Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enak Youtuber Apa Blogger

Saat ini banyak sekali diantara kita yang menjadi pengangguran sukses lantaran bisnis online. Beberapa diantara bisnis online yang terbukti menghasilkan adalah youtuber dan blogger. Walaupun memang masih banyak sekali bisnis online lain nya yang menghasilkan di luar sana. Setiap orang pasti memiliki passion masing masing tentang bisnis online yang digemarinya.

Dari cerita di atas, mungkin sebagian orang masih bingung memutuskan untuk bisnis online jadi blogger apa youtuber yang paling enak? Enak Youtuber Apa Blogger ini masih banyak dibingungkan oleh para pemula yang akan terjun ke dalam dua bisnis ini.

Maka dari itu pada postingan ini saya akan memberikan penilaian saya apakah enak menjadi seorang blogger apa youtuber, karena kebetulan saya adalah seorang blogger dan juga seorang youtuber. Jadi kedua pekerjaan ini sama sama saya lakukan dan sama sama menghasilkan.


 

Jadi jika saya ditanya pilih jadi youtuber apa blogger? Maka jawaban nya tergantung passion kita masing masing, yang mana jika saya tentu saya pribadi memilih menjadi blogger. Ingat pilihan ini sifat nya pribadi ya, setiap orang pasti punya pemikiran yang berbeda, nanti saya jelaskan mengapa saya lebih suka jadi blogger daripada youtuber. Padahal dua dua nya juga saya kerjakan lo...hehehehe

Mungkin ada yang bertanya " Kok saya pilih jadi blogger dari pada youtuber, tapi kok dikerjakan dua dua nya?"

Yup jika saya di suruh memilih antara youtuber vs blogger maka saya pilih menjadi blogger, walaupun youtuber juga saya kerjakan. Artinya begini....tidak semua orang bisa mengerjakan dua dua nya lo ya? Paham? Maka jika anda di suruh memilih untuk menjadi youtuber apa blogger maka saran saya pilih lah blogger. Biar anda tidak bingung saya jelaskan di bawah ini

Apa yang membuat saya memilih lebih baik menjadi blogger daripada youtuber? Tentu ada beberapa alasan yang mendasarinya. Pilihan ini tidak bisa saya asal saya buat, namun melalui beberapa pemikiran baik positif maupun negatif karena keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Baiklah ada 5 alasan mengapa lebih enak jadi blogger daripada youtuber menurut saya. 5 alasan ini lah yang membuat saya lebih mendalami dunia blogger sampai saat ini. 

 

Tanpa basa basi, di bawah ini adalah 5 alasan pilih blogger dari pada youtuber.

 

1. Modal yang dibutuhkan

Alasan pertama kali mengapa saya lebih memilih jadi blogger daripada youtuber adalah karena modal yang dibutuhkan.

Anda pasti paham jika untuk menjadi seorang youtuber profesional kita butuh modal sangat banyak sekali. Misalnya modal kamera yang bagus dan menunjang kinerja kita. Tidak semua kamera HP bisa membuat konten youtube yang cantik. 

Anda tetap saja butuh kamera untuk membuat konten yang lumayan mahal. Hal ini berbeda dengan blogger yang cuman menulis saja, alias gratis kan?

Kemudian untuk membuat sebuah konten youtube terkadang juga butuh dana, misalnya konten tentang kuliner atau konten anak anak. Anda pasti butuh beli mainan atau makan di tempat makan mewah dan lain nya untuk membuat konten tersebut. 

Meskipun ketika baru pertama terjun di youtube anda pasti memilih Contoh Konten YouTube Untuk Pemula Terbaru, namun tetap saja soal biaya ini  youtube pasti lebih mahal daripada blogger yang cuman menulis gratis.


2. Waktu yang di habiskan

Alasan selanjutnya mengapa pada pilihan Enak Youtuber Apa Blogger saya pilih blogger karena soal waktu ya. Waktu ini penting sekali anda pikirkan sebelum anda menentukan mau pilih YT apa blogger.

Kita sama sama tau jika proses pembuatan video untuk konten youtube itu cukup lama. Sejak mulai dari pengambilan video, proses editing, proses animasi, dan lain sebagainya.

Harap anda pahami juga jika proses pembuatan video ini terkadang butuh waktu khusus dan tidak bisa di tinggalkan. Misalnya kita sedang membuat konten youtube tentang proses pembuatan Jamu Herbal Untuk Ikan. Nah kita pasti meluangkan waktu dari awal proses pembuatan jamu herbal itu sampai akhir dan kita video. Bahkan jika ada kesalahan bisa saja proses nya itu kita ulang lagi sampai dapat video yang bagus dan maksimal.

Paham sampai di sini?

Sedangkan pada blogger hal ini sangat mudah sekali dan bisa kita sambi lah. Saya membuat artikel Jamu Herbal Untuk Ikan ini butuh waktu 1 bulan lo. Jadi ketika dapat ide mulai saya tulis. Ketika tulisan itu belum selesai saya simpan dulu di draft. Nanti jika ada ide tulis lagi. 

Sehingga waktu untuk membuat artikel di blogger ini benar benar santai sekali. Paham kan beda nya dengan membuat konten Youtube?

Belum lagi jika saat lagi proses shotting tiba tiba ada gangguan, maka bisa bisa video itu gagal bahkan kita ulang lagi. Banyak lo dalam 1 video perlu pengulangan banyak sekali. Hal ini tidak terjadi pada blogger, karena blogger kan hanya menulis dan menulis. 

Contoh tulisan yang anda baca ini. Tulisan ini saya buat hampir 2 minggu. Ada ide saya tulis, nanti sambung lagi. Ide lagi tulis lagi. Begitu santai. 

Maka karena alasan ini pula lah antara blogger VS youtuber saya memilih blogger saja.


3. Proses riset keyword

Hal paling penting mengapa saya suka jadi blogger daripada youtuber karena proses riset keyword ini. Hal ini sangat penting sekali anda pahami.

Baik agar anda paham sedkit saya jelaskan...

Dalam dunia youtuber misalnya anda menulis artikel tentang perbedaan youtuber dan blogger. Maka keyword yang bisa anda masuk kan dalam video atau tag hanya seputar blogger dan youtuber.

Artinya dalam YT ini proses membuat keyword nya minim sekali karena bentuk nya adalah video. Paling mentok kita hanya bisa memasuk kan dalam tag atau deskripsi saja.

Berbeda dengan dunia blogger. Contoh tulisan saya ini yang saya kasih judul Enak Youtuber Apa Blogger ini. Anda bisa melihat banyak sekali keyword yang saya masuk kan, bahkan link link dari artikel saya yang lain yang bahkan tidak berhubungan dengan blogger atau YT sekalipun.

Dalam tulisan atau blogger kita bebas mengacu pada keyword manapun asal sesuai dengan apa yang kita tulis, alias tidak keluar dari kriteria.

Asal tulisan nyaman di baca dan pengunjung juga nyaman maka semua keyword bisa kita masuk kan. Anda juga bisa berada pada tulisan saya ini tentu karena keyword yang saya buat bukan?

Meskipun kita tau bahwa saat ini banyak sekali cara cara membuat Konten YouTube Yang Paling Banyak Diminati, namun tetap saja cara riset keyword nya susah. Beda dengan blogger yang tinggal ketik.

Paham sampai di sini?

 

4. Rencana masa depan

Hal yang perlu anda pikirkan juga dalam memilih blogger VS Youtuber adalah rencana pengembangan dimasa depan.

Begini jika saya mikirnya sobat pintudunia.com.....

Saat ini youtube adalah kebutuhan pokok. Hampir 90% orang lebih mencari di youtube daripada blogger atau web kan?

Nah karena YT adalah kebutuhan pokok maka akan banyak sekali orang orang yang mulai menggunakan YT tanpa iklan. Saya sendiri menggunakan YT ads block karena memang bagi saya butuh banget ini YT, apalagi anak anak saya. Mereka suka ngomel jika masih ada iklan nya. 

Padahal kita tau dari iklan itulah kita di bayar. Hal ini akan semakin maju beberapa tahun kedepan. Maka saya pastikan makin banyak orang yang menggunakan block iklan youtube ini.

Paham sampai sini? 

Sedangkan dunia blogger, karena jarang orang yang mencari lewat web maka pasti tidak ada orang yang berniat block iklan web pada HP nya? Paham?

Jadi meskipun hanya sedikit pengguna blogger namun peluang nya besar, karena iklan tampil 100% pada tulisan kita.


5. Persaingan atau kompetitor

Alasan berikutnya yang mendasari saya pilih jadi blogger daripada youtuber adalah karena persaingan ini. Kompetitor ini sangat penting anda pahami sebelum menentukan YT VS blogger.

Dalam dunia blogger persaingan memang ketat namun tulisan kita bisa kita update setiap saat. Berbeda dengan video yang begitu upload ya sudah. Paham kan?

Kemudian pada dunia blogger persaingan pun hanya sebatas konten yang mirip, namun keyword yang kita tanam bisa banyak sekali. Tentu hal ini sangat berbeda dengan youtube yang sangat sulit.

Walaupun jika anda jeli memang sudah ada Konten YouTube Paling Laris Sepanjang Masa, yang mana konten ini tidak sepi karena perubahan zaman. Konten sepanjang masa ini misalnya konten yang memiliki keyword permanen. Contoh nya adalah konten tentang Cara Membuat Kopi Biji Salak

Meskipun keyword tersebut permanent namun tetap saja persaingan itu selalu ada dan dalam dunia youtube sangat sulit mempertahan kan video kita di atas terus karena sekali lagi berat soal keyword di YT ini.


Kesimpulan dari Enak Youtuber Apa Blogger:

Yang paling penting yang bisa saya simpulkan mengapa saya memilih blogger bila di bandingkan dengan youtuber adalah karena waktu, modal, dan keyword. Dari ketiga hal ini anda pasti bisa memutuskan. 

Namun kita tau bahwa sekali lagi passion setiap orang berbeda. Artinya diluar sana pasti banyak orang yang untuk menulis sangat malas atau tidak memiliki bakat menulis. 

Terlepas dari apa pilihan anda yang penting adalah konsisten. Baik YT maupun blogger asal konsisten insyaallah cuan.

Demikian sharing kita tentang enak jadi youtuber apa blogger versi www.pintudunia.com, semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi anda yang masih bingung dalam menentukan mau memilih jadi blogger apa youtuber.