di share.

Pertanyaan nya adalah dari mana kita tau akun wa penipu? atau bagaimana saya tau bahwa Promo HP yang di share di FB itu adalah penipuan? Padahal akun FB nya banyak followernya lo...asli lo FB nya....

Ingat Cara Cepat Menambah Followers Facebook itu mudah sekali kawan...jangan pernah tertipu hanya karena FB nya yang banyak pertemanan dan banyak follower... ikuti trik agar tidak tertipu beli online yang saya praktek kan langsung dari contoh kasus di atas seperti di bawah ini.

Agar terhindar dari penipuan online di Whatsapp yang pertama adalah kita cek dulu profil WA nya seperti apa. 

Biasanya profil WA penipu selalu tampak wow dan meyakinkan. Jarang sekali profil WA penipu misalnya gambar lagi mancing dan nampak ikan, atau gambar lagi menemani anak di sekolah, atau foto lagi antri di toko dll... Paham?

Setelah saya cek, foto profit WA tadi adalah seperti di bawah ini:

Contoh wa penipu

Walaupun ini tidak akurat 100% namun bisa dipastikan jika foto profil di atas adalah penipu. Agar tampak yakin maka dia comot foto orang lain untuk foto PP dia. ini sudah umum sekali. Tujuan nya tentu agar tampak wow. Ingat.,..penjual asli malah foto nya tampak biasa dan natural. Paham?

Agar contoh penipuan online di wa ini terbukti 100% maka kita langsung chat saja menanyakan promo HP murah tersebut. Hasilnya seperti di bawah ini:


Cek gambar SS di atas....

Salah satu indikasi kasus penipuan online di wa adalah selalu selesaikan pembayaran dulu baru HP nya dikirim. Alias tidak bisa COD. ini adalah indikasi pertama dari penipuan online ya...meski tidak akurat 100% akan kita selidiki lebih lanjut lagi



Agar contoh penipuan online di wa ini semakin akurat maka kita coba tanya jenis HP dan spesifikasinya dan kita bandingkan dengan toko online terpercaya, misal nya lazada, shopee dan lain sebagainya.

Kita bisa lihat, bahwa HP OPPO A16 di Shopee harga paling murah adalah 1.700 ribuan. Sedangkan orang tadi menjual dengan harga 350 ribu. Bagaimana pendapat anda? Apakah mungkin?

Jadi solusi agar tidak tertipu beli online salah satunya adalah bandingkan harga penjual dengan market yang sudah jelas, misalnya lazada atau shopee. Jika selisih harganya bagaikan langit dan bumi, maka ini adalah indikasi Penipuan Online yang harus kita waspadai.



 

Langkah selanjutnya untuk membuktikan bahwa dia adalah gerombolan penipu maka coba tanya apakah bisa COD? 

Jika dia tidak mau COD maka gunakan Rekber (rekening bersama). Banyak kok rekber terpercaya online yang bisa anda gunakan. 

Jika dia tidak mau COD, tidak mau juga rekber, maka solusi agar tidak ketipu beli online selanjutnya adalah mintalah dia membuat akun di pihak ke 3 misal nya di shopee.

Jadi suruh dia jual di shopee lalu kasih link nya ke kita, dan kita beli cas lansung via shopee. Paham? Kalau dia berani menggunakan salah satu dari 3 cara di atas, maka dia penjual asli.

Namun jika dia tidak berani cod, tidak berani rekber, atau tidak berani via link market, maka saya pastikan 99% dia adalah penipu. Paham?



 

Cek SS saya di atas....anda lihat...dia tidak berani COD, dan tidak berani rekber. Juka tidak ada link shopee. Dia hanya mau bayar langsung, kemudian barang di kirim.



Jika sudah seperti di atas, maka dia pasti akan bilang " beli di toko lain aja kak" atau dia bilang " maaf kak kami gak bisa, gak jadi ya gak papa kok kak, berarti bukan rezeki"

Dia akan menolak dengan bahasa yang sehalus mungkin. Ini adalah trik marketing yang sudah biasa sobat. Ini sudah jelas penipuan via WA atau sosmed yang saat ini lagi marak. Trik nya sudah umum sebenar nya namun terkadang masih ada sebagian dari kita yang tertipu. Yup karena pergaulan nya yang terbatas pastinya.

cara mengetahui penipu di wa sangat mudah sebenar nya. Salah satunya dengan video call. Dengan penjelasan via video call yang jelas biasanya dia tidak akan pernah mau. 

Sambil video call suruh dia perlihatkan KTP, atau rumah nya plus keluarga atau orang tua nya. Saya jamin jika dia adalah penipu pasti tidak akan mau.

Setelah anda paham tentang kasus Penipuan Online Di WA, lalu yang paling penting di sini adalah bagaimana cara melaporkan penipuan online ini? Bisakah uang kita kembali jika kita tertipu beli online?

Perlu di pahami jika melaporkan penipuan online ini penting agar jika masih ada rezeki anda maka minimal uang yang tertipu bisa kembali lah, soal penipu masuk penjara atau tidak urusan nanti.

Untuk sahabat pintu dunia ketahui jika penipuan online lapor kemana dan bagaimana langkah nya ini telah saya bahas pada postingan penipuan pinjaman online ya, silahkan anda baca detail nya.

Semoga artikel saya ini bermanfaat buat anda dan semoga dengan ini bisa membuka wawasan pembaca semua agar terhindar dari semua jenis penipuan online