Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Desa Yang Bagus

Saat ini rata-rata setiap desa yang ada di Indonesia sedang mengadakan Musdus (Musyawarah Dusun) yang mana nanti hasil dari musdus akan di bawa ke desa dan menjadi RPJMDES. Musdus ini biasanya melibatkan para tokoh tokoh tiap RT yang ada di dusun tersebut. Untuk dusun saya kemaren dalam 1 Dusun ada 5 RT. Tiap RT di ambil oleh pak RT sebanyak 10 orang untuk ikut MUSDUS. Total ada 50 orang dalam satu dusun.

Dalam musdus tadi malam hadir 50 warga perwakilan tiap RT dan juga hadir semua BPD dan juga para Kaur Desa dan juga bapak kepala desa.

Musdus ini tujuan nya adalah menjaring ide ide cemerlang dari setiap warga untuk di ajukan ke Desa. Ini pada intinya. Sehingga yang perlu kita pahami adalah Program Desa apa Yang Bagus yang bisa kita usulkan pada musdus ini? Karena jika usulan kita tidak bagus maka pada RPJMDES pasti tidak terpilih.

Ingat tidak semua yang di usulkan oleh warga bisa disepakati desa karena keterbatasan anggaran. Jadi tentu hanya Program Desa Yang Bagus saja yang bisa disetujui oleh desa ini.

Sebelumnya apa kepanjangan dari RPJMDES ini? Jadi RPJMDES adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Jadi RPJMDES ini disusun setelah MUSDES, yang mana MUSDES ini tentu berawal dari MUSDUS. Paham?

Di postingan ini saya tidak akan membahas alur RPJMDES namun saya lebih ke memberikan solusi bagi anda yang akan melakukan musdus atau musdes tentang contoh Program-Program Desa Yang Bagus yang bisa anda terapkan.

Program dusun apa saja yang bagus yang nantinya bisa di ajukan menjadi program desa? mari kita bahas di bawah ini



 Contoh Program Desa Yang Bagus

Sebenarnya ada banyak sekali contoh program pembangunan desa yang ada namun tidak semua program pembangunan desa tersebut terkadang cocok dengan desa tempat anda tinggal. Karena masing masing desa pasti memiliki situasi yang berbeda beda sesuai daerah masing masing.

Berikut saya berikan contoh Program Desa Yang Bagus yang saya ajukan dalam contoh program musyawarah dusun (musdus) tadi malam. Ingat program desa yang paling bagus adalah Program Desa Yang bermanfaat untuk umum ya, bukan bersifat pribadi.

7 Contoh pengajuan program Musdus Dusun Rejo, Desa Rawa Jaya

1. Pengadaan tiang lampu depan rumah / Lampu Jalan.

Menurut saya pengadaan tiang lampu depan rumah ini sangat penting sekali kita ajukan dalam rapat Program durun maupu program desa. Karena jika depan rumah/pinggir jalan tidak pakai lampu, tentu akan sangat gelap sekali dan dari gelap ini lah terkadang kejahatan akan muncul. Selain sebagai antisipasi kejahatan, dengan adanya lampu jalan maka lorong dusun akan tampak terang dan indah. Jalan jalan santai malam atau silaturrohmi malam hari pun dengan enak bisa kita laksanakan.

Mengapa orang-orang banyak malas memasang lampu di depan rumah? Yup karena tidak ada tiangnya. Memasang tiang ini yang membuat orang malas. Jika sudah ada tiang nya dan terprogram saya yakin semua warga pasti mau pasang lampu jalan.

Pengadaan tiap lampu jalan ini saya masuk kan ke dalam list no 1 contoh Program Desa Yang Terbaik.

Untuk ukuran lampu jalan tidak perlu pakai watt besar, cukup 5 atau 10 watt yang jenis LED sudah sangat terang sekali, asal semua warga memasangnya.

2. Pembuatan Drainase dan gorong-gorong

Contoh contoh Program Desa Yang Bagus selanjutnya adalah Pembuatan Drainase dan gorong gorong. Ingat saat hujan tiba, jalan banyak yang rusak karena tanah terbawa arus air. Drainase/parit ini sangat penting sekali manfaatnya.

Sebagai warga maka kita harus cek, dalam dusun kita titik mana saja yang perlu drainase ini. Pada titik mana juga yang perlu kita kasih gorong gorong kecil, gorong gorong besar bahkan jembatan. Sebagai warga harus jeli soal hal ini.

Karena dana nya cukup besar untuk Drainase dan gorong-gorong ini maka pilih lah titik yang mana memang sangat membutuhkan Drainase dan gorong-gorong ini. Ibaratnya pada titik titik vital lah.

3. Pelatihan Jahit, batik dan bordir

Untuk kaum ibu ibu dan remaja putri tentu program desa seperti Pelatihan Jahit, batik dan bordir ini sangat diminati. Terserah mau apa yang nantinya diterima oleh desa yang jelas Pelatihan Jahit, batik dan bordir ini perlu kita masuk kan ke dalam list usulan Program Desa.

Dengan adanya pelatihan ini tentu nanti kedepan tercipta peluang usaha usaha baru di bidang konveksi dan ini akan menambah kesejahteraan desa tersebut. Program ini juga termasuk kedalam salah satu program pemberdayaan masyarakat.

4. Pengadaan mesin chopper pakan ternak

Untuk bidan peternakan, tentu Pengadaan mesin chopper pakan ternak ini sangat diperlukan. Karena harganya lumayan mahal maka perlu di buat kelompok tiap dusun nya. Tidak mesti rata namun minimal sudah kita ajukan pada musdes atau musrenbang desa. Pengadaan mesin chopper pakan ternak ini merupakan salah satu usulan dalam musrenbang desa sebelah yang saya tiru ulang.

Jika perlu mungkin dalam Program Desa Yang Bagus kita juga bisa mengusulkan pengadaan bibit kambing, atau bibit sapi, dan juga bibit ayam kampung. Sehingga dari sana akan muncul jiwa jiwa peternak yang baru. 

Desa sebelah juga memiliki usaha bumdes ayam petelur. Analisis Biaya Ternak Ayam Petelur yang telatif terjangkau membuat desa menjembatani membuat usaha ini lewat BUMDES.

Stock telur dalam satu desa pasti tinggi. Ini adalah peluang anda untuk membuat Program Desa Yang Bagus yang bisa disetujui. Intinya komunikasi lah yang baik baik dengan semua perangkat desa dan tokoh tokoh.

5. Pengadaan bibit Tanaman

Untuk menunjang di bidang perkebunan maka tidak ada salah nya pada contoh usulan program desa kita ajukan Pengadaan bibit Tanaman. Bibit apa yang cocok ini perlu kita diskusikan dengan warga sesuai tanah di desa kita.

contoh usulan program desa di bidang perkebunan seperti desa sebelah adalah pengadaan bibit jeruk lemon. Per rumah dapat 1 batang bibit jeruk lemon siap tanam. Ada juga desa lain nya yang mengajukan dalam program desa di bidang perkebunan dan pertanian ini adalah bibit buah matoa dan bibit buah Alpukat mentega.

Perlu kita pahami jika pengadaan bibit buah buahan ini bisa serentak ini bisa menjadi contoh program unggulan desa juga. 

Misalnya desa anda mengusulkan program pengadaan bibit alpukat mentega misalnya. Jika di setujui maka tiap rumah akan punya minimal 1 batang pohon alpukat mentega. Bayangkan jika jumlah rumah dalam desamu adalah 4000 rumah. Tentu akan ada 4000 pohon kan? Ini bisa jadi program unggulan desa. 

Bisa jadi ciri " Kampung alpukat" misal nya. Jadi terkenal dengan produksi alpukat nya. Bisa menjadi lahan bisnis juga kan? Bumdes juga bisa menjembatani sebagai tempat jual beli hasil buah alpukat nya sehingga ada hubungan timbal balik nya.

Desa sebelah saya ada yang sudah terkenal dengan "Kampung anggur" karena tiap rumah pasti memiliki tanaman anggur. Rahasia Sukses Menanam Anggur dan pengadaan bibit anggur pun menjadi salah satu program unggulan desa tersebut.

Nah untuk desa mu silahkan diskusikan mau apa produk unggulan desanya? Paham kan?

6. Pelatihan pembuatan pupuk organik

Nah di bidang pemberdayaan masyarakat pengajuan program desa dengan Pelatihan pembuatan pupuk organik ini penting sekali. Banyak pupuk kompos di sekitar kita. Banyak juga kotoran hewan ternak kita. Maka sangat perlu sekali dalam pemberdayaan masyarakat ini untuk Pelatihan pembuatan pupuk organik yang berkualitas tinggi.

Dari pelatihan pembuatan pupuk ini juga nanti nya bisa menjadi produk unggulan desa juga. Intinya jika kita jeli, akan sangat banyak peluang peluang yang bisa kita terapkan di desa kita. Tinggal anda musyawarah antar warga atau dalam musdus saja.

7. Pengadaan sertifikat Masal

Program desa yang no 7 ini merupakan salah satu program desa unggulan yang dinantikan oleh banyak orang. Jika kita survey dan bertanya pada masyarakat pasti banyak dari warga desa kita yang belum memiliki sertifikat. 

Ada yang memang masih kosong alias belum disertifikatkan, ada juga yang dipecah tapi belum dikerjakan. 

Misalnya seorang ayah memiliki 2 orang anak yang membuat rumah di lokasi yang sama. Nah terkadang jika kita tanya tentu mereka ingin memiliki serifikat sendiri alias ingin lokasi tersebut memiliki sertifikat masing masing misalnya di pecah jadi 3.

Jadi konsepnya pengadaan sertifikat masal ini bisa pembuatan sertifikat tanah kosong, bisa juga memecah sertifikat yang ada. ingat Cara Mensertifikatkan Tanah Kosong tidak semua orang paham ya. Dengan adanya program ini masyarakat pasti sangat terbantu.

Maka daripada itu Jika ini menjadi salah satu program desa dan dilakukan secara kolektif oleh desa maka peminatnya pasti sangat banyak sekali.

Demikian contoh Program Desa Yang Bagus yang bisa kami share di web www.pintudunia.com ini, semoga bisa membantu anda yang lagi mencari referensi Program Desa apa Yang Bagus yang bisa diterapkan di desa mu.