Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Manajemen Strategi Wirausaha

Untuk contoh makalah Manajemen Strategi Wirausaha ini, penulis mengambil contoh Studi Kasus Pada Usaha Pembuatan Jamur Tiram Maju Jaya Kota Padang. Semoga makalah manajemen wirausaha di bawah ini bermanfaat bagi anda.

Perlu diketahui bahwa contoh studi kasus manajemen Strategi Wirausaha ini penulis lakukan secara penelitian/pengamatan langsung di Kota padang panjang, kabupaten sumatera barat. Secara lengkap contoh makalah studi kasus kewirausahaan dapat anda baca di bawah ini.

BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Saat ini perekonomian sudah berkembang begitu pesatnya. Banyak perusahaan-perusahaan baru yang tumbuh setiap harinya. Perusahaan apapun itu baik yang bergerak dibidang produk maupun perusahaan bidang jasa, pasti mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang. 

Kondisi  pertumbuhan bisnis saat ini cukup tinggi sekali. Hal ini bisa kita lihat dari tumbuhnya perusahaan perusahaan  dengan produk yang sejenis sebagai pesaing, sehingga akan terjadi persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar dan konsumen. Munculnya kompetitor ini akan membuat setiap perusahaan itu selalu update manajemen dan strategi pemasaran yang paling pas dan paling baik. Dalam hal ini perusahaan hendaknya mengetahui kondisi pasar di mana produk atau jasa yang diproduksi itu akan ditawarkan atau dipasarkan.

Berbicara tentang manajemen, maka tidak pernah bisa terlepas dari kewirausahaan, begitupun dengan strategi pemasaran. Yang di mana manajemen ini kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian. 

Di dalam mengelola sebuah bisnis, maka manajemen sangat diperlukan karena sangat berpengaruh dalam bidang kewirausahaan yang dimana manajemen sebagai penentu berhasil atau tidaknya wirausaha itu sendiri. Manajemen yang baik menjadi salah satu faktor keberhasilan wirausaha untuk masa mendatang.

Manajemen strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha, oleh karena itu bidang pemasaran berperan besar dalam merealisasikan rencana usaha yang telah dibuat. Hal ini dapat dilakukan, jika perusahaan ingin mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka produksi. Dengan melakukan penerapan strategi pemasaran yang akurat melalui pemanfaatan peluang dalam meningkatkan penjualan, sehingga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan bahkan di buat menjadi no pertama di bidang yang sejenis.

Hal di atas juga berlaku dengan usaha jamur tiram, yang mana juga memerlukan strategi pemasaran ini. Kita tau bahwa usaha jamur tiram merupakan salah satu usaha agribisnis yang memiliki peluang bisnis cukup besar karena dalam 10 tahun terakhir nilai ekonomis jamur tiram terus meningkat. Salah satu faktor meningkatnya budidaya jamur tiram ini karena Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram ini sehingga membuat banyak orang mulai terjun dan menggeluti bisnis ini.

Jamur tiram putih


Keberadaan bisnis jamur tiram sebagai salah satu jenis bahan pangan sudah cukup lama dikenal di kalangan masyarakat kita. Baik kalangan ekonomi menengah atas maupun bawah. Jamur tiram juga dapat dikategorikan sebagai salah satu komoditas pertanian organik, karena proses budidaya tanaman jamur tidak menggunakan pupuk sintesis ataupun bahan kimia lainnya. Semua pupuknya biasanya serba herbal atau organik.

Maka karena keunggulan inilah yang menjadikan jamur tiram sebagai salah satu komoditas yang semakin populer di masyarakat kita. 

Melihat jamur tiram sebagai salah satu komoditas yang memiliki keunggulan-keunggulan tersebut, sebagian masyarakat pun menyadari peluang bisnis yang muncul dalam usaha budidaya jamur tiram. 

Salah satu kabupaten yang membudidayakan jamur tiram yaitu kabupaten Sumatera Barat,yaitu di daerah Padang Panjang. Padang Panjang merupakan salah satu daerah di Padang yang terkenal sebagai tempat pertanian dan perkebunan yang sangat maju. Padang panjang telah banyak memberikan sumbangsih bagi masyarakatnya, sehingga tidak mengherankan jika industri rumah tangga banyak bermunculan ditempat ini yang salah satunya adalah industri rumah tangga jamur tiram.

Untuk membuat Makalah Manajemen Strategi Wirausaha ini kami mengambil contoh salah satu usaha jamur tiram yang ada di padang panjang yang bernama Usaha jamur tiram Maju Jaya, milik pak Hadi wijaya.

Usaha jamur tiram yang diproduksi oleh Maju jaya merupakan salah satu industri rumah tangga yang cukup banyak pelanggannya. Namun seiring berkembangnya industri kecil tersebut, budidaya jamur tiram menghadapi berbagai masalah atau kesulitan dalam mengembangkan usahanya, sehingga hal ini akan mengganggu pendapatan usaha tersebut.

Maka dari itu dengan adanya peningkatan strategi pemasaran yang baik diharapkan mampu mendorong tingkat penjualan pada jamur tiram Maju jaya. Dengan adanya peningkatan strategi pemasaran, maka secara langsung berdampak pada tingkat penjualan.

Berdasarkan pemaparan di atas penyusun tertarik untuk membahas lebih dalam terkait manajemen strategi kewirausahaan pada usaha pembuatan jamur tiram Maju jaya  Kecamatan Koto Gede Kota Padang Panjang.

B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah pada Makalah Manajemen Strategi Wirausaha ini adalah:

1. Bagaimana manajemen strategi pemasaran yang diterapkan oleh pengusaha Jamur Tiram dalam meningkatkan penjualan produknya ?

C. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan dari Makalah Manajemen Strategi Wirausaha ini adalah:

1. Untuk mengetahui manajemen strategi pemasaran apa yang diterapkan oleh pengusaha Jamur Tiram dalam meningkatkan penjualan produknya

BAB II

PEMBAHASAN

 

A. Manajemen  Strategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram Dalam Meningkatkan Penjualan

Dalam berwirausaha tentunya tidak terlepas dari manajemen yang dimana manajemen ini yaitu proses atau tindakan untuk mengambil keputusan guna untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. Manajemen strategi akan membantu perusahaan menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menentukan perkembangan perusahaan dimasa depan. 

Adapun manfaat yang didapatkan dalam manajemen strategi ini untuk membantu perusahaan dalam membuat strategi yang lebih baik dengan pendekatan yang lebih logis, rasional dan sistematis untuk setiap opsi yang ditemukan dilapangan.

Pada umumnya kendala disetiap industri atau pasar adalah pesaing atau kompetitor terdekat mereka sehingga mau tidak mau harus membuat kreatifitas atau terobosan baru yang menjadi daya dobrak yang lebih menjanjikan bagi pedagang sehingga mampu menarik simpati para pembeli. Dalam hal ini ada beberapa kendala yang sangat mendasar yang dihadapi oleh pemilik Usaha Jamur Tiram Maju jaya dalam memasarkan produknya adalah sebagai berikut:

1. Faktor produksi jamur tiram yang masih bergantung pada keadaan cuaca

Musim kemarau merupakan salah satu faktor eksternal yang sangat mempengaruhi pertumbuhan jamur tiram, karena suhu udara yang tinggi akan bisa menghambat pertumbuhan jamur dan akan berimplikasi langsung terhadap tingkat produksi yang dihasilkan. 

Pertumbuhan jamur tiram memerlukan suhu yang lembab dan dingin dengan tingkat kelembaban udara yang tinggi. Jadi solusi yang dibutuhkan yaitu menciptakan ruangan dengan suhu yang lembab dan menyediakan air yang cukup untuk mengembangkan produksi jamur tersebut.

2. Tingkatan produksi yang rendah

Selain suhu dan cuaca pada usaha jamur tiram, cara penyiraman yang dilakukan juga berpengaruh terhadap hasil panen. Terlalu banyak air yang hinggap di jamur, mengakibatkan jamur menjadi lembek berair, jadi kualitasnya kurang dan harga jamur menjadi rendah. Sehingga hal tersebut sangat mempengaruhi pada tingkat penjualan usaha jamur tiram Maju jaya dan menyebabkan pendapatan yang cendrung tidak stabil.

Maka dari itu Usaha jamur tiram maju jaya melakukan revisi dari cara memproduksinya agar tidak terjadi kesalahan atau hambatan yang terjadi sebelumnya seperti kelebihan air sehingga menyebabkan tingkat produksi rendah.

Usaha jamur tiram maju jaya harus melakukan analisis bagaimana cara melakukan produksi dengan baik dan benar. Cara melakukan produksi yang baik yaitu dengan cara mengurangi kadar air yang berlebihan dan memberi ruang udara lebih besar agar produksinya berhasil.

3. Daya simpan jamur tiram setelah panen tidak tahan lama

Sudah bukan rahasia umum lagi jika daya simpan jamur tiram tidak tahan lama sehingga harus segera dipasarkan, jika tidak segera dipasarkan maka jamur akan lembek sehingga harga menjadi turun dan perusahaan akan mengalami kerugian.

Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan Pemasaran jamur tiram yang membutuhkan suatu konsep strategi yang utuh dan komfrehensif agar mampu membuka saluran-saluran pemasaran yang efektif dan maksimal, melalui strategi pemasaran yang tepat dapat menciptakan jalur pemasaran produk yang cepat kepada konsumen mengingat jamur tiram merupakan produk yang apabila disimpan terlalu lama akan menimbulkan kerusakan.

Pemasaran usaha tentunya tidak terlepas dari berbagai kendala yang sudah diuraikan, oleh sebab itu perlu adanya strategi sebagai alat untuk memecahkan ataupun menghindari berbagai kendala yang tidak terduga. 

Adapun strategi pemasaran menurut Kotler dan Keller terdiri atas 7P yaitu: 

  1. Product yaitu sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. 
  2. Price yaitu jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk mendapatkan produk. 
  3. Place (tempat/saluran distribusi) yaitu gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi (berhubungan dengan lokasi yang strategis dan bagaimana penyampaian jasa kepada pelanggan).
  4. Promotion yaitu salah satu variabel dalam pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. 
  5. People yaitu semua orang yang terlibat aktif dalam pelayanan dan mempengaruhi presepsi pembeli, nama, pribadi pelanggan dan pelanggan-pelanggan lain yang ada dalam lingkungan pelayanan. 
  6. Physical evidance (bukti fisik) yaitu terdiri dari adanya logo atau symbol perusahaan, moto, fasilitas yang dimiliki, seragam karyawan, laporan, kartu nama dan jaminan perusahaan.
  7.  Process yaitu keterlibatan pelanggan dalam pelayanan jasa, proses aktivitas, standar pelayanan, kesederhanaan atau komplesitas prosedur kerja yang ada di bank atau perusahaan yang bersangkutan.

Dari semua pedagang jamur tiram yang ada rata-rata strategi pemasaran yang digunakan tidak jauh beda dari strategi pada umumnya. Sehingga bisa dikelompokkan menjadi beberapa manajemen strategi pemasaran produksi jamur tiram yang diterapkan oleh Maju jaya, yaitu :

a. Melalui penjualan langsung

Strategi pemasaran yang digunakan dalam meningkatkan penjualan adalah dengan penjualan langsung dari mulut ke mulut. Sistem penjualan langsung masih menjadi salah satu upaya promosi yang mudah dilakukan  digunakan untuk menciptakan respons konsumen secara langsung dan digunakan untuk mempengaruhi tingkah laku konsumen untuk dengan segera membeli produk tersebut.

b. Melakukan promosi dengan pengenalan produk kepada pelanggan

Salah satu strategi yang diterapkan oleh Usaha Jamur Tiram ini adalah menjaga kualitas produk. Setiap usaha pasti memiliki kualitas tersendiri dalam melangsungkan kegiatan usahanya agar proses pengerjaan bisa dilakukan dengan baik begitu juga dengan Usaha Jamur Tiram Maju jaya

Produk yang digunakan usaha jamur tiram Maju jaya sangat terjaga kualitasnya. Karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan pilihan guna untuk menghasilkan produk yang bagus. Islam memandang penting terhadap produk karena produk adalah sesuatu yang ditawarkan kepada pembeli sehingga memerlukan produk yang berkualitas, produk berkualitas dalam islam adalah produk yang halal dan baik. 

Kebijakan produk meliputi perencanaan dan pengembangan produk. Kegiatan ini penting terutama dalam lingkungan yang berubah ubah oleh karenanya perusahaan dituntut untuk menghasilkan dan menawarkan produk yang bernilai dan sesuai dengan selera konsumen. 

c. Promosi online

Promosi ini diterapkan penjual karena mudah dan praktis dan tidak mengeluarkan banyak biaya, cukup menggunakan media sosial seperti, Instagram, Facebook, Whatshap dan lain sebagainya dan cukup bermodalkan membeli paket data saja, cara ini dianggap sangat praktis dan mudah oleh pedagang karena tinggal mengunggah hasil karyanya ke akun media sosialnya saja. Serta memberikan cara pelayanan via media juga penting untuk menarik pelanggan ke lokasi pasar tersebut.

Dari ketiga cara pemasaran tersebut mempunyai tingkat keberhasilan yang relatif baik, karena bisa meningkatkan jumlah peminat atau pelanggan Usaha Jamur Tiram Maju jaya menjadi meningkat.

Studi Kasus Usaha Pembuatan Jamur Tiram Maju jaya

Usaha jamur tiram yang diproduksi oleh Maju jaya merupakan salah satu industri rumah tangga yang cukup banyak pelanggannya. Usaha industri ini didirikan pada tahun 2012  beralamat di Padang Panjang. 

Usaha jamur tiram Maju Jaya ini memiliki letak geografis yang strategis dan sangat mudah di jangkau oleh konsumen atau masyarakat yang ingin membeli produk jamur tiram. Apalagi jamur tiram ini sangat diminati semua kalangan masyarakat dan usaha jamur tiram ini berada di tengah-tengah  pemukiman warga masyarakat padang panjang tepatnya di balai Desa.

Dalam mengelola usaha tentunya tidak terlepas dari tantangan atau kendala. Kendala-kendala yang dihadapi oleh usaha jamur tiram Maju jaya yakni, tingkatan produk rendah, proses pembuatan jamur tiram yang bergantung pada keadaan cuaca sehingga dapat memperlambat proses pembuatan jamur tiram, Selain itu, daya simpan jamur tiram setelah panen tidak tahan lama sehingga harus segera dipasarkan.

Tentunya yang dibutuhkan yaitu strategi pemasaran yang digunakan untuk menaikkan penghasilan. Manajemen pemasaran juga sangat dibutuhkan pada saat usaha jamur tiram mengalami beberapa tantangan dan hambatan dalam melakukan pemasaran produk maupun pengelolaannya.

 

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dalam berwirausaha tentunya tidak telepas dari manajemen yang dimana manajemen ini yaitu proses atau tindakan untuk mengambil keputusan guna mencapai tujuan jangka panjang perusahaan.

Manajemen strategi akan membantu perusahaan menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menentukan perkembangan perusahaan di masa depan.

Adapun manfaat yang didapatkan dalam manajemen strategi ini untuk membantu perusahaan dalam membuat strategi yang lebih baik dengan pendekatan yang lebih logis, rasional dan sistematis untuk setiap opsi yang ditemukan.

Pemasaran usaha tentunya tidak terlepas dari berbagai kendala, oleh sebab itu perlu adanya strategi sebagai alat untuk memecahkan ataupun menghindari berbagai kendala yang tidak terduga. 

Tentunya yang dibutuhkan yaitu strategi pemasaran yang digunakan untuk menaikkan penghasilan. Manajemen pemasaran juga sangat dibutuhkan pada saat usaha jamur tiram mengalami beberapa tantangan dan hambatan dalam melakukan pemasaran produk maupun pengelolaannya. 

B. Saran

Diharapkan semua yang budidaya jamur tiram memahami bagaimana pola penyiraman jamur tiram yang baik dan benar. Juga memahami cara penyimpanan jamur tiram agar bisa bertahan agak lama.

Setiap pembudidaya jamur tiram harus memiliki pangsa pasar yang tetap agar tidak kebingungan dalam hal pemasaran.

DAFTAR PUSTAKA

Arif Rahman.(2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix For Small Business, (Jakarta Selatan:Trans Media Pustak). 

Husein Umar.(2005). Studi Kelayakan Bisnis, (Jakarta: PT, Gramedia Pustaka Utama). 

Philip Khotler Dan Gray Amstrong.(2004).Dasar-Dasar Pemasaran, Penerjemah Alexander Sindoro, (Jakarta: PT Indeks), Edisi Ke-9 Jilid 1.

Tati Handayani dan Muhammad Anwar Fatoni.(2019) Manajemen Pemasaran Islam, (Yogyakarta: CV Budi Utama).

Untuk kata pengantar pada Makalah Manajemen Strategi Wirausaha ini saya letak kan di bawah karena terkadang beberapa orang sudah memiliki contoh kata pengantar Makalah Manajemen Strategi Wirausaha sendiri. Jika anda belum punya contoh kata pengantar wirausaha bisa anda lihat di bawah ini

 

KATA PENGANTAR

Alahmdulillah, segala Puji hanya milik Allah SWT atas segala nikmatnya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini dengan judul “Manajemen Strategi Wirausaha” dalam rangka untuk memenuhi tugas makalah mata kuliah Kewirausahaan, dengan baik dan tepat waktu.

Sholawat juga salam semoga senantiasa tercurah kepada baginda Nabi agung Muhammad Saw, yang selalu kita nantikan syafaat nya di hari akhir.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota kelompok, pihak yang telah mendukung penulisan makalah ini sehingga selesai tepat pada waktunya. Semoga dibalas oleh Allah SWT dengan ganjaran yang berlimpah. 

Meski penulis telah menyusun makalah ini dengan maksimal, tidak menutup kemungkinan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca sekalian agar kedepan lebih baik lagi

                              Padang, 9 September 202

                                     Penyusun